Cara Membuat Website dengan Cepat dan Mudah

Hampir semua orang kini memiliki website untuk berbagai kebutuhan, lalu bagaimana cara membuat website dengan mudah dan cepat?

Cara Membuat Website dengan Cepat dan Mudah

Penggunaan website kini merupakan hal yang umum dan banyak orang miliki. Cara membuat website yang mudah juga menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, tentu saja karena website memiliki banyak manfaat.

Salah satu fungsi website biasanya digunakan untuk menyebarkan banyak informasi. Hal ini baik untuk kebutuhan sendiri ataupun bisnis. Di lain sisi, penggunaan website sendiri seolah menjadi identitas di dunia digital

Bagaimana Cara Membuat Website?

Karena banyak memiliki fungsi, tentu banyak orang yang membutuhkan. Banyak orang yang mencari cara mudah membuat website. Termasuk, cara membuat website tanpa coding. Cara ini cukup populer untuk dilakukan saat ini.

Ya, saat ini sendiri Anda bahkan ada cara membuat website yang bisa Anda lakukan jika Anda tidak mengerti coding sama sekali. Nantinya, Anda akan menggunakan CMS, salah satunya adalah WordPress.

Berikut adalah cara membuat website dengan mudah:

1. Pilih Nama Domain atau URL

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika akan membuat website adalah memilih nama domain atau URL. Fungsi nama domain atau URL ini adalah menjadi alamat website yang nantinya akan Anda gunakan.

Jika dikaitkan dengan bisnis maka nama domain ini tidak bisa asal pilih. Hal ini karena nama domain juga akan berkaitan dengan branding yang nantinya akan Anda gunakan. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih nama domain ini:

  • Jangan menggunakan kata yang sulit
  • Jangan menggunakan bahasa asing
  • Buat sesingkat dan semenarik mungkin
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan simbol ataupun angka

2. Daftarkan Nama Domain Tersebut

Setelah memilih nama domain apa yang akan Anda gunakan, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan nama domain tersebut. Fungsinya adalah memastikan nama tersebut bisa digunakan.

Ketika melakukan pendaftaran ini juga akan terlihat apakah nama domain yang Anda pilih sudah ada yang memakai atau belum. Jika sudah ada, maka Anda harus memilih nama domain yang lain yang belum digunakan.

Nantinya, Anda juga akan menyewa nama domain tersebut lengkap dengan ekstensinya, seperti .com, .id, .net dan beberapa jenis ekstension domain lainnya. Untuk ekstension ini sendiri maka Anda bisa memilih yang sesuai kebutuhan.

3. Pilih Layanan Hosting

Setelah mendapatkan nama domain, maka hal selanjutnya yang Anda perlukan sebagai cara membuat website adalah memilih layanan hosting. Layanan hosting sendiri ibaratkan rumah yang akan menjadi tempat tinggal bagi website Anda nantinya.

Jika Anda mencari cara membuat website untuk toko online, maka memilih layanan hosting ini menjadi salah satu bagian penting. Layanan hosting sendiri akan berkaitan dengan bagaimana performa website Anda nantinya.

Beberapa fungsi dari layanan hosting antara lain:

  • Tempat penyimpanan data untuk website. Nantinya semua data yang berkaitan dengan website akan tersimpan di sini.
  • Membuat website selalu online dan mudah diakses.
  • Pengelolaan website menjadi mudah.
  • Menjaga keamanan website, baik dari hacker maupun malware.
  • Melakukan backup, update, maupun restore data secara otomatis.

4. Sambungkan Nama Domain dan Hosting

Jika semua sudah siap, maka cara membuat website yang selanjutnya adalah menyambungkan nama domain yang sudah Anda pilih degan hosting. Ini berfungsi untuk mengkoneksikan alamat dengan rumah yang akan Anda gunakan.

Hal ini akan Anda lakukan ketika menggunakan penyedia domain dan hosting berbeda. Jika seandainya Anda memilih menggunakan provider yang sama untuk layanan domain dan hosting, maka langkah ini bisa Anda lewati.

