Cara Screenshot Layar Windows dan Mac Mudah dan Praktis

Berbagai cara screenshot layar dengan mudah di laptop atau komputer menggunakan tombol dan fitur aplikasi? Selengkapnya berikut ini.

Cara Screenshot Layar Windows dan Mac Mudah dan Praktis

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan berbagai cara screenshot layar di laptop atau komputer Anda terutama yang memiliki operasi sistem Windows dan Mac. Cara-cara ini mudah dan memakan waktu kurang dari 5 menit.

Dimulai dari game, file penting hingga foto yang ingin Anda bagikan dengan teman-teman Anda. Anda dapat dengan mudah menangkap layar serta menyimpannya ke arsip komputer Anda tanpa kerumitan.

Cara Screenshot Layar di Laptop dan PC Windows Dengan Mudah

Semua laptop Windows dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 hingga Windows 10 memiliki cara dasar yang sama untuk mengambil screenshot. Berikut cara screenshot layar di laptop Windows Anda:

1. Screenshot Laptop Menggunakan Tombol Print Screen Tombol

Salah satu cara termudah untuk mengambil screenshot di laptop dengan satu tombol adalah dengan menekan tombol PrintScreen (PRT SC). Lihat cara screenshot di PC Windows di bawah ini :

  • Langkah pertama adalah menyiapkan tampilan di mana screenshot akan diambil.
  • Kemudian tekan tombol “PrtSc” pada keyboard Anda. Tombol ini biasanya berada di bagian atas keyboard laptop Anda, paling sering di baris kanan atas.
  • Kemudian buka aplikasi bawaan Windows “Paint” dan tekan menu “Paste” atau tekan “ctrl+v”. Untuk melakukannya yaitu, klik kanan mouse atau alas mouse dan pilih Tempel.
  • Screenshot laptop atau komputer Anda akan segera muncul di Paint dan Anda dapat menyimpannya dengan memilih menu File > Save As > JPEG.
  • Selain format JPEG, Anda juga dapat memilih format gambar lain seperti PNG sesuai kebutuhan.
  • Selain menggunakan Paint, Anda juga dapat melihat screenshot menggunakan aplikasi screenshot laptop lain seperti Microsoft Word.

Satu hal yang perlu diperhatikan dari metode screenshot layar laptop ini adalah tidak semua laptop bisa melakukan screenshot di atas. Beberapa orang perlu menggabungkan kunci PrtSc dengan kunci lain.

2. Gunakan Tombol Windows + PrtSc

Cara screenshot layar ini berlaku untuk laptop Windows XP. Meski belum up to date, cara ini masih bisa dijalankan di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Cara screenshot di laptop Windows yakni :

  • Tekan logo Windows + PrintScreen (Prt Sc) secara bersamaan di keyboard komputer Anda.
  • Kemudian layar laptop atau komputer akan berkedip beberapa saat. Ini menandakan bahwa proses screenshot Anda sudah selesai.
  • Kemudian gambar screenshot secara otomatis tersimpan di folder foto laptop Anda. Tepatnya, itu adalah C: \ Users \ [nama pengguna] \ Pictures \ Screenshots.

3. Gunakan Snip & Sketch

Cara screenshot layar di laptop menggunakan Snip & Sketch sangat mudah. Cukup tekan tombol Windows + Shift + S. Setelah selesai, jendela baru akan muncul yang menunjukkan layar yang diambil.

Untuk mengambil screenshot di komputer Anda, gerakkan kursor dengan tanda “+” dan letakkan di layar laptop atau komputer tempat Anda ingin menyimpannya. Metode ini mirip dengan memotong gambar.

Bagian layar laptop yang terekam akan berubah warna menjadi warna yang lebih terang, dan setelah selesai screenshot akan muncul di pojok kanan bawah layar laptop atau komputer Anda.

Pilihlah untuk menampilkan tangkapan layar di papan klip dan mengedit gambar dengan menambahkan atau menghapus bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon floppy disk untuk menyimpan tangkapan layar dan pilih folder untuk menyimpannya.

