Cara Pakai Move to iOS, Transfer Cepat dari Android ke iOS

Salah satu cara untuk memindahkan data dari android ke iOS adalah dengan cara pakai Move to iOS, sebuah aplikasi untuk transfer data secara cepat.

cara pakai Move to iOS

 

Cara pakai Move to iOS perlu diketahui bagi yang ingin beralih dari android ke iOS selain dengan cara memindahkan data manual. Aplikasi Move to iOS bisa menjadi pilihan jika Anda tidak ingin kehilangan konten atau data di smartphone android sebelumnya.

Pasalnya, teknologi yang pesat membuat penggunaan gadget semakin berkembang. Banyak pengguna android yang ingin beralih menggunakan iOS karena produk iPhone dari Apple itu dianggap lebih canggih dan eksklusif.

Persiapan Transfer dari Android ke iPhone

Cara memindahkan data kali ini adalah dengan menggunakan aplikasi Move to iOS yang terkenal efektif untuk melakukan migrasi data atau konten. Menurut pihak Apple, perlu dilakukan beberapa persiapan jika ingin menggunakan Move to iOS iPhone.

  • Sebelum memindahkan, pastikan Wi-Fi tersambung di perangkat android Anda.
  • Hubungkan perangkat iOS baru dan perangkat android Anda ke daya.
  • Pastikan semua data atau konten yang dipindahkan tersebut muat di perangkat iOS baru (termasuk data dalam kartu micro SD eksternal).
  • Perbarui aplikasi Chrome ke versi terbaru di perangkat android jika Anda ingin memindahkan penanda Chrome.

Cara Pakai Move to iOS Apk untuk Memindahkan

cara pakai Move to iOS

Jika persiapan sebelum memindahkan sudah dilakukan, Anda bisa mulai mengeksekusinya. Untuk memindahkan data dari android ke iOS menggunakan aplikasi Move to iOS, ikuti langkah-langkah cara menggunakan Move to iOS berikut!

1. Ketuk “Pindahkan Data dari Android”

Pada perangkat iOS baru Anda, cari menu App & Data. Jika sudah, ketuk “Pindahkan Data dari Android”. Langkah bagian ini bertujuan menghubungkan android dengan perangkat iOS.

Jika proses pengaturan sudah selesai, Anda bisa menghapus perangkat iOS. Setelah penghapusan diselesaikan, Anda bisa melakukan restart. Namun, jika Anda tidak ingin menghapusnya, lakukan transfer data secara manual.

2. Buka aplikasi Move to iOS

Download aplikasi Move to iOS di Google Play Store, lalu lakukan instalasi. Setelah itu, buka aplikasi dan ketuk “Lanjutkan”. Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan yang muncul.

Setelah itu, untuk melanjutkan ketuk “Setuju”, yang berarti Anda sudah paham dan setuju dengan semua syarat dan ketentuannya. Kemudian, ketuk “Berikutnya” di sudut kanan atas pada layar dan “Cari Kode”.

3. Tunggu kode yang masuk

Anda dipersilakan untuk menunggu kode, hingga kemudian muncul kode yang berisi sepuluh atau enam digit. Jika di perangkat android anda muncul peringatan koneksi internet lemah, cukup abaikan peringatan tersebut.

4. Gunakan kode

Jika Anda sudah menerima kode masuk, langsung saja masukkan kode tersebut di perangkat Android. Tunggu proses verifikasi kode oleh sistem hingga muncul “Transfer data” di layar.

5. Hubungkan ke jaringan Wi-Fi sementara

Pada langkah selanjutnya, perangkat iOS Anda akan membuat jaringan Wi-Fi sementara. Lalu, ketuk “Hubungkan” untuk bergabung dengan jaringan tersebut di perangkat Android.

6. Pilih konten dan tunggu

Jika proses verifikasi kode sudah berhasil dan muncul menu “Transfer Data”, pilih jenis data yang ingin Anda transfer, lalu ketuk “Berikutnya”. Tunggu hingga bar pemuatan muncul di perangkat iOS selesai.

Anda bisa menggunakan kedua perangkat jika proses pemuatan tadi sudah selesai. Jangan pernah sekali-kali menggunakan perangkat Android apabila proses pada iOS belum selesai. Lamanya proses transfer bergantung pada jumlah data yang dipindah.

