Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe Dengan Mudah Tanpa Ribet

Xiaomi menjadi merek smartphone yang banyak digunakan, untuk memudahkan pengguna terdapat cara restart HP Xiaomi semua tipe tanpa ribet.

Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe Dengan Mudah Tanpa Ribet

Ninja Tekno – Terdapat cara restart HP Xiaomi semua tipe dengan mudah dan cepat, sehingga para pengguna tidak perlu bingung lagi ketika ingin melakukan restart. Dunia smartphone sudah tidak asing lagi dengan merek Xiaomi yang merupakan smartphone terlaris.

Xiaomi banyak mengeluarkan produk smartphone dengan banyak fitur menarik dan model yang modern. Produk smartphone ini memiliki spesifikasi hardware, tidak jarang pengguna juga perlu melakukan restart lantas bagaimana cara melakukan restart pada HP Xiaomi di pengaturan?

Mengenal Merek HP Xiaomi

Xiaomi menjadi merek smartphone yang ditunjukan untuk para pengguna di kelas menengah ke bawah dengan spesifikasinya. Banyak seri dari Xiaomi yang memiliki prosesor yang kencang dan fitur yang lengkap namun dengan harga yang masih terjangkau. 

Strategi Xiaomi ini ternyata sukses menarik banyak perhatian pengguna dengan spesifikasi yang tidak pernah mengecewakan pembeli. Xiaomi pertama kali didirikan pada tahun 2010 oleh CEO Kingsoft yang bernama Lei Jun.

Produk smartphone asal China ini ternyata sukses memasuki pasar di Indonesia, meskipun awalnya hanya perusahaan produksi ROM. Dengan menciptakan produk yang unggul pada ROM, RAM, dan prosesornya, tidak heran bila produk ini laris manis di pasaran. 

Produk pertama dari Xiaomi bernama Mi One, yang merupakan ponsel dengan spek tinggi namun tetap memiliki harga yang terjangkau. Brand ini kini semakin sukses hingga berhasil mendapatkan keuntungan hingga lebih dari 5 miliar Dollar.

Apa Itu Restart HP?

Restart atau rebooting merupakan proses untuk memulai ulang atau menyalakan kembali sebuah sistem dari HP android. Restart ternyata memang sangat berguna dalam keawetan usia baterai dan pengoptimalan kinerja baterai, terutama untuk HP Xiaomi.

Kebiasaan restart HP sangat memengaruhi fungsi kerja smartphone meskipun sebagian masyarakat masih merasa asing dengan hal ini. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara melakukan restart HP Xiaomi semua tipe terutama HP Xiaomi lupa sandi.

Fungsi Restart HP Xiaomi 

Beberapa fungsi restart di bawah ini mungkin akan membantu Anda untuk memahami pentingnya cara restart HP Xiaomi semua tipe secara rutin. 

1. Refresh sistem HP

Refresh HP akan menyebabkan HP Anda mati sementara kemudian sistem akan menghidupkannya kembali. Fungsi ini mengakibatkan seluruh file sampah atau yang tidak diperlukan lagi secara otomatis akan terhapus. 

Sehingga ketika HP hidup secara otomatis kembali akan lebih fresh dan bebannya juga tidak terlalu berlebihan. Hal ini akan berpengaruh pada fungsi kerja HP ketika Anda gunakan kembali, proses loading juga akan terasa lebih cepat. 

2. Solusi Aplikasi Eror

Terlalu banyak adanya aplikasi dalam HP seringkali menyebabkan sistem HP menjadi lebih lambat dan bahkan tidak bisa untuk instal aplikasi baru. Setiap smartphone pasti memiliki kapasitas penyimpanan RAM dan ROM. 

Semakin besar kapasitas RAM dan ROM maka akan semakin banyak pula jumlah aplikasi yang bisa terinstal di dalamnya. Ketika menemui terdapat aplikasi yang tidak dapat terinstal sama sekali maka Anda bisa mencoba untuk melakukan restart

3. Atasi Gagal Sistem

Restart HP ternyata tidak hanya bisa mengosongkan penyimpanan RAM dan ROM, namun juga bisa mengatasi gagal sistem. Gagal sistem kadang menjadi masalah terbesar pengguna gadget atau perangkat pintar. 

