Cara Menyambungkan Kamera CCTV ke Hp dengan Mudah

Kecanggihan teknologi membuat Anda tetap bisa memantau rumah meski sedang dalam perjalanan dengan cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp Anda.

cara menyambungkan kamera CCTV

Penggunaan CCTV di lingkungan perumahan bukanlah hal baru, dan banyak rumah sekarang dipasang CCTV untuk keselamatan. Anda juga bisa menggunakan cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp untuk bisa memantau keadaan rumah di manapun Anda berada.

Mungkin di masa lalu, kamera pengintai sering digunakan di jalan umum, gedung perkantoran, atau pusat perbelanjaan. Namun saat ini, CCTV digunakan untuk memantau keadaan rumah pribadi. Terlebih sudah banyak aplikasi CCTV Hp.

Cara Menyambungkan Kamera CCTV ke Hp Secara Praktis

Anda dapat menggunakan cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp atau laptop Anda, tergantung pada kebutuhan dan ketersediaan perangkat Anda. Kemajuan teknologi dapat membuat perangkat dihubungkan ke perangkat lain, termasuk menghubungkan CCTV ke ponsel.

Dengan menghubungkan kamera CCTV ke Hp, selama memiliki koneksi internet, Anda dapat segera melihat kondisi rumah kapan saja, di mana saja, sesuai keinginan Anda. Pemantauan itu akan membuat Anda merasa nyaman dan tenang meski berada jauh dari rumah.

Sebelum menghubungkan CCTV ke ponsel Anda, pertama-tama periksa terlebih dahulu hal-hal yang berikut ini perlu untuk diperiksa. Karena Ada beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum cara menyambungkan CCTV ke Hp android.

1. Pastikan CCTV Anda sudah terpasang dengan benar

Cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp pertama adalah memastikan perangkat CCTV, terutama kameranya, di lokasi yang tepat sesuai dengan yang Anda inginkan. Pasang kamera di sudut yang pas dengan pantauan area yang luas agar CCTV leluasa memantau objeknya.

2. Pastikan bahwa DVR dan CCTV menyala sesuai fungsinya

Periksa kelengkapan perangkatnya, baik DVR dan CCTV. Fungsi DVR adalah untuk menyimpan dan memantau hasil dari rekaman kamera CCTV. Dalam kasus kamera, gunakan IP atau alat yang akan membuat kamera CCTV terhubung ke internet dan jaringan seluler.

3. Menghubungkan CCTV ke Internet

Ada dua cara untuk membuat DVR CCTV online, dan Anda dapat mengaksesnya melalui ponsel atau komputer seluler yang terhubung ke Internet atau pelajari cara menyambungkan CCTV ke wifi. Gunakan fitur P2P Cloud Access untuk dengan mudah mengakses pengguna tanpa alamat IP umum.

Cara yang kedua, Anda dapat menggunakan server (Dynamic Domain Name Server ) untuk cara kedua pengguna harus memiliki IP umum atau publik. Kedua cara ini bisa Anda gunakan untuk menyambungkan CCTV ke internet.

4. Akses Cloud P2P

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu menghubungkan CCTV DVR ke Internet dan mengaktifkan fungsi P2P Cloud Access. Ini adalah salah satu tahap penghubung CCTV ke ponsel.

Tujuannya supaya DVR terhubung dengan server delay yang tersedia dari vendor DVR. Ini adalah tahapan inti dalam cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp. Perhatikan dan ikuti langkah berikut dengan tepat.

  • Pertama, silahkan aktifkan fitur Cloud Access P2P di DVR yang telah terhubung dengan jaringan internet.
  • Lakukan akses login ke DVR sebagai admin, setelahnya baru klik pada menu yang berfungsi untuk mengatur Cloud Access P2P.
  • Pilihan ini pada umumnya berada pada bagian ‘Network’ dengan opsi Platform Access atau bisa juga Cloud P2P Setting.
  • Setelahnya, Anda akan diminta untuk verification code, kode yang akan berfungsi untuk menambahkan DVR ke aplikasi VMS/CMS melalui fitur Cloud P2P.
  • Jika DVR telah berhasil terhubung ke jaringan internet, akan muncul perubahan pada ‘Register Status’ menjadi keterangan Online Anda hanya perlu menunggu 1 sampai 2 menit.
  • Kemudian Anda perlu Refresh halaman untuk mengecek dan memastikan status perubahannya. Lalu lakukan Install VMS/CMS melalui penyedia DVR CCTV yang telah Anda miliki.
  • Pilih pilihan pada Tool dan berlanjut ke Device Management kemudian klik ‘Tab Server’.
  • Pilih Add New Device Type lalu centang pada device yang kamu inginkan kemudian lakukan klik ‘OK’.
  • Setelah Anda berhasil untuk login, silahkan klik Add Device lalu konfirmasi serial number dari DVR yang dimiliki, dan berikan kode verifikasi yang sebelumnya telah dibuat.
  • Terakhir, Klik ‘OK’. Jika kode yang dimasukkan telah terkonfirmasi benar, maka akan segera muncul list device dengan keterangan model dan serial sebagaimana dengan yang telah diinput.
  • Cara setting kamera CCTV ke Hp android telah selesai dilakukan.