7. Atur perangkat iOS

Ketuk “Selesai” di perangkat setelah bar pemuatan benar-benar selesai di perangkat iOS. Lalu, ketuk “Lanjutkan” pada perangkat iOS dan ikuti langkah-langkah pada layar untuk menyelesaikan pengaturan perangkat iOS.

8. Penyelesaian

Pastikan terlebih dahulu jika semua data atau konten sudah ditransfer sebelum menyelesaikan proses transfer. Jika sudah dipastikan selesai, Anda bisa menutup proses pemindahan dan menutup aplikasi Move to iOS yang digunakan.

Bantuan Ketika Melakukan Transfer

cara pakai Move to iOS

Ketika melakukan transfer dengan cara pakai Move to iOS, mungkin Anda mengalami kendala dan butuh bantuan. Apple memberikan panduan jika penggunanya membutuhkan bantuan saat melakukan transfer maupun setelah melakukan transfer.

1. Saat Melakukan Transfer dengan Move to iOS

  • Pastikan tidak menggunakan perangkat sampai proses transfer selesai. Jika ada panggilan telepon di Android masuk sebelum transfer selesai, jangan diangkat dahulu.
  • Mematikan aplikasi atau pengaturan yang mungkin mempengaruhi koneksi Wi-Fi di perangkat Android. Lupakan jaringan terlebih dahulu, lalu coba transfer kembali.
  • Lakukan restart perangkat dan coba lagi.
  • Nonaktifkan sambungan data seluler di perangkat Android. Coba transfer kembali.

2. Setelah Melakukan Transfer dengan Move to iOS

  • Cari bantuan jika pesan tidak berfungsi setelah Anda melakukan transfer data.
  • Jika Anda tidak melihat aplikasi dari perangkat Android pada perangkat iOS baru, cari dan unduh aplikasi di App Store kembali.
  • Anda akan menerima beberapa konten yang ditransfer dan perangkat iOS tidak cukup ruang penyimpanan, atau perangkat iOS sepertinya terlihat penuh meskipun transfer tidak selesai.
  • Jika begitu, hapus perangkat iOS dan mulai transfer kembali. Jangan lupa untuk memastikan data tidak melebihi ruang yang tersedia di perangkat iOS.

Cara Transfer Data Manual dari Android ke iOS

Tidak hanya menggunakan aplikasi, memindahkan data dari Android ke iOS juga bisa dilakukan secara manual. Cara ini bisa dijadikan pilihan jika proses transfer menggunakan Move to iOS tidak bisa diselesaikan.

  • Transfer foto dan video

Foto dan video menjadi arsip penting yang mungkin perlu kita selamatkan. Untuk memindahkannya dari perangkat android ke perangkat iOS, Anda bisa menggunakan bantuan laptop atau komputer dengan menggunakan USB cable.

  • Transfer dokumen

Jika sebelumnya Anda menyimpan dokumen dengan aplikasi untuk Pages, Number, dan Keynote yang support beberapa jenis file, termasuk dokumen Ms.Office, cukup gunakan cloud untuk melakukan transfer dokumen.

  • Transfer email, kontak, dan kalender

Lakukan penambahan setiap akun e-mail ke perangkat baru yang sesuai dengan akun di Android sebelumnya. Caranya adalah dengan melakukan Login akun. Semua file akan secara otomatis bisa diakses di perangkat iOS.

  • Transfer buku dan pdf

Buku dan pdf dapat dipindahkan dari perangkat Android ke iOS melalui perantara komputer secara manual. Dengan cara menghubungkan perangkat ke komputer dan melakukan copy-paste, file Anda bisa terselamatkan.

  • Transfer MP3

Gunakan perantara komputer untuk mentransfer musik dengan cara menyambungkan perangkat. Jika Anda menggunakan aplikasi music streaming, download aplikasinya di App Store dan lakukan login di aplikasi tersebut.

Jika masih memungkinkan, Anda bisa memakai metode lain seperti Google Drive atau berkirim pesan melalui Whatsapp. Cara memindahkan data manual bisa dilakukan jika Anda merasa kesulitan dengan aplikasi pembantu.

Penutup

Sejauh ini, melakukan transfer data dengan cara pakai Move to iOS app dinilai efektif, cepat, dan aman. Aplikasi Move to iOS bisa membuat pengguna smartphone yang semula menggunakan perangkat Android berpindah ke perangkat iOS. Semoga bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk membaca informasi lain terkait Review iPhone Terlengkap, iPhone 8 Hingga SE 2022