Dengan melakukan restart pada HP maka dapat mengembalikan keadaan menjadi normal dan sistem juga akan optimal kembali. Apabila setelah melakukan restart tidak bisa pulih, kemungkinan terjadi corrupt.

Persiapan Sebelum Restart HP Xiaomi

Terdapat beberapa hal yang Anda harus pahami sebelum melakukan restart, setelah melakukan restart HP Anda akan kehilangan data dan aplikasi. Sehingga sebelum melakukan restart, pastikan untuk melakukan back up terhadap data penting. 

HP Xiaomi memang lebih dianjurkan rutin dalam melakukan back up data dan juga aplikasi sebelum melakukan restart. Ketika ingin melakukan restart, Anda juga bisa menerapkan ke HP yang kondisi mati, pahami cara restart HP Xiaomi semua tipe keadaan mati.

Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe Dengan Cepat

Sebagian orang masih belum memahami mengenai cara restart HP Xiaomi semua tipe yang sebenarnya sangat penting. Restart memungkinkan proses untuk mematikan dan menyalakan ulang sebuah HP Xiaomi secara otomatis. 

Cache yang tersimpan di dalam RAM juga menjadi salah satu alasan menurunkan kinerja HP Xiaomi. Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk memahami cara restart HP Xiaomi semua tipe dengan mudah. 

1. Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe Menggunakan Tombol Power

Cara melakukan restart yang paling mudah adalah dengan cara restart HP Xiaomi dengan tombol power. Tombol power biasanya terletak di samping smartphone yang bisa dengan otomatis mengalirkan daya saat Anda menekannya. 

Xiaomi saat ini mengeluarkan produk HP dengan inovasi gabungan sidik jari dan tombol power. Sehingga menciptakan desain yang ramping dan tipis serta mudah untuk Anda bawa kemana pun. Berikut ini cara lengkap restart dengan tombol power:

  • Matikan ponsel Anda, namun sebelumnya pastikan bahwa tidak ada aplikasi yang berjalan di background
  • Layar depan, kemudian tekan dan tahan tombol power hingga muncul beberapa menu pilihan seperti matikan, restart, hening, dan pesawat. 
  • Kemudian Anda bisa memilih menu restart untuk HP Xiaomi
  • Lalu, proses restart  dan tunggu hingga HP Xiaomi terpulihkan. 

2. Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe Menggunakan Bola Pintas

HP Xiaomi saat ini memiliki bola pintas dengan banyak menu pilihan di dalamnya, salah satunya adalah untuk restart. Anda bisa menggunakan fitur bola pintas, Anda bisa mengaktifkan terlebih dahulu, berikut ini caranya : 

  • Klik “setelah” dengan aplikasi atau bar notifikasi pada bagian atas
  • Lalu scroll ke bawah dan klik “setelan tambahan”
  • Klik “bola pintas”
  • Guna mengaktifkan fitur restart, Anda bisa menekan “pilih pintasan” yang berada di bawah
  • Ubah pintasan “Tekan lama pada tombol daya”
  • Bola pintasan sudah aktif, kemudian Anda bisa menekannya pada laman utama dan pilih icon yang berbentuk power  atau daya
  • Muncul empat icon yaitu mode pesawat, mode hening, restart, dan matikan daya
  • Klik mulai ulang untuk restart HP Anda
  • Tunggulah proses restart hingga selesai.

3. Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara yang bisa Anda gunakan untuk restart HP Xiaomi tanpa menggunakan tombol power dengan mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi bantuan pihak ketiga yang saat ini banyak beredar di Google Play Store, beberapa aplikasi yaitu : 

  • Shutdown (no root)

Aplikasi ini memiliki cara penggunaan yang mudah dan bisa dipahami oleh siapa pun. Mekanisme kerjanya mirip dengan tombol power, Anda bisa melakukan restart HP dengan mudah tanpa merasa bingung. 

  • Restart/Reboot Power Menu

Aplikasi ini khusus berguna untuk melakukan restart pada semua tipe HP Android. Fungsi kerjanya mirip dengan tombol power yang memiliki mode pesawat, hening, restart, hingga matikan daya. 

Penutup

Cara menjaga HP Xiaomi agar selalu awet adalah dengan rutin melakukan restart HP dengan cara yang mudah. Ada banyak cara restart HP Xiaomi tanpa ribet dan bisa diikuti oleh banyak pengguna, pastikan untuk melakukan restart dengan benar.