Cara Membuat Titik Lokasi Usaha Di Google Maps

Jika kamu adalah seorang pebisnis wajib untuk tahu cara menambahkan titik lokasi usaha di Google Maps, begini caranya!

Cara Membuat Titik Lokasi Usaha Di Google Maps

Perkembangan teknologi sekarang ini terus meningkat tajam. Hal ini menjadikan semuanya lebih mudah untuk diakses. Salah satunya adalah kemudahan mengakses alamat dengan Google Maps.

Dengan Google Maps banyak orang mencari alamat tujuan menggunakan peta yang tersedia. Semuanya lengkap dan dapat membantu siapapun khususnya untuk dunia bisnis. Sehingga banyak juga orang mencari cara membuat titik lokasi usaha di Google Maps.

Apa Itu Google Maps?

Cara Membuat Titik Lokasi Usaha Di Google Maps

Bagi sebagian orang mungkin sudah cukup familiar dengan Google Maps. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk menyediakan layanan peta dengan berbagai fitur dan fungsi tersendiri. Sehingga banyak orang mengandalkan aplikasi peta ini untuk mencari alamat tertentu.

Google Maps sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Google. Perusahaan ini memang bergerak di bidang teknologi smartphone dan internet.

Google Maps dapat menampilkan berbagai lokasi serta kemacetan di seluruh dunia. Bahkan kamu sendiri pun dapat melihat bentuk bumi secara keseluruhan. Berbagai alamat tersedia secara detail baik itu terkait jalur lalu lintasnya hingga estimasi lama perjalanan menuju alamat tersebut.

Cara Membuat Titik Lokasi Usaha di Google Maps

Cara Membuat Titik Lokasi Usaha Di Google Maps

Untuk kamu yang memiliki usaha dan ingin alamat usahanya terdaftar di Google Maps, dapat membuat titik lokasi usaha sendiri. Caranya juga sangat mudah dan simple, silakan ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Langkah pertama silakan buka aplikasi Google Maps di ponsel Android ataupun iPhone.
  2. Kemudian silakan pilih opsi ‘Menu’ dengan icon garis tiga yang terletak di sudut kiri bagian atas.
  3. Langkah selanjutnya kamu dapat mengklik opsi ‘Your Place’ kemudian klik ‘Maps Tab’.
  4. Kamu dapat mengklik opsi ‘Create Map Button’ untuk menandai lokasi tertentu.
  5. Kamu nantinya akan diarahkan pada halaman pembuatan peta, silakan klik icon ‘Marker’ atau ‘menandai lokasi’.
  6. Kamu perlu menyesuaikan titik rumah dengan alamat lokasi pada peta.
  7. Setelah membuat penanda untuk lokasi usaha, kamu dapat menambahkan deskripsi ataupun informasi tentang alamat tersebut.
  8. Setelah itu silakan untuk mengikuti beberapa petunjuk pada layar untuk menyelesaikannya.

Pentingnya Membuat Lokasi Usaha Pada Google Maps

Cara Membuat Titik Lokasi Usaha Di Google Maps

Sebagai pengusaha tentu kamu menginginkan jika lokasi usaha dapat ditemukan dengan mudah oleh pengunjung. Ini menjadi satu alasan yang sangat penting mengapa alamat usaha kamu harus ada di Google Maps.

Karena tidak semua orang mengenali rute perjalanan pada daerah tertentu. Sehingga ini akan menyulitkan mereka ketika ingin datang ke lokasi usaha kamu.

Dengan adanya penanda usaha di Google Maps, pengunjung akan lebih mudah datang menemukan lokasi usaha. Sehingga akhirnya ini juga dapat meningkatkan prospek dan keuntungan pada sebuah bisnis.

Sebenarnya tidak hanya bagi pelaku bisnis, pengguna umum pun dapat menambahkan lokasi atau alamatnya sendiri. Contohnya adalah alamat kantor, rumah, kampus, rumah sakit dan lain sebagainya.

Bagi driver ojek online ataupun taksi online sangat mengandalkan aplikasi Google Maps ini. Dengan aplikasi peta ini mereka dapat dengan mudah menemukan berbagai titik lokasi penjemputan serta pengantaran customer.

Begitupun jika usaha kamu bergerak di bidang makanan juga wajib memasukkan titik lokasi pada Google Maps. Selain untuk memudahkan konsumen menemukan usaha kamu, ini juga bisa menjadi sarana untuk promosi.

