Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway Website Dengan Mudah dan Cepat

Apakah Anda menemukan error 502 dan bingung menanganinya? Tenang saja, artikel ini berisi tentang bagaimana cara mengatasi error 502 tersebut.

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway Website Dengan Mudah dan Cepat

Saat menjelajah internet untuk mengakses situs web, Anda mungkin menemukan beberapa error atau kesalahan pada situs web yang Anda kunjungi, seperti 404, 502, 504, dll. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi error 502 bad gateway pada sebuah website.

Selain situs web dengan CMS WordPress, jenis error 502 bad gateway ini juga sering terjadi di Gmail, Twitter, Cloudflare, dan lain-lain. Namun tenang saja, pada pembahasan kali ini Anda akan mengetahui apa itu error 502 bad gateway dan cara memperbaikinya.

Apa sih Error 502 Itu?

Error kode 502 pada dasarnya adalah bersumber pada server, baik server website, server game, maupun server aplikasi online. Jika Anda mendapat pesan error 502 artinya permintaan untuk mengakses informasi sudah diterima server, tetapi ditolak sehingga muncul error tersebut.

Error 502 adalah termasuk dalam kode error status 500 selain 501, 503, 504, dan yang lainnya. Masing-masing angka ini menunjukkan jenis error yang berbeda. Kode 502 bad gateway terjadi karena server yang bertindak sebagai gateway atau proxy menerima respon yang tidak valid.

Beberapa Jenis Variasi Error 502

Kode status HTTP yang dimulai dengan angka “5” menunjukkan bahwa kesalahan terjadi karena kegagalan komunikasi antara beberapa server. Meskipun kesalahan ini muncul karena berbagai alasan, kesalahan biasanya terjadi pada server.

Ada beberapa variasi dari kode error 502 ini, dan mungkin Anda melihat tampilan berbeda untuk setiap browser, server web, dan sistem operasi (OS), tetapi semuanya memiliki arti yang sama. Di bawah ini adalah beberapa variasi yang sering muncul dari error 502 bad gateway.

  • Error 502
  • HTTP 502
  • 502 Bad Gateway
  • HTTP Error 502-Bad Gateway
  • 502 Proxy Error
  • 502 Server Error
  • 502 Service Temporarily Overloaded
  • Layar monitor putih blank

Apa Penyebab Error 502 Bad Gateway?

Sebelum membahas bagaimana cara menangani error 502, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Penyebab 502 bad gateway dapat terjadi karena beberapa faktor, dan sebagian besar terkait dengan masalah server. Beberapa penyebab tersebut adalah:

  • Cache browser belum dibersihkan
  • Plugin dan tema yang tidak kompatibel, atau perlu diperbarui
  • DNS bermasalah
  • Masalah CDN
  • Log yang error

Bagaimana Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway?

Kesalahan ini biasanya disebabkan oleh masalah server, tetapi tidak jarang pula situs web itu sendiri yang menjadi penyebabnya. Agar website Anda dapat diakses kembali, ada beberapa cara mengatasi error 502 bad gateway.

1. Muat Ulang Atau Reload Halaman Web

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika Anda menerima pesan error 502 adalah menunggu beberapa menit dan memuat ulang halaman web. Mungkin error 502 muncul karena server mengalami request yang berlebihan (overload) saat Anda berkunjung.

Biasanya kesalahan atau error ini bersifat sementara, jadi Anda hanya perlu me-reload halaman website. Untuk memeriksa apakah situs sedang down, cobalah Anda gunakan browser mode privat atau browser berbeda.

2. Bersihkan Cache Browser

Jika sudah melakukan reload dan masih muncul error, cara mengatasi error 502 berikutnya adalah membersihkan atau menghapus cache browser yang Anda gunakan. Metode ini digunakan untuk memastikan bahwa error yang terjadi bukan berasal dari halaman yang tersimpan di browser Anda.

3. Gunakanlah Perangkat/Gadget Lain

Situs web yang Anda kunjungi dapat diakses di berbagai perangkat seperti laptop, komputer (PC), tablet, atau ponsel. Namun, error 502 bad gateway dapat terjadi pada jenis perangkat yang tidak mendukung situs yang sedang berjalan.

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba cara mengatasi error 502 dengan mengakses situs web dari perangkat selain yang Anda gunakan saat ini. Cara ini sebaiknya dilakukan untuk memastikan apakah permasalahannya ada pada koneksi internet atau pada perangkat Anda.

