Cara Mengubah Bahasa Handphone Android Anda

Cara mengubah bahasa handphone Android akan memudahkan Anda mensetting bahasa pada handphone sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Cara mengubah bahasa handphone

Smartphone Android kini menjadi produk global. Tidak dapat disangkal bahwa pengguna dapat memilih untuk menggunakan smartphone mereka dalam berbagai bahasa. Terlebih, cara mengubah bahasa handphone Android cukup mudah.

Namun, pengguna hanya sering menggunakan bahasa di mana mereka tinggal. Misalnya, jika pengguna tinggal di Indonesia atau berasal dari Indonesia, kemungkinan besar mereka menggunakan bahasa Indonesia di ponsel cerdas mereka.

Cara Mengubah Bahasa Handphone Android dengan Mudah

Jika ingin menggunakan bahasa yang berbeda di ponsel cerdas, karena jenuh atau alasan lainnya. Maka Anda perlu membaca terlebih dahulu berikut cara mengubah bahasa handphone Android dengan mudah.

Cara mengubah bahasa Indonesia memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel Android mereka secara efektif. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan pemilik atau bahasa pengguna memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas menggunakan smartphonenya.

1. Pertama, silahkan buka pada menu pengaturan di Hp Anda

Lakukan geser pada bagian atas layar Hp ke arah bawah kemudian klik ikon “Settings” yang berbentuk seperti roda gigi, ikon ini biasanya berada di pojok sebelah kanan atas menu drop-down. Untuk lebih optimal, gunakan dua jari untuk menggeser layar ke arah bawah.

2. Geser pada layar dan klik System

Pilihan menu ini biasanya berada pada bagian sebelah bawah halaman “Settings”. Jika Anda ingin mengubah bahasa pada ponsel yang sebelumnya menggunakan bahasa lain yang tidak Anda mengerti, silahkan coba alternatif untuk mencari ikon “ⓘ” di bagian bawah halaman. Teks yang berada di samping sebelah kanan ikon tersebut adalah opsi “System”.

Jika Anda menggunakan perangkat Samsung Galaxy, maka cara mengubah bahasa handphone Android Anda bisa melakukan geser pada layar dan klik “General management” yang letaknya di samping horizontal tiga garis abu-abu yang memiliki lingkaran pada tiap-tiap garis.

3. Pilih dan klik Language & input

Menu ini biasanya berada di bagian sebelah atas halaman “System”, di sebelah samping kanan ikon bola dunia. Jika perangkat Anda adalah perangkat Samsung Galaxy cara mengubah bahasa di hp samsung sentuh “Language and input” yang terletak di baris paling atas halaman.

4. Klik Languages

Pilihan menu ini adalah pilihan paling teratas pada halaman tersebut. Jika pada hp samsung galaxy pilih “Language” di bagian atas halaman. Handphone lain juga sepertinya memiliki bahasa operator yang sama, hanya saja mungkin beda letaknya.

5. Sentuh Add a language

Pilihan menu ini berada di bawah bahasa paling bawah yang muncul di halaman, letaknya samping ikon “+” besar. Opsi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan jenis bahasa yang Anda inginkan.

6. Pilih bahasa

Cara mengubah bahasa handphone Android selanjutnya adalah, geser pada layar dan lakukan pencarian sampai Anda menemukan bahasa yang ingin digunakan, lalu klik bahasa tersebut. Halaman bahasa ini hanya akan dimuat jika ada lebih dari satu bahasa yang tersedia.

Masing-masing bahasa pilihan, akan ditulis dengan bahasa itu sendiri, hal ini memudahkan Anda mengenali bahasa yang ingin Anda gunakan. Sehingga proses pencarian Anda juga menjadi lebih cepat.

7. Pilih lokasi setempat jika diminta

Cara mengubah bahasa handphone Android ini dengan memilih lokasi daerah untuk bahasa yang ingin digunakan. Jika diminta Anda bisa memilih wilayah yang sudah tersedia di Hp Anda. Dengan memilih lokasi atau daerah setempat, memudahkan opsi bahasa yang dicari.

8. Klik pada menu Set as default saat diminta

Opsi ini biasanya berada di pojok kanan sebelah bawah jendela perintah hampir pada seluruh bahasa. Jika perangkat saat ini memiliki pola baca “kanan ke kiri” pada bahasa yang aktif, Anda bisa menemukan opsi tersebut di pojok kiri bawah jendela perintah.