Fitur yang Terdapat Pada Peta Google Maps

Teknologi dan internet berkembang pesat dan menjadikannya bagian penting dari kehidupan manusia. Begitupun dengan Google Maps menjadi aplikasi peta yang sangat diandalkan. Beberapa fitur dari Google Maps adalah sebagai berikut:

  1. Menambahkan lokasi pribadi pada peta
  2. Local guide yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna
  3. Terdapat fitur untuk reservasi restoran tanpa harus antri terlebih dahulu
  4. Peta dapat diperbesar dan diperkecil untuk memudahkan penggunaannya
  5. Peta dapat diakses secara offline tanpa menggunakan kuota internet
  6. Berbagi lokasi secara real-time dengan mudah
  7. Melihat kembali berbagai lokasi yang pernah dikunjungi melalui Google Maps

Apa Saja Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Google Maps

Google Maps hadir dengan berbagai fitur yang telah kita sebutkan di atas. Selain itu penggunaan dan kemanfaatan Google Map sangatlah luas. Aplikasi ini dapat membantu siapapun untuk dengan mudah menemukan sebuah lokasi.

Sebagai pengguna kamu hanya perlu mengikuti arahan petunjuk pada peta Maps. Nantinya Google Maps akan memberitahukan secara rinci rute dan estimasi waktu tempuhnya.

Google Maps juga didesain secara otomatis untuk mengarahkan pengguna sesuai dengan mode transportasi yang dipilih. Contohnya adalah mode transportasi motor ataupun mobil, dimana kedua hal tersebut memiliki jalur dan rute yang berbeda.

Selain itu terdapat juga voice yang mengarahkan kamu secara real time untuk belok kanan, belok kiri dan lain sebagainya. Ini hadir untuk memudahkan pengguna dalam memakai aplikasi peta Google Maps.

Sekarang ini Google Maps telah memiliki fitur untuk melihat informasi terkait kemacetan dan traffic di sebuah jalan. Bagi kamu yang tinggal di kota besar ini pastinya akan membantu untuk menghindari jalur-jalur yang sedang macet.

Kelebihan Google Maps

Ilustrasi Google Maps

Selain dapat menambah dan membuat titik lokasi usaha di Google Maps, aplikasi ini juga memiliki berbagai kelebihan. Ini pastinya akan memberikan keuntungan bagi banyak pengguna di seluruh dunia, diantara kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memetakan Lokasi Terpencil

Tidak banyak aplikasi yang dapat memetakan lokasi terpencil yang susah untuk terjangkau. Namun Google Maps hadir untuk mendobrak permasalahan tersebut.

Berbagai lokasi dapat diakses dengan mudah pada Google Maps. Bahkan jika lokasi tersebut susah untuk terjangkau. Contohnya adalah di pedesaan ataupun pedalaman yang terpencil.

2. Dapat Menampilkan Kondisi Lalu Lintas

Di sebagian jalanan tentu kondisi lalu lintas sangat tidak menentu. Terkadang ada waktu-waktu di mana jalanan akan macet dan penuh dengan kendaraan. Ini pastinya akan menyulitkan banyak orang untuk melalui jalan tersebut.

Nah kelebihan dari fitur Google Maps ini adalah mampu menampilkan kondisi lalu lintas tertentu. Sehingga untuk kamu yang sedang bepergian dapat melihat Google Maps untuk menghindari jalanan yang macet.

3. Dapat Digunakan Secara Offline

Tidak semua orang dapat terhubung secara real-time dengan internet. Karena itu jika mengandalkan peta online pastinya akan mengalami masalah pada kondisi tertentu.

Namun jika menggunakan peta dari Google Maps ini, kamu dapat mengaksesnya secara offline tanpa membutuhkan kuota internet. Sehingga ketika kamu berada di lokasi yang jauh dari sinyal provider, peta Maps dapat diakses dengan mudah.

4. Dapat Menambahkan Lokasi Pribadi

Sebagaimana yang telah disebutkan pada pembahasan di atas di mana Google Maps memiliki fitur untuk menambahkan lokasi pribadi. Kamu dapat menambahkan lokasi usaha, alamat rumah, alamat kantor dan lain sebagainya.

Sehingga ketika ingin menunjukkan sebuah alamat, kamu dapat dengan mudah mengirim alamat lokasi menggunakan peta. Ini juga dapat disinkronkan dengan aplikasi WhatsApp untuk mengirim pesan.

Penutup

Cara membuat titik lokasi usaha di Google Maps telah kita bahas secara detail. Kamu dapat menggunakan tutorial tersebut untuk memasukkan lokasi usaha agar mudah ditemukan oleh pengunjung.

Diharapkan hal ini dapat meningkatkan prospek dan penjualan pada bisnis anda. Selain itu Google Maps juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan lain. Selamat mencoba!