4. Hapus Cache Local DNS Website Anda

Cara mengatasi error 502 ini dapat dilakukan dari sisi pengelola website. Anda bisa mulai menghapusnya karena menumpuknya cache local pada DNS dapat mengakibatkan munculnya error ini. Caranya hampir sama seperti clear cache pada browser atau nama lainnya flush DNS.

5. Periksa Log Error Website Anda

Jika error muncul setelah Anda merubah atau mengupdate sesuatu di website, berarti penyebabnya ada pada website. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa log error pada website Anda.

Di WordPress, Anda dapat mengaktifkan error logging dengan menambahkan baris berikut ke wp-config:

define( ‘WP_DEBUG’, true );
define( ‘WP_DEBUG_LOG’, true );
define( ‘WP_DEBUG_DISPLAY’, false );

6. Periksa Template Website

Tema atau template website yang kurang mendukung juga dapat menyebabkan error 502 bad gateway. Anda bisa mengganti template yang saat ini error dengan template yang lain. Caranya, dari dashboard wordpress klik menu “Appearance” kemudian klik “Themes” lalu pilih template.

7. Nonaktifkan CDN Beberapa Saat

Cara mengatasi error 502 berikutnya adalah dengan menonaktifkan sementara CDN. Karena CDN yang bermasalah juga bisa menyebabkan kesalahan atau error 502 bad gateway. Caranya masuk ke situs web Anda melalui FTP dan ganti nama folder plugin menjadi cdn-enable_old.

Selain itu, kesalahan 502 dapat terjadi jika provider memberikan perlindungan terhadap DDoS atau layanan proxy seperti Cloudflare karena penyertaan firewall tambahan. Sayangnya, Cloudflare adalah layanan proxy yang lengkap, sehingga tidak mudah untuk mematikannya.

8. Periksa Plugin Website Anda

Masalah dapat terjadi dari plugin yang diunduh dari penyedia pihak ketiga. Selain itu, ada juga kasus kesalahan konfigurasi plugin caching yang pada akhirnya menyebabkan error 502. Salah satu cara mengatasi error 502 adalah dengan menonaktifkan plug-in yang Anda gunakan.

Menonaktifkan plugin saja tidak akan mengakibatkan hilangnya data apa pun dari website. Untuk melakukannya, klik menu “Plugins” pada bilah menu dashboard wordpress, lalu klik “Disable” pada menu Bulk Operations untuk menonaktifkan status semua plugin.

Kemudian aktifkan plugin satu per satu dan muat ulang situs web setiap kali plugin diaktifkan. Jika Anda menerima pesan error 502 Bad Gateway saat menggunakan salah satu plugin, berarti plugin tersebut yang menyebabkan error 502.

Namun, jika Anda tidak memiliki akses ke dashboard admin, Anda dapat membuka FTP dan mengganti nama folder plugins menjadi plugins_old. Jika berhasil, setel ulang folder ke nama “Plugins”. Kemudian ganti nama masing-masing untuk melihat plugin mana yang bermasalah.

9. Hubungi Layanan Hosting Anda

Jika Anda tidak dapat menemukan solusi terbaik dari cara-cara di atas, sebaiknya hubungi tim support layanan hosting Anda. Jelaskan bagaimana kronologisnya secara detil dan beri tahu tentang perubahan terbaru pada situs Anda sehingga tim support dapat membantu dengan cepat.

Apa Pengaruhnya Error 502 Terhadap Website?

Setelah mengetahui penyebab dan cara menangani error 502 di website Anda, berikut ini pengaruh dari error tersebut yang harus secepatnya ditangani.

1. Performa SEO Akan Menurun

Error 502 secara langsung mempengaruhi kinerja SEO situs web Anda. Reputasi situs web di mesin pencari google menjadi semakin jatuh karena pengunjung potensial terus-menerus tidak dapat mengakses situs web Anda.

2. Konversi Dari Pengunjung Jadi Pembeli Menurun

Anda juga dapat kehilangan uang karena error 502 untuk konversi atau perubahan pengunjung-ke-pembeli. Akibatnya, jumlah penjualan di situs berkurang hingga merugi tergantung berapa lama situs Anda down.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menangani error 502 bad gateway sebuah situs web, baik dari sisi pengguna (klien) maupun dari sisi pengelola situs web (server). Kami berharap cara di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah error 502 yang Anda hadapi. Baca juga Cara Membuat Website dengan Cepat dan Mudah