9 Cara Memperbaiki HP Android Mati Total Sendiri dengan Mudah

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah di rumah. Berikut adalah ulasan lengkap yang bisa kamu lakukan.

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total Sendiri dengan Mudah
Cara Memperbaiki HP Android Mati Total Sendiri dengan Mudah

Keberadaan HP android memang sangat penting dalam aktivitas sehari-hari. Ketika HP mengalami kerusakan, tentunya akan sangat berdampak pada segala aktivitas yang memerlukan HP. Oleh karena itu, penting bagi pemakai HP untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki HP android mati total.

Saat HP android tiba-tiba mati total, jangan terburu-buru untuk membawanya ke servis HP. Kamu bisa melakukan perbaikannya dengan berbagai tutorial memperbaiki HP android. Agar ponsel kembali normal, maka kamu bisa melakukan berbagai langkah perbaikan sebagai berikut.

Tutorial Memperbaiki HP Android yang Mati Total

Saat HP android mengalami mati total, pertolongan pertama bisa dilakukan dengan menekan tombol power. Akan tetapi, cara ini tidak selalu berhasil. Saat mengalaminya, kamu tidak perlu panik. Hal ini karena kamu bisa melakukan perbaikan dengan berbagai langkah agar HP android bisa normal kembali.

1. Tekan Tombol Power pada HP Android

Saat HP terhubung dengan pengisi daya dan lampu indikatornya menyala, kamu bisa memperbaikinya dengan tutorial berikut.

  • Pertama, tahan tombol power antara 5 sampai 7 detik.
  • Tunggu beberapa saat untuk HP melakukan restart.
  • Terakhir, HP android pun akan kembali normal dengan ditandai masuk menu awal.

2. Periksa Baterai HP Android

Cara kedua yang bisa dilakukan saat cara yang pertama tidak membuahkan hasil, silakan memeriksa beterai HP kamu terlebih dahulu.. Kamu bisa melakukan tutorial memperbaiki HP android dengan cara memeriksa baterai sebagai berikut.

  • Mengisi Daya Baterai

Cara Memperbaiki HP Android Mati Total selanjutnya adalah dengan menghubungkan HP ke sumber pengisi daya. Lihat apakah dayanya terhubung atau tidak. Jika sudah terhubung jangan terburu untuk menekan tombol power. Tunggu beberapa saat dan pastikan apakah muncul indikasi menyala apa tidak.

  • Melihat Ikon Baterai

Saat baru saja terhubung dengan pengisi daya, biasanya akan muncul persentase pengisian daya. Jika persentasenya nol, maka sudah jelas penyebab HP andorid mati tiba-tiba adalah kehabisan daya. Maka, kamu hanya perlu mengisi daya hingga penuh kembali.

3. Memakai Charger Desktop

 

4. Mengganti Baterai HP Android

Jika HP android kamu bukan tipe baterai tanam, maka langkah mengganti baterai HP bisa dilakukan. Kamu tinggal menyiapkan baterai yang serupa dan pastikan baterainya terisi daya. Nyalakan HP dengan menekan tombol power, jika HP menyala, maka sudah jelas kamu harus mengganti baterainya.

5. Mengecek Kabel Adaptor

Setelah memastikan masalah HP android mati bukan karena tombol power dan baterainya. Langkah selanjutnya bisa kamu lakukan dengan mengecek terlebih dahulu bagaimana kondisi kabel adaptor. Cek kabel adaptor dengan menggunakannya pada perangkat lain dengan tutorial sebagai berikut:

  • Sambungkan kabel adaptor di HP android lainnya.
  • Pastikan kebersihan kabel adaptor, termasuk bersih dari debu.
  • Periksa apakah kabel adaptor dapat berfungsi atau tidak. Dari hal ini, jika perangkat tersebut dapat terhubung baik dengan adpator, maka bisa jadi masalahnya memang ada pada HP android yang kamu miliki.

