Cara Mengecek Kecepatan Internet di Hp dan Laptop

Mengecek kecepatan internet memang perlu di ketahui secara detail. Karena dengan begitu maka kalian dapat dimudahkan dalam menjelajahi internet.

Cara Mengecek Kecepatan Internet

Seiring berkembangnya sebuah teknologi yang ada di dunia ini. Membuat banyak orang beralih pada jejaring internet. Maka tak heran jika banyak yang mencari tahu bagaimana Mengecek Kecepatan Internet pada laptop dan juga handphone.

Karena dengan mengetahui kecepatannya berapa Mbps maka kalian dapat mengukur penggunaanya. Terutama bagi kalian yang sedang melakukan proses download ataupun upload. Penting sekali mengukur kecepatan internet sebelum menggunakannya.

Cara Mengecek Kecepatan Internet Melalui Android Atau Handphone

Cara Mengecek Kecepatan Internet

Dari hal ini memang telah banyak sekali cara yang dapat kalian lakukan. Untuk mengetahui cepat tidaknya koneksi internet yang di gunakan oleh smartphone milik kita. Meski tidak sepenuhnya menampilkan data yang akurat, tapi bisa dong dijadikan patokan.

Maka dari itu kalian yang memiliki android wajib mengecek kecepatan internet ini. Karena internet sendiri menjadi bahan utama kalian untuk menjelajahi dunia secara virtual. Ini semua dapat di lakukan menggunakan aplikasi atau juga tidak.

1. Aktifkan Selalu Indikator Status Jaringan Internet di Setelan Handphone Anda

Untuk mengecek kecepatan internet melalui Android memang cukup mudah di lakukan. Terutama dalam hal mengecek pada handphone atau android. Cara ceknya sendiri sangat mudah saja kok sahabat.

Bahkan admin sudah menyediakan 3 cara sekaligus untuk mengeceknya. Yang pertama yaitu dengan menggunakan indikator status jaringan internet. Karena dengan menggunakan indikator ini, dapat membuat kalian mudah mengetahui kecepatan jaringan internet yang digunakan.

Masih banyak yang belum tahu akan hal ini. Jika di beberapa pengaturan Android, ada salah satu nama indikator status koneksi lho. Fitur ini memiliki berfungsi sebagai indikator, icon ini akan menampilkan data kecepatan internet yang kalian gunakan.

Baik itu jaringan internet pada saat kalian download maupun upload. Nah, cara pengecekannya ini memang dilakukan secara real-time, fitur ini sangat akurat. Jadi tidak perlu di ragukan lagi untuk menggunakan Teknik ini ya!

2. Gunakan Aplikasi yang Bernama Speedtest.net.

Dari sebagian orang, mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar tentang web Speedtest.net. Iya memang pada dasarnya website ini merupakan salah satu link pengecek koneksi terkenal. Yang sudah di perkenalkan dari dulu. Bahkan web ini sudah ada sejak kalian masih orok.

Untuk saat ini, pengecekan kekencangan internet melalui link speedtest.net sebenarnya masih dapat kalian lakukan. Tapi karena sekarang ini sudah banyak sekali rilis aplikasi terbaru, maka Mimin lebih menganjurkan kalian untuk memakai aplikasi saja.

3. Melalui Website Speedtest Jaringan Internet Pada Browser

Cara ketiga yang bisa bisa kalian lakukan untuk mengecek kecepatan internet dengan website. Untuk mengetahui seberapa cepat Jaringan internet yang di gunakan yaitu pakai website yang ada di browser. Tanpa banyak yang tahu jika website ini memiliki manfaat untuk mengetahui berapa kecepatan paling kencang internet.

Dimana kekencangan internet yang sedang kalian gunakan, baik itu pada saat kalian upload dan download. Hanya dengan menggunakan cara ini maka akan memudahkan kalian dalam proses pengecekan.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di Laptop

Cara Mengecek Kecepatan Internet

Jika tadi kita sudah sedikit tahu cara mengecek kecepatan internet pada handphone. Lanjut kita cari tahu bagaimana mengecek kecepatan internet di laptop. Karena hal ini sangat penting kalian lakukan.

1. Langkah pertama

Dimana tujuannya sendiri yaitu untuk mengukur seberapa lama waktu yang di butuhkan untuk download sesuatu. Atau juga untuk mengukur seberapa pantaskah jaringan tersebut di gunakan untuk mengunduh film. Yang memiliki kapasitas sangat besar.

