Cara Upgrade Android Samsung ke Versi Terbaru

Cara upgrade android Samsung menjadi penting untuk kamu ketahui guna mendapatkan pembaharuan dari Google ketika mereka merilis versi android terbaru

Cara upgrade android Samsung
Foto : Samsung

Perlu kamu ketahui, untuk melakukan upgrade ke versi terbaru pada setiap berangkat memiliki cara yang berbeda-beda. Bagi kamu yang pengguna Samsung, kamu beruntung. Sebab pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut bagaimana cara upgrade android Samsung ke versi terbaru dengan cara mudah.

Upgrade sistem secara berkala memang perlu dilakukan, efek pembaruan perangkat lunak Samsung ini bertujuan untuk memperbaiki bug, mendapatkan fitur baru, dan perubahan antarmuka. Agar kamu dapat melakukan upgrade ke versi terbaru, langkah-langkahnya sebagai berikut.

Tutorial Cara Upgrade Android Samsung

Cara update perangkat lunak Samsung pada dasarnya dapat kamu lakukan sendiri dengan mudah. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek versi android yang telah terpasang terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade. Adapun cara mengeceknya sebagai berikut.

1. Cek Versi Android Samsung

Agar kamu bisa mengetahui sistem apa yang sedang berjalan pada ponsel android Samsung kamu. Maka, kamu pun bisa mengetahuinya dengan mengecek sistem lewat menu pengaturan. Langkah demi langkahnya sebagaimana penjelasan berikut.

  • Buka menu pengaturan.
  • Klik menu “tentang ponsel”.
  • Klik “informasi perangkat lunak”.
  • Versi android Samsung antarmuka dan tingkat patch keamanan andorid pun sudah terpapar jelas.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa mengetahui versi berjalan sistem android Samsung dengan masuk menu pengaturan, klik sistem, lalu klik lanjutan, dan klik pembaruan sistem. Setelah informasi sistemnya sudah terbaca, kamu pun bisa lanjut ke tahap cara upgrade android Samsung ke versi terbaru.

2. Langkah Demi Langkah Upgrade Android Samsung

Setelah memastikan versi yang berjalan di android Samsung adalah versi yang lama, maka cara update versi android baru pun bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut. Lakukan sesuai prosedur dan berurutan agar upgrade berjalan lancar.

  • Masuk menu pengaturan.
  • Gulir ke bagian bawah dan klik “update perangkat lunak”.
  • Klik “unduh dan install” dengan klik tombol “unduh”

Update otomatis juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan wifi dengan cara menggeser tombol “unduh otomatis lewat wifi”. Sementara itu, cara lain bisa dengan masuk menu pengaturan, klik sistem lanjutan, dan klik pembaruan sistem. Tunggu sistem terunduh dan proses instalasinya sampai rampung.

Setelah unduh sistem selesai, ponsel android Samsung kamu pun akan restart otomatis ke sistem versi terbaru. Namun demikian, jika ponsel tidak otomatis melakukan restart, kamu bisa melakukan restart secara manual setelah mengupdate.

3. Cek Persentase Baterai dan Koneksi Internet

Suatu hal yang perlu kamu perhatikan sebelum update adalah sisa daya pada baterai hp. Hal ini mengingat proses unduh dan instalasi sistem versi baru memakan waktu yang cukup lama. Dengan begitu, pastikan daya ponsel android Samsung kamu cukup.

Selain memeriksa persentase baterai, kamu juga harus memastikan bagaimana stabilitas koneksi internetnya. Malah sangat disarankan untuk tidak memakai kuota data, sebaiknya kamu menggunakan koneksi wifi untuk proses cara upgrade android Samsung agar berjalan lancar.

4. Cek Ketersediaan Memori Penyimpanan Internal

Satu hal lain yang perlu kamu cek sebelum melakukan upgrade versi terbaru Samsung adalah mengecek ketersediaan memori internalnya. Hal ini karena sistem versi terbaru membutuhkan memori yang cukup besar untuk dapat terinstall di ponsel android kamu.

