Cara Mengatasi Android Tidak Dapat Terhubung ke WiFi

Dengan mengidentifikasi masalah, kamu dapat mencoba 7 cara mengatasi Android tidak dapat terhubung ke WiFi. Simak selengkapnya di sini!

Cara Mengatasi Android tidak dapat terhubung ke WiFi

Ponsel Android (HP) kamu tidak bisa terhubung ke WiFi? Ada beberapa cara yang kamu dapat lakukan untuk memeriksa masalah pada perangkat Android. Dengan mengidentifikasi masalah, kamu dapat mencoba 7 cara mengatasi Android tidak dapat terhubung ke WiFi.

Masalah tersebut memang sering dialami oleh beberapa pengguna Android. Bisa karena masalah bug pada sistem ataupun persoalan lain yang sulit untuk dideteksi. Namun tidak perlu khawatir, karena masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah.

Cara Atasi Android Tidak Dapat Terhubung ke Wifi

Cara Mengatasi Android tidak dapat terhubung ke WiFi

Saat ini, banyak tempat umum, kafe, dan restoran yang menawarkan wifi gratis untuk kamu akses. Tentunya dengan adanya Wi-Fi gratis ini, kamu dapat melakukan semua aktivitas internet tanpa khawatir kehabisan kuota data.

Namun jika masalah muncul, tidak dapat terkoneksi ke Wi-Fi, tentu ini akan sangat mengesalkan. Di bawah ini silakan kamu ikuti langkah-langkah mudah memperbaikinya, berikut di antaranya:

1. Atur tanggal dan waktu agar sesuai dengan waktu saat ini

Jika ponsel Android tidak dapat terhubung ke Speedy, IndiHome, WiFi.ID, atau WiFi milik penyedia lain, periksa pengaturan tanggal dan waktu ponsel Android kamu. Dalam beberapa kasus, pengaturan tanggal dan waktu yang tidak tepat akan mencegah perangkat kamu terhubung ke WiFi.

Misalkan waktu saat ini menampilkan 2019 dan pengaturan waktu di ponsel Android kamu menampilkan 2018. Jika ini yang terjadi, kamu tidak akan dapat terhubung ke WiFi. Untuk menghindarinya, kamu harus mengatur waktu di ponsel Android agar sesuai dengan waktu saat ini.

Ikuti tutorial lengkapnya berikut ini: Buka menu Pengaturan> Sistem> Tanggal & Waktu dan pilih opsi Tanggal & Waktu Otomatis

Setelah itu, ponsel Android akan mengatur waktu secara otomatis. Selanjutnya, coba gunakan WiFi di Android seperti biasa.

2. Mulai ulang ponsel Android

Jika Wi-Fi Android tidak berfungsi, cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan me-restart ponsel Android. Restart Android telah terbukti efektif dalam mengatasi banyak bug kecil, seperti Wi-Fi yang tidak dapat dijangkau.

Cara mudah ini sangat efektif jika kamu sudah mengetahui bahwa WiFi yang ingin kamu gunakan bagus. Minta salah satu teman kamu untuk mencoba terhubung ke WiFi. Jika dapat terhubung tanpa masalah, masalahnya ada pada ponsel Android kamu.

Cukup restart ponsel Android. Jika sudah menyala lagi, harap sambungkan kembali ke WiFi. Biasanya masalah kecil seperti Wi-Fi tidak terhubung akan teratasi dengan mudah.

3. Gunakan fitur “Lupakan Jaringan”

Kamu banyak menggunakan WiFi di kampus, tetapi apakah ada hari-hari ketika kamu tidak bisa berselancar di internet karena suatu alasan? Kata sandi WiFi kampus mungkin telah diubah oleh administrator.

Namun, perangkat Android masih mencoba terhubung ke jaringan WiFi ini dengan kata sandi lama. Jadi status WiFi ponsel Android sepertinya sudah terhubung, tapi tidak bisa digunakan untuk browsing.

Sangat mudah untuk memperbaikinya. Kamu perlu memanfaatkan fitur “Lupakan Jaringan” Android. Tutorialnya adalah sebagai berikut:

Buka menu Pengaturan> Jaringan dan Internet> Wi-Fi> Jaringan tersimpan> Pilih Wi-Fi yang diinginkan> Lupakan

Setelah mengikuti tutorial di atas, kamu dapat mengaktifkan kembali WiFi di perangkat Android dan masuk ke WiFi dengan kata sandi baru. Jika mengikuti tutorial di atas, kamu tidak akan menghadapi masalah otentikasi WiFi Android.