6. Memeriksa Kondisi Layar HP

Ketika kamu mendapati HP android dengan baterai yang sudah penuh tapi layarnya tidak menyala setelah menekan tombol power. Maka, masalah sudah jelas ada di bagian layarnya. Lakukan langkah berikut untuk mengatasi HP andorid mati karena masalah layar.

  • Lakukan pemanggilan pada HP andorid menggunakan perangkat lain untuk mengetahui apakah berdering atau tidak.
  • Cara lain bisa kamu lakukan dengan fitur find my device yang ada di ponsel lainnya.
  • Jika HP berdering, maka sudah tentu masalah ada layar HP. Dengan demikian, kamu bisa memperbaiki dengan tutorial yang lainnya.

7. Memeriksa HP Android dengan Komputer

Setelah kamu melakukan 6 tutorial di atas, namun masalah HP andorid mati total belum diketahui. Langkah selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menghubungkan HP android dengan komputer. Kamu bisa melakukannya dengan cara-cara sebagai berikut.

  • Hubungkan HP android menggunakan kabel USB ke komputer.
  • Tunggu dalam rentang waktu 10 sampai 15 menit.
  • Lepaskan kabel USB dan biarkan selama 10 detik dan sambungkan lagi kabelnya.
  • Tunggu dalam kurun waktu 30 menit. Jika layarnya menyala dan memperlihatkan informasi daya baterai, maka cukup menunggu sampai terisi penuh.

8. Lakukan Reset Pengaturan Pabrik

Jika HP andorid kamu menyala untuk sesaat lalu mati lagi, maka kemungkinan kerusakan ada pada perangkat lunak (software). Hal ini biasanya terjadi setelah update OS ke versi yang baru. Bisa juga karena baru saja melakukan modifikasi sistem.

Cara mengatasinya dapat kamu lakukan dengan reset ke pengaturan pabrik melalui recovery mode. Saat hendak melakukan ini, sebaiknya lakukan pemindahan data penting ke memori eksternal atau langsung ke laptop.

Hal tersebut mengingat saat HP melakukan reset pabrik, semua data akan hilang dan akan kembali layaknya HP baru. Pengaturan pabrik bisa kamu lakukan dengan menekan tombol volume atas + volume bawah + tombol power secara bersamaan.

Penting untuk kamu perhatikan, bahwa kombinasi ketiga tombol tersebut tergantung pada tipe HP. Setelah itu, akan muncul berbagai menu pilihan, lalu klik reset pabrik dan tekan tombol power. Tunggu beberapa saat agar HP melakukan reset pabrik dan menyala sendiri.

9. Lakukan Flashing Ulang HP Android

Selain melakukan reset pengaturan pabrik, kamu bisa menggunakan cara alternatif flashing HP. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara flashing ulang melalui komputer ataupun laptop. Tujuan dari flashing ini untuk mengganti sistem HP Android untuk kembali normal.

Cara flashing ini memang membutuhkan keahlian, namun bukan berarti kamu tidak bisa mencobanya. Kamu bisa melihat video tutorial flashing HP android di Youtube. Saat ini sudah banyak youtuber yang secara gratis menunjukkan bagaimana langkah-langkah flashing dengan mudah.

Penutup

Dengan mengetahui dan mempraktikkan cara perbaikan HP android di atas, kamu pun jadi tahu komponen mana yang menyebabkan HP menjadi mati total. Sehingga, kamu bisa melakukan perbaikan dengan metode yang tepat dan minim risiko kerusakan yang lebih parah.

Selain mengetahui bagaimana cara memperbaikinya, penting juga untuk mengetahui berbagai sebab mengapa HP android bisa mati total. Di antaranya adalah HP yang terkena air, baterai HP habis, bug sistem, overheat, konektor HP rusak, IC power HP rusak, hingga salah memakai charger.

Itulah berbagai tutorial cara memperbaiki HP android mati total yang bisa kamu coba ketika mengalami masalah tersebut. Jika semua tutorial di atas telah dilakukan, bisa jadi mati total karena kerusakan pada bagian perangkat kerasnya. Jika itu terjadi, sebaiknya kamu bawa ke servis HP.