Akan tetapi, jika ruang penyimpanannya penuh, maka sebaiknya kamu membersihkan file cache dan juga file-file yang mungkin tidak perlu. Kamu juga bisa memindahkannya ke memori eksternal atau flashdisk, sehingga masih cukup ruang untuk melakukan unduh sistem versi terbaru.

5. Kapan Android Samsung Upgrade Versi Terbaru

Ketersediaan sistem android versi terbaru pada dasarnya bergantung pada kesiapan masing-masing pihak perusahaannya dan kesiapan perusahaan dalam menyiapkan model anyar. Pihak perusahaan sendiri memiliki jadwal upgrade versi terbaru dengan ketentuan tipe Samsung apa yang bisa upgrade.

Cara Upgrade Android Samsung dengan OTA

Cara upgrade android Samsung selain dengan cara di atas, juga bisa dengan personal computer (pc) atau lewat laptop. Meskipun cara ini lebih rumit, namun kadang dibutuhkan karena terdapat jenis android Samsung tertentu yang tidak bisa dilakukan upgrade secara otomatis.

1. Buka Website Resmi Samsung

Langkah yang dapat kamu lakukan untuk upgrade sistem terbaru dengan pc adalah membuka laman resmi Samsung. Setelah berhasil masuk, klik support atau halaman dukungan, dan juga halaman download. Pada laman ini, kemungkinan kamu akan diharuskan mengisi informasi perangkat tertentu.

2. Hubungkan Ponsel dengan PC atau Laptop

Bisa juga kamu diminta mendaftarkan android kamu terlebih dahulu sebelum mengakses upgrade sistem terbaru. Lalu, kamu bisa masuk pada halaman download untuk melakukan install software “device management” yang pada Samsung disebut sebagai “Kies”. Langkah selanjutnya sebagai berikut.

  • Hubungkan ponsel android Samsung dengan pc atau laptop menggunakan kabel USB.
  • Buka software “device management” dan cari perintah update. Tombol ini biasanya berada di bagian tab atau menu drop down di bagian atas.
  • Saat update sudah selesai, kamu tinggal mengikuti proses selanjutnya sampai selesai.

Cara Update Sistem Android Samsung dengan Flash Firmware

Selain menggunakan kedua cara di atas, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk upgrade sistem terbaru adalah lewat flash firmware. Cara ini sangat disarankan bagi ponsel Samsung yang sedang dalam kondisi root. Cara ini sebenarnya juga memerlukan PC atau laptop, cara detailnya sebagai berikut.

  • Download firmware resmi Samsung sesuai dengan tipenya. Jika proses unduh selesai, ekstrak filenya.
  • Unduh Odin dan Samsung USB Driver dan lakukan install pada driver.
  • Buka aplikasi Odin dengan klik kanan lalu run as administrator.
  • Jika Odin terbuka, klik AP dari firmware yang telah kamu ekstrak tadi.
  • Matikan ponsel android Samsung, setelah itu tekan tombol power, volume down, dan home secara bersamaan.
  • Pilih menu download untuk update sistem terbarunya.

Cara ini mungkin sedikit sulit dan tidak semua orang dapat melakukannya. Jika cara ini yang Anda butuhkan, mungkin dapat meminta bantuan langsung ke tukang service HP. Pasalnya jika salah, ini dapat berakibat fatal pada ponsel.

Penutup

Itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan upgrade ke sistem terbaru Samsung. Sangat disarankan untuk kamu melakukan cara pertama terlebih dahulu untuk memulai upgrade sistem. Namun jika ternyata tidak juga berhasil, kamu bisa lanjut pada cara upgrade yang kedua lalu ketiga.

Kamu hanya tinggal menyesuaikan bagaimana kondisi tipe ponsel android kamu untuk bisa upgrade sistem terbaru. Berbagai langkah-langkah di atas sudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apapun cara yang dipakai, yang terpenting ponsel tetap bisa upgrade sistem terbaru.

Demikian informasi cara upgrade android Samsung yang bisa kamu lakukan. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua tipe ponsel android Samsung bisa upgrade ke sistem versi terbaru. Dengan demikian, kamu pun harus memastikan upgrade sistemnya juga support pada tipe ponsel Samsung yang kamu miliki.