4. Gunakan Alat Pemotong

Windows memiliki aplikasi bernama Snipping Tool. Termasuk cara screenshot layar di PC Anda yang mudah. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus terhubung melalui Cortana (Windows 10) atau klik Mulai, ketik Snipping Tool untuk membuka aplikasi.

Setelah membuka aplikasi, klik New untuk langsung memilih area screenshot yang dipilih. Anda kemudian bisa segera menyimpannya atau mengambil tangkapan layar lagi jika Anda tidak puas.

Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan di Windows Vista dan ini merupakan cara termudah untuk melakukan screenshot layar atau menganotasi dokumen di laptop atau PC Anda.

5. Gunakan Alt + PrtSc

Screenshot ini dapat dijalankan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Cara screenshot layar dengan ini hampir sama dengan sebelumnya. Tekan alt + PrtSc, buka Paint atau Microsoft Word dan rekatkan tangkapan Layar yang diambil.

Selain tombol yang beragam, cara screenshot ini juga membuat perbedaan pada hasil. Perbedaannya ditunjukkan pada tangkapan layar karena hanya jendela aktif yang diambil. Saya tidak dapat mengambil tangkapan layar bilah tugas dll.

6. Gunakan Tombol Windows + Volume Turun

Cara yang satu ini biasanya hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Mengambil tangkapan layar dengan perangkat ini sangat mudah. Cukup tekan tombol Windows dengan tombol volume bawah.

Setelah anda menangkap layar dengan metode ini, Anda dapat menemukan tangkapan layar yang diambil di folder tangkapan layar tempat gambar disimpan secara otomatis. Lalu mulai menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

7. Penggunaan Alat Pihak Ketiga

Cara screenshot layar yang terakhir pada laptop juga sangat mudah. Yaitu, cukup gunakan alat atau aplikasi screenshot yang banyak tersedia di Internet, dari yang gratis hingga yang berbayar.

Alat yang direkomendasikan termasuk Screenshot, Lightshot, Greenshot, dan ShareX. Tentu, selain keempat alat tersebut, masih banyak alat lain yang bisa Anda temukan. Jadi, Pastikan terlebih dahulu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Screenshot Layar Di Macbook atau Mac OS Dengan Mudah

Jika Anda menggunakan laptop MacBook atau komputer Apple dengan Mac OS, cara screenshot layar sedikit berbeda. Ada tiga cara untuk mengambil tangkapan layar di MacOS MacBook. Ketiga metode ini menggunakan kombinasi tombol dan sangat mudah.

1. Gunakan Shift + Command + 4

Cara screenshot MacOS dengan kombinasi tombol ini sangat mudah dan perlu dilakukan secara berurutan. Perhatikan bahwa metode ini tidak mengambil tangkapan layar layar penuh.

Setelah menekan kombinasi tombol, Anda perlu menggerakkan kursor untuk memilih area di layar yang akan disimpan. Untuk melakukan ini, tahan bilah spasi dan seret kursor untuk memilih area yang Anda inginkan.

2. Gunakan Shift + Command + 3. Kunci

Jika Anda ingin menangkap dan menyimpan layar penuh MacBook Anda, kombinasi tombol yang diperlukan adalah Shift + Command + 3. Metode ini adalah cara screenshot layar yang merekam seluruh layar.

Untuk mengedit tangkapan layar, cukup ketuk thumbnail yang muncul di sudut layar MacBook Anda. Namun, jika Anda tidak ingin mengubahnya, biarkan saja dan tangkapan layar akan disimpan.

3. Gunakan Shift + Command + 4 + Spasi

Cara screenshot di Mac yang ketiga ini sangat mirip dengan cara pertama, yakni dengan menggunakan beberapa kombinasi tombol yang sama tetapi dengan tambahan mengklik tombol spasi.

Penutup

Itulah beberapa cara screenshot layar di laptop, komputer Windows dan MacBook atau Mac OS dengan menggunakan metode yang berbeda. Cara screenshot untuk semua laptop di atas sebenarnya sudah sangat umum, namun sebagian orang masih belum mengetahuinya. Baca juga 10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error dan Tidak Berfungsi