Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Mudah Rusak

Kamera DSLR adalah kamera canggih dan mahal yang memiliki resolusi bidikan tingkat tinggi. Berikut, cara merawat kamera DSLR agar tidak mudah rusak.

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Mudah Rusak

Memiliki DSLR berarti Anda harus siap untuk memeliharanya. Ya, kamera ini juga butuh perawatan. Umur kamera ini sangat bergantung pada cara merawat kamera DSLR itu sendiri. Perawatan bertujuan untuk mencegah debu menempel pada lensa setiap saat.

Selain itu, perawatan kamera DSLR akan dilakukan untuk menjaga kamera ini tetap memiliki fungsi yang optimal. Jika Anda sudah memahami cara kerja kamera, selanjutnya pahami juga cara merawat DSLR dengan baik, agar kinerja kamera tidak terganggu.

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Awet Tahan Lama

Merawat kamera DSLR bukanlah pekerjaan sulit, namun dibutuhkannya ketelitian dan ketekunan untuk melakukan perawatan secara rutin. Karena jika tidak secara rutin, perawatan yang dilakukan tidak akan berdampak baik bagi kamera tersebut.

Jika Anda lalai dalam merawat kamera DSLR, berkemungkinan besar bahwa jamur dapat terjadi pada kamera DSLR.  Oleh karena itu, jika Anda memiliki kamera digital SLR, bersihkan secara rutin untuk perawatan. Di bawah ini bagaimana cara merawat peralatan kamera?

1. Jauhkan kamera dari air

Cara merawat kamera DSLR yang pertama adalah, jauhkan dari air. Sekalipun kamera DSLR diklaim tahan air atau tahan cuaca, tetap jauhkan kamera dari air. Kamera DSLR sangat sensitif terhadap air. Air yang masuk ke kamera dapat merusak komponen internal kamera DSLR.

Jika air tetap ada, lensa mungkin kabur. Cara membersihkan lensa pada kamera Anda tidak menggunakan air tetapi dengan kit pembersih. Cleaning kit adalah seperangkat alat pembersih kamera untuk mencegah jamur dan debu.

2. Selalu menjaga agar lensa kamera tetap bersih

Selalu jaga kebersihan lensa kamera, bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Salah satu cara untuk membersihkan lensa digital pada kamera adalah dengan menggunakan kit pembersih, atau juga dapat menggunakan larutan pembersih khusus.

Cara merawat kamera DSLR ada panduannya, jangan menyemprotkan larutan pembersih langsung ke lensa, semprotkan cairan tersebut ke kain microfiber lalu usap kain ke seluruh lensa. Lakukan pekerjaan itu dengan lembut agar tidak merusak lensa Anda.

3. Bawa kamera dalam tas khusus

Jika Anda ingin membawa kamera dalam perjalanan, gunakan tas khusus untuk kamera DSLR. Bagian dalam tas khusus memiliki bantalan empuk yang melindungi kamera dari segala macam benturan. Dalam cara merawat kamera DSLR, perawatan poin ketiga ini adalah hal yang penting.

Cara menyimpan kamera DSLR di tas khusus ini yaitu sesuai ruang yang tersedia khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter dan perlengkapan lainnya untuk menunjang aktivitas fotografi Anda. Jangan memasukkan kamera ke dalam tas atau ransel biasa, karena tidak didesain untuk menjaga kamera tetap aman.

4. Lindungi kamera LCD dengan pelindung khusus

Sama halnya dengan handphone, cara merawat kamera DSLR khususnya bagian LCD adalah dengan memasang screen protector atau pelindung layar. Pelindung ini melindungi layar dari goresan dan sidik jari. Bahkan, pelindung layar melindungi layar LCD Anda dari air dan debu.

Harga pelindung layar ini tergolong murah, namun banyak fotografer yang lupa atau kesulitan mengikuti cara merawat kamera DSLR satu ini.  Karena faktanya, pelindung layar adalah satu-satunya cara untuk menjaga layar LCD Anda tetap halus dan bersih.

5. Bersihkan bodi kamera secara teratur

Tak hanya layar LCD, bodi kamera juga dirawat. Coba bersihkan bodi kamera dengan minyak kayu putih. mengapa? Ini karena minyak kayu putih cepat kering dan hampir tidak mengandung air.

