Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Ngecharge

Jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa HP rusak ketika tidak bisa mengisi daya. Beberapa cara memperbaiki HP android yang tidak bisa ngecharge ini dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Ngecharge

Salah satu komponen penting pada HP adalah baterai. Ketika HP tidak memiliki daya maka ia akan mati dan tidak bisa digunakan. Namun, dalam kehidupan sehari-hari seringkali ditemui beberapa masalah pada saat pengisian daya dalam pemakaiannya.

Di antaranya HP tidak bisa dicharge atau sudah dicharge hanya saja dayanya tidak mengisi. Jika kondisi ini terjadi pada kamu, jangan langsung panik. Jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa HP kamu rusak dan perlu diganti. Berikut akan dijelaskan cara memperbaiki HP android yang tidak bisa ngecharge.

Penyebab HP tidak Bisa Ngecharge

Penyebab HP tidak bisa ngecharge terjadi karena faktor yang bermacam-macam. Masalahnya dapat terjadi dari sisi hardware ataupun softwarenya. Dari sisi HP, chargernya, atau keduanya. Cara memperbaiki HP android yang tidak bisa ngecharge harus memastikan terlebih dahulu dari mana sumber masalahnya.

1. Kabel USB dan Power Adapter Rusak

Kemungkinan penyebab HP tidak bisa dicharge adalah dari chargernya. Diagnosa ini dapat dibuktikan dengan mencoba menggunakan kabel USB atau charger lain. Jika daya tetap tidak terisi maka masalah ada pada HP. Namun jika HP terisi daya, maka masalah ada pada kabel USB atau power adapternya.

2. Port USB yang Bermasalah

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan buruk mencabut kabel USB yang sedang terhubung ke perangkat secara kasar tanpa disadari dapat menjadi penyebab HP tidak bisa dicharge. Hal ini karena dapat membuat port USB kamu error. Disarankan membawa HP ke tempat service resmi agar dapat dicek lebih lengkap.

3. Terdapat Bug pada HP

Salah satu penyebab HP tidak bisa ngecharge adalah terdapat bug pada HP. Kamu mungkin tidak menyadari telah mengunduh software atau aplikasi tertentu yang dapat menyebabkan terjadinya error atau bug pada android yang digunakan. Diperlukan aplikasi khusus untuk mendeteksi ini.

4. HP Kemasukan Air

Jika HP kamu telah jatuh ke dalam air baru-baru ini, itu dapat menjadi penyebab mengapa ponsel kamu tidak bisa dicharge. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya kamu tidak mengisi baterainya terlebih dahulu karena ditakutkan akan terjadinya konslet. Kamu harus memastikan HP dalam keadaan kering.

Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Ngecharge

Setelah kamu mengetahui masalah utama dari HP yang tidak bisa dicharge, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya untuk memperbaikinya. Berikut beberapa cara memperbaiki HP android yang tidak bisa ngecharge yang dapat dilakukan.

1. Restart HP

Cara paling mudah dan biasanya sering berhasil yang dapat dilakukan ialah mematikan HP. Hal ini dilakukan agar seluruh sistem HP yang error dapat kembali normal. Untuk sementara diamkan HP beberapa saat, kemudian hidupkan kembali. Jika cara ini tidak berhasil, lakukan cara selanjutnya.

Memulai ulang HP akan mematikan layanan latar belakang HP kamu. Melakukan restart juga dapat menyegarkan komponen inti HP kamu ketika ada salah satu dari mereka enggan melakukan tugas. Jika HP secara normal dapat mengisi daya lagi setelah direstart, maka masalah ini terpecahkan.

2. Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Terkadang masalah HP yang tidak bisa dicharge tidak selalu dari HP nya saja. Persoalan ini juga bisa terjadi karena charger yang kamu punya. Mungkin saja kabel USB kamu error karena sering terlipat sehingga tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Cara memastikannya bisa dengan memasangkan charger orang lain. Jika HP android kamu terisi penuh, maka masalahnya ada pada kabel USB atau power adapter. Sebaiknya membeli kabel USB bawaan HP yang asli agar dapat digunakan kembali tanpa resiko.