4. Hapus cache pengaturan Wi-Fi

Situasi berikut dapat terjadi: WiFi terhubung, tetapi tidak tersedia di Android. Hal ini dapat disebabkan oleh cache WiFi yang sudah tersimpan di Android, sehingga pengaturan akan melacak cache tersebut.

Padahal, penjelasannya lebih rumit. Namun untuk mengatasinya sangatlah mudah. Artinya, bersihkan cache pengaturan Android. Ini mudah untuk dilakukan. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

Buka Pengaturan> Aplikasi> Kelola Aplikasi> Pengaturan Wi-Fi> Hapus Cache

Setelah itu, cache WiFi akan dihapus. Kemudian sambungkan kembali ponsel Android kamu ke WiFi dan coba gunakan untuk menjelajah secara normal. Cara mudah ini cukup efektif mengatasi Android tidak dapat terhubung ke WiFi

5. Nonaktifkan antivirus

Beberapa orang mungkin menggunakan aplikasi antivirus di ponsel Android mereka. Faktanya, aplikasi antivirus bisa sangat membantu dalam mencegah serangan virus dan malware.Namun, aplikasi ini biasanya memblokir internet dari jaringan WiFi yang tidak dikenal.

Ini akan mencegah kamu menggunakan WiFi di ponsel pintar Android karena aplikasi antivirus memblokir koneksi. Bagaimana bisa menyelesaikannya? Tentu saja dengan menghapus aplikasi antivirus yang terpasang di ponsel Android.

Atau kamu juga dapat menonaktifkan sementara aplikasi antivirus saat ingin terkoneksi ke Wi-Fi. Jika sudah menggunakan Wi-Fi, kamu dapat menyalakan kembali aplikasi untuk kepentingan menjaga sistem Android.

6. Gunakan WiFi Fixer

Di atas adalah cara yang dapat kamu gunakan untuk menangani Android yang tidak dapat terhubung secara manual ke WiFi. Jika kamu sudah mengikuti semua cara di atas dan Android masih belum bisa terhubung ke WiFi, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi bernama WiFi Fixer.

Fungsi dari aplikasi ini, sesuai dengan namanya, adalah untuk memperbaiki Wi-Fi di perangkat Android. Dari mulai menganalisa koneksi WiFi, memperkuat sinyal WiFi dan mempercepat koneksi WiFi. Bagaimanapun, aplikasi ini memiliki fitur lengkap pada masalah WiFi Android.

7. Gunakan ROM khusus

Jika ponsel Android kamu tidak dapat terhubung ke WiFi setelah semua metode di atas, mungkin ada masalah dengan sistem atau ROM Android. Cara paling ekstrim yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan custom ROM.

Cara ini menghapus sistem lama dan menggantinya dengan custom ROM. Beberapa custom ROM yang direkomendasikan bisa dibaca secara khusus di beberapa artikel lain. Karena metode ini membutuhkan trik khusus yang perlu penjelasan detail.

Berbagai Faktor Penyebab WiFi Lambat

Cara Mengatasi Android tidak dapat terhubung ke WiFi

Saat memperbaiki sinyal WiFi yang lambat, Anda harus terlebih dahulu menentukan penyebabnya dan menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan koneksi Wi-Fi lambat, di antanya adalah:

1. Lokasi router Wi-Fi tidak bagus

Faktor pertama yang dapat menyebabkan masalah dengan konektivitas sinyal melalui WiFi adalah lokasi router yang tidak tepat. Menempatkan router di ruangan tertutup atau di lantai dapat menyebabkan masalah. WiFi akan lambat.

2. Kabel LAN terputus melalui WiFi

Faktor kedua yang dapat menyebabkan masalah konektivitas sinyal dengan WiFi adalah terputusnya kabel LAN atau jaringan area lokal yang digunakan untuk menghubungkan router.

Jika Anda menggunakan router WiFi, periksa terlebih dahulu apakah kabel LAN atau jaringan area lokal Anda terpasang dengan benar dan kabel LAN berfungsi dengan baik dan tidak ada gangguan.

3. Kelebihan kapasitas

Faktor ketiga yang dapat menyebabkan masalah konektivitas sinyal dengan WiFi adalah terlalu banyak orang yang menggunakan WiFi secara bersamaan. Hal tersebut karena banyaknya pengguna bisa mempengaruhi terkait kecepatan internet. Faktor ini biasa terjadi di tempat-tempat umum yang menawarkan fasilitas WiFi gratis.