Bahkan film yang notabennya memiliki kapasitas Diatas 500 Mb. Maka di butuhkan kecepatan internet yang memadai. Untuk dapat mencapai hasil yang kalian harapkan dari mengecek kwalitas jaringan internet.

2. Langkah kedua

Untuk saat ini sudah ada banyak sekali situs yang dapat kalian gunakan untuk mengetes kecepatan internet pada laptop. Bahkan nih hampir semua situs atau website yang ada pada browser tersebut memberikan data paling akurat. Salah satu diantaranya yaitu melihatnya di icon.

Selain melalui icon yang memang sudah ada pada layar komputer atau laptop. Cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu menggunakan bantuan Cmd. Dengan memakai bantuan CMD ini apakah akan membuat kestabilan internet meningkat atau putus nyambung.

Walaupun kalian disini telah menggunakan provider yang ahli. Namun kadang kala kestabilan jaringan internet tidak bisa di deteksi dengan mudah. Maka dari itu di butuhkan yang namanya sebuah aplikasi pembantu.

3. Langkah ketiga

Untuk langkah kali ini kalian harus menggunakan CMD atau yang di sebut dengan command prompt agar dapat mengecek kecepatan internet. Kalian disini juga bisa mengikuti beberapa langkah yang dianjurkan oleh Mimin ya!

Cara untuk dapat mengetes kecepatan internet yaitu dengan melakukan ping pada Google. Kemudian dilanjutkan dengan melihat cepat dan juga lamanya waktu pada saat melakukan ping ke Google.

Cara Mengecek Kecepatan Internet pada PC

Bagi kalian yang menggunakan PC tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya mengecek kecepatan internet pada PC juga sama dengan cara mengecek kecepatan internet pada laptop. Dengan begitu kalian dapat mempelajari langkah -langkahnya di laptop.

Bedanya cuma kalau di PC tidak terdapat aplikasi yang cukup lengkap seperti laptop. Tidak menjadi suatu masalah sebenarnya, karena kalian dapat melakukan semua cara Diatas pada penggunaan PC juga. Pasalnya antara laptop dan PC tidak ada perbedaan sama sekali. Betul?

Dulu sebelum adanya laptop, maka orang -orang menggunakan PC terlebih dahulu. Karena sebelum laptop di perkenalkan perlu perusahaan maka PC terlebih dulu di perkenalkan.

Mengecek Kecepatan Internet WiFi

Penggunaan jaringan internet tidak hanya melalui provider Telkomsel ataupun lainnya. Namun untuk saat ini sudah cukup banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan jaringan WiFi. Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika kalian juga memahami bagaimana cara mengecek kecepatan internet WiFi.

Langkah mudah yang dapat kalian lakukan untuk dapat mengecek kecepatan WiFi yaitu dengan sebuah aplikasi. Kunjungi terlebih dahulu link https://www.speedtest.net/. Jika sudah, maka akan muncul halaman beranda pada Speedtest.net. Langkah selanjutnya klik ikon bertuliskan GO.

Jika semuanya sudah di lakukan maka tunggu saja hingga link tersebut mengecek kecepatan internet anda. Maka dengan begitu jaringan internet kalian akan kembali stabil sesuai dengan yang kalian harapkan.

Jika sudah mengeceknya, kalian dapat menggunakan internet tersebut untuk kepentingan kalian setiap harinya. Namun memang bisa di perjelas jik penggunaan jaringan lokal dengan jaringan WiFi tentu jauh berbeda. Banyak masyarakat yang sudah berganti menggunakan jejaring WiFi.

Baik itu di lakukan di setiap rumah, kantor dan juga tempat lainnya. Hal ini di karenakan pada saat menggunakan WiFi biaya yang di keluarkan lebih rendah. Jika dibandingkan dengan menggunakan jejaring lokal.

Menurut kalian sendiri bagaimana nih sobat? Karena dengan menggunakan wifi maka kalian akan semakin kuat dalam menjelajahi dunia secara virtual.

Penutup

Jadi bagi kalian yang masih bingung untuk mengecek kecepatan internet pada laptop dan juga HP. Maka bisa menggunakan langkah-langkah yang sudah di paparkan di atas ya. Dengan begitu maka dapat mengukur aktivitas yang akan dilakukan dalam proses download maupun upload.