Selain itu periksa juga apakah kombinasi antara kabel USB dan power adapter yang sama bekerja di perangkat lain. Cara ini bertujuan untuk memastikan bahwa yang rusak bukan HP kamu, melainkan kabel atau chargernya. Periksa juga apakah stopkontak dindingnya berfungsi dengan baik dan tidak bermasalah.

3. Bersihkan Charging Port Secara Berkala

Selain memeriksa kabel USB, cara memperbaiki HP android yang tidak bisa ngecharge juga bisa dilakukan dengan memeriksa charging port. Sering terdapat kotoran pada charging port. Kotoran ini menjadi penyebab colokan tidak terpasang dengan baik sehingga membersihkannya secara rutin adalah solusinya.

Kebiasaan kamu menyimpan ponsel di kantong celana, tas, atau tempat terbuka yang menyebabkan debu menempel pada HP dapat membuat tidak stabilnya charging USB. Serat kain, debu, atau remahan makanan yang tersisa bisa menutupi charging port, sehingga perlu dibersihkan secara berkala.

4. Periksa Kondisi Baterai

Jika tidak ada masalah pada kondisi HP, kabel USB, power adapter, atau charging port, dan semua hal di atas ternyata bekerja dengan normal, maka penyebab HP tidak bisa ngecharge karena kondisi baterai yang sudah rusak. Disarankan untuk mengganti baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan android kamu.

Beberapa baterai yang rusak dapat dikenali secara langsung dari bentuk fisiknya. Baterai yang melembung akan membuat permukaan HP tidak rata. Sehingga ponsel dapat berputar ketika memutarnya. Ketika kamu mencurigai baterai melembung atau bocor, gantilah dengan merek yang terpercaya.

5. Update OS

Salah satu cara memperbaiki HP android yang tidak bisa ngecharge adalah dengan memperbarui sistem operasi HP. Seringkali kita mengabaikan permintaan update yang terus muncul sehingga akan mempengaruhi kinerja charging. Silakan periksa apakah ada versi OS terbaru yang perlu diinstall.

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengecek Baterai

Salah satu penyebab HP tidak bisa ngecharge adalah adanya bug atau error yang terjadi karena suatu aplikasi tertentu. Untuk mendeteksi hal ini diperlukan aplikasi khusus. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang juga berguna untuk mendeteksi kesehatan baterai.

1. Ampere

Aplikasi Ampere berfungsi untuk mengetahui apakah HP sedang mengisi daya dan berapa banyak daya yang telah terisi, mengidentifikasi arus yang ditarik saat hp sedang dicharge serta melihat metode pengisian mana yang terbaik. Aplikasi ini sangat cocok untuk masalah HP dicharge tapi dayanya tidak mengisi.

2. Repair Battery Life PRO

Aplikasi Repair Battery Life PRO ini dapat untuk mengecek baterai mulai dari suhu, sisa daya, arus dan yang lainnya. Membantu kamu melakukan perbaikan baterai agar kembali sehat, serta membantu kamu melakukan kalibrasi ulang untuk mengembalikan performa baterai.

3. Battery Life

Aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui persentase penurunan kinerja baterai. Selain itu dapat melihat berapa arus daya yang tersisa sehingga kamu dapat memperkirakan berapa lama lagi HP harus dicharge. Aplikasi Battery Life ini juga dilengkapi dengan fitur uji perangkat, clean memory, dan yang lainnya.

Penutup

Itulah beberapa cara memperbaiki HP android yang tidak bisa ngecharge yang dapat dilakukan. Selalu ingat untuk tidak mengisi daya HP di dekat air atau di kondisi yang sangat panas atau sangat lembab. Selain itu, jika akan mengganti baterai atau charger, pastikan sesuai dengan merek bawaan HP. Baca jugaCara Memperbaiki HP Masuk Air Untuk Android dan Iphone