9. Tempatkan entri bahasa ke baris paling atas dari daftar jika perlukan

Jika langkah-langkah sebelumnya, belum cukup untuk mengubah bahasa pada Hp Anda, maka berarti Anda perlu terlebih dahulu memindahkan entri bahasa ke baris paling atas dengan mengklik dan menyeret ikon di ujung kanan ke bagian atas entri daftar.

Cara Mengubah Bahasa pada Keyboard Hp Android Anda

Jika sebelumnya yang dibahas adalah bahasa program, maka kali ini kita akan membahas tentang bahasa keyboard pada Hp Android Anda. Cara dan langkahnya tidak jauh berbeda dengan cara mengubah bahasa handphone Android di atas. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu pengaturan sama seperti cara di atas
  • Lakukan geser pada layar dan klik system
  • Pilih dan klik language dan input
  • Pilih virtual keyboard, biasanya berada di bagian tengah layar Hp Anda
  • Pilih keyboard utama perangkat bukan keyboard tambahan yang Anda instal
  • Pilih dan buka pengaturan bahasa keyboard, biasanya opsi ini bertuliskan “Languages” atau bisa juga “Change input language”.
  • Cari dan Aktifkan bahasa yang ingin digunakan. Beberapa bahasa mungkin meminta Anda untuk mengunduhnya terlebih dahulu. Akan ada opsi “Download” jika bahasa itu perlu diunduh.
  • Gunakan bahasa keyboard yang baru.
  • Cara menggunakan bahasa keyboard baru yaitu,Buka lembar kerja atau aplikasi apa saja yang mengharuskan Anda untuk menggunakan keyboard mengetikkan teks.
  • Sentuh pada kolom teks untuk memunculkan tampilan keyboard di layar.
  • Lihat ikon “Languages” yang juga berfungsi sebagai spasi di keyboard.
  • Tahan dan geser pada ikon tersebut, maka opsi bahasa baru keyboard akan muncul dan bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Alihkan Bahasa Program pada Aplikasi Tertentu ke Bahasa Lokal

Anda juga bisa menggunakan cara mengubah bahasa aplikasi misalnya jika Anda ingin menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia pada aplikasi tertentu, karena ingin melatih pengucapan dan memperkaya kosakata untuk belajar.

Selain itu, penggunaan yang berkelanjutan akan memastikan bahwa dapat pengenalan kosakata dalam bahasa asing lainnya. Sehingga cara mengubah bahasa handphone Android sangat bermanfaat pada situasi seperti ini.

  • Bahasa tampilan dapat diubah menjadi bahasa universal dengan bantuan aplikasi. Namun, untuk melakukannya, harus terlebih dahulu melakukan langkah-langkah yang bisa memudahkan Anda menerapkan bahasa tersebut. Berikut langkah-langkahnya:Langkah pertama untuk cara mengubah bahasa handphone Android adalah lakukan root pada ponsel Android Anda.
  • Gunakan kerangka kerja Xpose.
  • Selanjutnya, Anda harus pergi ke menu unduhan Xpose Framework.
  • Cari AllTrans dan unduh apa yang Anda butuhkan.
  • Masukkan data yang diperlukan seperti nama, alamat email, nama pengguna dan kata sandi yang Anda inginkan untuk menyelesaikan pendaftaran Anda dengan Yandex.
  • Tidak boleh lupa nama pengguna dan kata sandi, karena itu langkah mengubah bahasa di hp Oppo, Samsung, Vivo dan lain.
  • Dua hal tersebut digunakan untuk ke langkah cara mengubah bahasa handphone Android berikutnya.
  • Kemudian pilih bahasa pilihan Anda dan lanjutkan.
  • Dengan Xpose Framework AllTrans, semua aplikasi, diterjemahkan sesuai dengan lokal atau bahasa yang diinginkan.

Biasanya ada dua terjemahan yang didukung, Microsoft Azure dan Yandex Translate. Anda bebas memilih dan mengubahnya kapan saja. Contohnya adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk menggunakan bahasa Spanyol.

Jika Anda mengatur pengaturan bahasa dan menerjemahkan ke bahasa Indonesia dengan cara mengubah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di Hp, seluruh aplikasi akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Tentu saja, ini membutuhkan sedikit koneksi internet.

Penutup

Cara mengubah bahasa handphone Android pada masing-masing perangkat berbeda. Namun biasanya ikon dan simbol digunakan sama, atau sedikit saja perbedaannya yang masih bisa dikenali. Jangan bingung, saat menghadapi ini, lakukan cara di atas dengan baik dan benar.