Serangkaian cara di atas adalah cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp. Caranya cukup mudah bukan? Bisa Anda lakukan di rumah secara mandiri tanpa perlu memanggil teknisi khusus untuk pengerjaannya.

Setelah menyelesaikan serangkaian langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa mengakses atau memantau CCTV dari ponsel secara langsung dan aman. Dengan pemantauan yang dilakukan dari ponsel, akan membantu Anda meningkatkan keamanan rumah dan lingkungan sekitar.

Cara Menghubungkan Kamera CCTV ke Laptop

Selain cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp kamera CCTV juga bisa dihubungkan ke laptop. Hal ini bertujuan sama, yaitu memantau rumah Anda di mana saja Anda berada. CCTV di rumah akan terkoneksi dengan layar laptop secara live dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Menginstal aplikasi monitoring CCTV

Yang Anda perlukan sebagai langkah pertama adalah aplikasi CMS (Camera Management System)/VMS (Video Management System) yang akan berfungsi memonitor CCTV dari mana saja Anda berada melalui laptop atau ponsel pribadi.

2. Mengecek ip dan koneksi dari DVR

Sebagaimana cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp Anda harus memberi IP address pada DVR yang ingin Anda pantau dari laptop. In cara khusus menyambungkan rekaman CCTV untuk bisa dilihat di komputer. Bukan hanya bisa dilihat, tetapi juga bisa disimpan.

3. Menggunakan ip static pada DVR CCTV

Anda sebaiknya menggunakan IP static untuk DVR Anda agar selanjutnya mudah untuk dikelola. Jika tersedia DHCP server pada jaringan internet Anda, maka Anda bisa menggunakan IP yang tidak atau belum dimasukkan pada DHCP server, hal ini dilakukan untuk menghindari bentrok dengan laptop.

4. Memastikan koneksi DVR CCTV yang akan tersambung dengan laptop

Seperti pada cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp memastikan terlebih dahulu apakah pada laptop yang akan Anda gunakan untuk terhubung dan melihat CCTV, sudah terkoneksi atau belum. Cara memastikannya cukup mudah, tetapi tahapan ini harus teliti Anda lakukan.

Kirim “ping” dengan mengetik pada laptop lalu diikuti dengan mengetikkan IP DVR. Jika reply maka berarti laptop dan DVR sudah berada dalam satu jangkauan dan terhubung sehingga sudah bisa saling terkoneksi seperti pada cara koneksi CCTV ke Hp jarak jauh.

5. Melakukan setting pada laptop

Setelah berhasil melakukan install pada aplikasi CMD dan setelahnya kembali melakukan pengecekan pada jaringan, dan didapati hasil laptop Anda sudah terhubung dan dapat terjangkau oleh DVR CCTV, maka Anda sudah bisa melakukan setting laptop Anda.

6. Memastikan port yang dipakai pada DVR

Pengecekan pada port DVR juga ada pada cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp. Pengecekan ini berfungsi melihat dan mengakses CCTV dari laptop Anda. Kamu bisa melihat Port tersebut dengan cara login ke server DVR melalui browser atau lainnya.

Setelah melakukan login, Anda kemudian untuk masuk pada menu network -> port, akan muncul di jendela informasi bahwa port yang Anda gunakan adalah 8000. Ini termasuk langkah terakhir dalam proses koneksi CCTV dan laptop.

7. Lakukan setting pada laptop atau komputer agar bisa melihat CCTV secara Online

Setelah menginstal CMS, kemudian buka aplikasi tersebut sesuai dengan merk DVR yang Anda miliki. Tambahkan DVR dengan melakukan klik pada menu Tool->lalu device management->kemudian Server->dan pilih Encoding Device->terakhir Add Device.

Silahkan isi dengan IP DVR Anda dan port yang Anda gunakan pada bagian address dan port. Lengkapi juga pengisian pada username dan password, sebelumnya siapkan terlebih dahulu akun yang akan digunakan.

Setelahnya, Anda sudah bisa menemukan nama grup yang Anda buat, biasanya tersedia pada menu main view. Cukup Anda drag lalu drop ke window bagian sebelah kanan, Anda sudah bisa memantau live stream rekaman CCTV dari DVR.

Penutup

Saat ini Anda tidak hanya bisa menyambungkan kamera CCTV ke Hp, tetapi juga bisa pada laptop dan komputer Anda. Cara menyambungkannya ke laptop tidak jauh berbeda dengan cara menyambungkan kamera CCTV ke Hp. Selamat mencoba!