Namun saat ini, ada banyak dijual alat dan bahan pembersih yang tersedia untuk membersihkan bodi kamera. Semprotkan cairan ke kain lembut dan usap seluruh badan kamera dengan kain. Jangan lupa untuk membersihkan seluruh bagian luar kamera.

6. Pasang filter untuk melindungi lensa

Jika ingin menerapkan cara merawat kamera DSLR agar tetap awet, jangan lupa untuk memasang filter UV pada lensa, hal lain yang perlu diperhatikan. Yakinlah bahwa memasang filter ke lensa tidak akan menurunkan kualitas fotografi dari kamera DSLR.

Sesuai dengan namanya, filter UV melindungi lensa dari efek berbahaya sinar UV matahari. Fungsi filter adalah untuk mencegah debu dan kotoran menempel pada lensa. Saat lensa dibersihkan.  filter juga harus dibersihkan secara teratur, itulah cara merawat lensa kamera.

7. Jaga baterai kamera

Masa pakai baterai lithium-ion yang digunakan dalam kamera biasanya sekitar 500 siklus pengisian daya. Oleh karena itu, setelah 500 siklus pengisian daya, baterai biasanya lemah dan cara merawat baterai kamera  adalah harus segera diganti.

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Baterai Tahan Lama Jangan simpan baterai kamera di ruangan dengan suhu maksimal 43 derajat Celcius. Ingatlah untuk mengisi daya baterai saat Anda tidak menggunakan kamera dalam waktu lama.

8. Gunakan tali bahu saat mengambil gambar

Hal sederhana ini juga merupakan bagian dari perawatan kamera. Ya, Anda perlu menggunakan tali bahu saat mengambil gambar di mana pun berada. Tali ini menempelkan kamera ke leher saat aktivitas mengambil gambar dilakukan.

Karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi, tali bahu akan mencegah kamera jatuh atau terlepas dari tangan Anda. Harga tali bahu ini murah, tetapi memberi perlindungan terbaik untuk kamera.

9. Menyimpan kamera di kotak khusus dry box

Cara merawat kamera DSLR terakhir adalah dengan dry box. Kotak yang melindungi kamera dari perubahan suhu yang ekstrim. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini menjaga kamera tetap kering dan mencegah kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera.

Kotak ini juga membantu melindungi kamera DSLR dari kerusakan. Jika kamera disimpan di tempat yang lembab, bisa berjamur, terutama di bagian optik lensa. Jadi pastikan tempat penyimpanan terbaik didapatkan oleh kamera Anda.

Cara Merawat Kamera Saat Telah Digunakan

Jika langkah-langkah di atas adalah cara merawat kamera DSLR secara rutin, maka di bawah ini adalah perawatan yang bisa Anda lakukan saat kamera telah selesai digunakan. Jadi tidak memberi jeda lama antara selesai penggunaan dan perawatan pada kamera.

  • Melepas baterai dan kartu memori. Jika kamera telah selesai digunakan dan mungkin tidak akan digunakan dalam waktu dekat, ada baiknya melepas baterai dan kartu memori. Hal ini penting untuk menjaga kualitas baterai dan daya baterai tidak selalu mengalir ke kamera.
  • Melepaskan lensa kamera. Tidak hanya melepas baterai dan kartu memori, tetapi juga sebaiknya melepas lensa untuk meningkatkan daya tahan kamera DSLR tersebut, bahkan sampai bertahun-tahun ke depan.
  • Membersihkan kamera dan lensa secara teratur. Membersihkan kamera dan lensa DSLR adalah suatu keharusan, meskipun Anda tidak menggunakannya. Hal ini untuk memastikan bahwa debu di atasnya tidak selalu jatuh dan menyebabkan goresan pada kamera atau lensa. 

Penutup

Cara merawat kamera DSLR agar tetap kokoh dan bersih ini sangat mudah, namun wajib bagi siapa saja yang memiliki DSLR, harus merawat kamera secara teratur dan memperhatikan kebersihan semua komponen yang terhubung ke kamera Anda. Baca juga Cara Menyambungkan Kamera CCTV ke Hp dengan Mudah