Cara Pasang Set Top Box Sebagai Alternatif Dapat Siaran TV Digital

Cara Pasang Set Top Box Sebagai Alternatif Dapat Siaran TV Digital

Ninja Tekno – Saat ini dunia digital mulai menduduki bumi membuat pergeseran terhadap teknologi analog yang sudah mulai usang. Saat ini siaran televisi digital sudah mulai diberlakukan, namun masih banyak orang yang belum tau cara pasang set top box yang benar.

Sudah kita ketahui salah satu cara untuk menggunakan layanan TV digital yaitu dengan menambah alat yang bernama set top box. Kali ini kita akan membahas cara pasang set top box agar tak mudah rusak karena kesalahan dalam cara memasangnya.

Mengenal Set Top Box (STB)

Set top box merupakan sebuah alat untuk mendapatkan siaran digital pada TV yang belum siap digital. Alat ini merubah TV yang mulanya mendapat sinyal analog berubah menjadi sinyal digital. Tentu saja untuk mendapatkan sinyal digital jangan sampai salah beli STB.

STB yang bisa digunakan untuk mendapat sinyal digital adalah Set top box dengan jenis DVB T2, sehingga sinyal digital dapat ditangkap. Untuk jenis set top box lain tidak bisa menangkap sinyal digital seperti jenis DVB – C, DVB – S dan jenis IPTV.

Sekarang udah tau kan apa itu set top box, lalu bagaimana sih cara pasang set top box pada TV analog? Tentu kita harus tau hal ini agar set top box yang kita miliki tak mengalami korsleting yang akan membuatnya menjadi rusak.

Membedakan TV Siap Digital Dan TV Belum Siap Digital

Untuk membedakan TV yang sudah siap digital dan yang belum siap digital bisa dengan cara mengetahui ciri – cirinya. Salah satu cirinya yaitu tidak berbentuk TV tabung, sebab TV tabung pasti masih menggunakan sistem TV analog.

TV tipis juga belum tentu memiliki fitur digital TV, sebaiknya Anda lihat dulu dalam penataran spesifikasi TV apakah televisi tersebut mendukung sinyal digital atau tidak. Ciri lainnya adalah TV digital pasti tertanam sebuah decoder DVB T2.

Selain dari ciri yang telah barusan kita bahas, terdapat ciri yang merupakan kelebihan dari TV yang sudah siap digital. Ciri tersebut adalah siaran langsung yang jernih tanpa adanya noise pada gambar yang ditampilkan oleh TV, disamping kualitas layar TV ya!

Apakah TV yang Sudah Siap Digital Perlu STB Lagi?

Mungkin masih banyak dari Anda semua yang bertanya apakah TV yang sudah siap digital perlu set top box? Tentu jawabannya tak perlu karena sudah kita ketahui barusan jika TV yang sudah siap digital itu sudah memiliki set top box yang sudah terpasang di dalamnya.

Tinggal Anda scan ulang saja hasil pencarian sinyal pada TV yang Anda punya dan sedang Anda pakai. Jadi Anda tak perlu lagi keluarkan uang lebih untuk membeli set top box tambahan untuk mendapatkan siaran TV digital.

Untuk TV yang belum siap untuk menerima siaran digital tentu saja Anda perlu membeli set top box dengan jenis DVB T2. Hal tersebut untuk membuat TV Anda beralih mode yang awalnya menerima sinyal analog menjadi sinyal digital.

Cara Pasang Set Top Box

Saat ini ada 2 kategori TV yang kita kenal, yaitu TV tabung dan TV LED. Sebetulnya ada kategori lain namun yang paling banyak diminati adalah kedua kategori tersebut. Untuk cara pasang set top box TV digital pada keduanya sangatlah berbeda.

Pada setiap set top box pun berbeda cara dalam melakukannya namun tujuannya sama. Untuk 2 kategori TV tersebut cara pasang set top box nya harus dijelaskan. Hal tersebut dilakukan agar tak ada kesalahan dalam memasangnya dan membuat awet set top box.

1.      TV Tabung

Untuk cara pasang set top box TV tabung tentu yang harus disiapkan yaitu kabel RCA dan set top box lengkap dengan remotnya. Terdapat  beberapa langkah untuk cara pasang set top box untuk Anda lakukan, ikuti baik baik ya!

  • Pasang semua kabel set top box, utamanya kabel RCA/HDMI  dan power yang telah disediakan
  • Pasang Kabel RCA/HDMI pada set top box dan TV sesuai warna
  • Pasang kabel antena ke set top box untuk menangkap sinyal tv digital
  • Setelah itu hidupkan TV dan set top box
  • Alihkan mode tampilan TV ke tampilan AV
  • Setelah menu STB muncul silahkan pilih menu pencarian saluran
  • Tunggu hingga pencarian saluran selesai
  • Setelah pencarian saluran selesai silahkan tekan opsi simpan pada menu

Itulah cara pasang set top box TV tabung yang bisa Anda ikuti agar tidak salah dalam mengambil langkah dalam setting set top box. Setelah melakukannya dengan baik, sekarang TV tabung Anda telah menerima siaran TV digital.

2.      TV LED

Untuk cara pasang set top box TV LED terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar set top box terpasang dengan benar. Untuk itu ikuti cara pasang set top box dibawah ini agar set top box yang hendak Anda pasang dapat berjalan dengan baik.

  • Pasang semua kabel set top box, utamanya kabel HDMI  dan power yang telah disediakan
  • Pasang Kabel HDMI pada set top box dan TV sesuai warna
  • Pasang kabel antena ke set top box untuk menangkap sinyal tv digital
  • Setelah itu hidupkan TV dan set top box
  • Alihkan mode tampilan TV ke tampilan AV
  • Setelah menu STB muncul silahkan pilih menu pencarian saluran
  • Tunggu hingga pencarian saluran selesai
  • Setelah pencarian saluran selesai silahkan tekan opsi simpan pada menu

Itulah cara pasang STB pada TV LED, silahkan ikuti cara tersebut agar set top box yang Anda miliki dapat bekerja sebagai mestinya dan tak mudah rusak. Setelah langkah tadi telah Anda selesaikan dengan sempurna maka selamat TV Anda telah menjadi TV dengan sinyal digital.

Langkah yang Hampir Sama!

Memang langkah untuk pasang set top box hampir sama, namun ada perbedaan yang mendasari keduanya. Perbedaan tersebut terletak pada bagian kabel yang akan menghubungkan STB menuju TV, yaitu HDMI dan RCA.

Untuk TV tabung memang ada 2 kemungkinan pada bagian port AV yang tersedia, jika bukan HDMI maka RCA yang akan ada. Namun pada TV LED biasanya akan ada satu port saja yaitu port HDMI yang akan menerima suara serta tampilan saluran TV.

Itulah keseluruhan pembahasan kita kali ini tentang cara pasang set top box untuk Anda ikuti agar set top box tak mudah rusak. Bagaimana sangat gampang bukan melakukan instalasi set top box untuk mendapatkan siaran TV digital di rumah, see you next time!