5. Install WordPress

Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukan coding, maka salah satu cara agar Anda bisa memiliki website adalah dengan menggunakan WordPress. Untuk itu, cara membuat website menggunakan WordPress yang pertama adalah lakukan install WordPress.

Nantinya Anda akan mengatur semua tentang Website tersebut melalui aplikasi WordPress ini. Mulai dari mengelola, mengatur postingan, penjadwalan, tampilan, dan lainnya. Aplikasi inilah yang akan membantu Anda untuk membangun website yang dibutuhkan.

6. Pilih Jenis Penggunaan WordPress

WordPress sendiri terdiri dari dua jenis. Jenis yang pertama adalah versi gratis. Anda bisa menggunakannya dengan bebas, namun karena gratis tentu saja ada banyak batasan yang akan Anda dapatkan.

Versi kedua adalah versi berbayar. Untuk kebutuhan yang lebih profesional, misalnya Anda mencari cara membuat website untuk bisnis maka versi berbayar merupakan yang harus Anda gunakan.

Versi berbayar sendiri memiliki banyak keunggulan. seperti:

  • Lebih bebas dalam melakukan pengaturan
  • Bisa dioptimalisasi SEO
  • Bisa menggunakan banyak plugin

7. Pilih Tema untuk Website

Hal lainnya yang juga perlu Anda lakukan sebagai cara membuat website adalah memilih tema untuk website. Tema ini sendiri akan berhubungan dengan desain dan tampilan yang nantinya akan tampil di website.

Jika Anda membuat website untuk kebutuhan bisnis, maka masalah tema ini tentu saja tidak bisa asal pilih. Nantinya, masalah tema ini juga akan berkaitan dengan branding bisnis Anda. Selain itu, tema ini juga akan dilihat oleh banyak orang nantinya.

Jika Anda menggunakan versi WordPress berbayar maka Anda punya banyak pilihan untuk menggunakan tema ini. Sementara pada versi gratis, tentu tidak semua tema yang ada bisa Anda gunakan.

8. Lakukan Konfigurasi Website

Setelah memilih tema yang akan Anda gunakan, maka cara membuat website selanjutnya adalah melakukan konfigurasi website. Masalah konfigurasi in juga akan berkaitan dengan tata letak dan desain.

Nantinya, Anda akan mengatur mulai dari tata letak menu, navigasi, bentuk layout website, dan lainnya. Selain itu, Anda juga akan mengatur desain yang akan digunakan pada website yang Anda buat.

Masalah konfigurasi ini sendiri akan berkaitan dengan UI dan UX bagi pengunjung. Oleh sebab itu, Anda juga perlu memperhatikan masalah konfigurasi ini. Setidaknya, buatlah konfigurasi website yang memudahkan pengunjung nantinya.

9. Mulai Isi Website dengan Konten

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebagai cara membuat website adalah mulai mengisi dengan konten. Ada banyak tipe konten yang bisa Anda masukan ke sini. Mulai dari artikel ataupun video.

Atau mungkin jika Anda membuat website untuk kebutuhan bisnis, maka Anda bisa mulai memasukan barang-barang yang akan Anda jual. Pastikan konten yang akan Anda masukan ini cukup menarik dan tidak membosankan.

10. Optimalisasi Website

Setelah semuanya jadi, dan website sudah bisa Anda gunakan, maka langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melakukan optimalisasi. Tujuannya adalah menaikan performa website Anda.

Salah satu bentuk optimalisasi yang akan Anda perlukan adalah SEO. Dengan cara ini nantinya konten yang Anda buat akan mudah untuk ditemukan. SEO ini juga akan menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat website Anda di mesin pencari.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan optimalisasi ini. Satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan plugin. Untuk pluginnya sendiri ada banyak yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Mudah Bukan untuk Membuat Website?

Meskipun tidak memiliki kemampuan untuk melakukan coding, namun hal tersebut bukanlah halangan untuk bisa membuat website. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat website ini, salah satunya adalah WordPress.

Selain itu, karena fungsi dan manfaatnya yang sangat banyak maka memiliki website seolah menjadi hal yang wajib untuk banyak orang saat ini. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang mencari cara membuat website dengan mudah. Baca jugaCara Membuat Aplikasi Android Secara Online Melalui Website