Cara Membuat dan Mengganti Nada Dering WA dengan Mudah

Anda bosan dengan nada dering WA bawaan? Jangan khawatir, di sini tempat paling tepat untuk Anda bisa membuat sekaligus mengganti dengan sangat mudah.

Cara Membuat dan Mengganti Nada Dering WA dengan Mudah

Nada dering WA pada aplikasi tersebut berfungsi sebagai pemberitahuan jika terdapat pesan atau panggilan masuk termasuk membedakan notifikasi satu kontak dengan kontak lainnya. Walaupun pada dasarnya, aplikasi WA dibekali dengan nada dering bawaan.

Akan tetapi, jika Anda sudah merasa bosan dan ingin mengganti dengan yang lebih menarik lagi. Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara yang sangat mudah, caranya dapat dilakukan dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Cara Membuat Nada Dering WA Tanpa Aplikasi

Sebuah hal yang menarik bukan jika Anda mempunyai nada dering WA keren yang menggunakan sapaan nama? Hal tersebut bisa terwujud dengan beberapa langkah yang bisa dilakukan di bawah sebagai berikut.

1. Membuka Situs

Langkah pertama untuk membuat nada dering WA langsung saja dengan membuka situs yang menyediakan fitur atau fasilitas nada dering, salah satunya https://soundoftext.com/. Situs ini bisa digunakan untuk membuat nada dering dengan menyebutkan nama sendiri.

2. Masuk Halaman Utama

Setelah Anda berhasil masuk pada halaman situs tersebut, maka akan disuguhkan halaman utama yang menyediakan sebuah kolom bertuliskan teks dan voice. Untuk melanjutkan proses membuat nada dering WhatsApp sebut nama ke dalam kolom text tersebut.

Di mana kalimat yang terisi di dalam teks akan bisa mengeluarkan suara sesuai kalimat teks yang tertulis. Sedangkan untuk kolom voice Anda bisa gunakan untuk menentukan suara yang akan dikeluarkan sesuai dengan bahasa yang dipilih.

3. Pengeditan

Jika langkah kedua untuk membuat nada dering WA sudah dilakukan dengan sangat sempurna, artinya Anda bisa langsung melanjutkan ke langkah submit. Dengan menekan submit tersebut, maka hasil suara akan ditampilkan pada halaman itu pula.

4. Selesai

Tunggu beberapa saat hingga proses submit berhasil. Jika sudah Anda bisa melakukan scroll sedikit ke bawah, karena pada posisi bawah tersebutlah akan muncul sebuah ulasan suara yang sudah Anda buat sebelumnya.

Sebelum melakukan pengunduhan, Anda bisa mendengar terlebih dahulu hasilnya. Jika memang sekiranya sudah sesuai dengan keinginan masing-masing, tinggal lakukan proses unduh dengan menekan tombol download nada dering WhatsApp secara otomatis hasil tersimpan.

Cara Membuat Nada Dering WA dengan Aplikasi

Jika Anda merasa kurang puas dengan hasil membuat nada dering WhatsApp tanpa aplikasi, bisa juga membuat nada dering aplikasi WA dengan aplikasi. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan dengan mudah untuk membuat nada dering untuk aplikasi WA Anda.

1. Download Aplikasi

Cara membuat nada dering pertama jelas dimulai dari menginstal aplikasi tersebut, aplikasi yang direkomendasikan untuk pengguna Android bernama Shouter. Sehingga, Anda bisa mendownloadnya secara langsung pada Play Store masing-masing.

2. Install Aplikasi

Cara membuat nada dering setelah berhasil melakukan langkah download bisa langsung install aplikasi Shouter tersebut. Nantinya akan muncul sebuah notification access important needed, Anda bisa memilih “ya” untuk mengizinkan akses aplikasi tersebut.

3. Membuat Nada Dering

Cara selanjutnya untuk membuat nada dering WA lucu yaitu dengan membuka aplikasi yang sudah berhasil terpasang di ponsel Anda. Jangan lupa untuk segera pilih menu App Notification yang berada di bagian bawah aplikasi tersebut.

Lakukan pencentangan pada kotak yang tersedia dengan cara centang tulisan enable, dan dilanjutkan dengan menekan menu Select Apps guna memilih aplikasi yang akan menggunakan notifikasi dari Shouter.

Anda bisa melakukan scroll sampai bawah hingga menemukan aplikasi WhatsApp pada daftar select Apps tersebut. Setelah itu, lanjutkan untuk memberi centang pada kotak yang berada di samping aplikasi WhatsApp tersebut.

4. Selesai

Sampai tahap ketiga Anda sudah bisa menikmati nada dering WhatsApp yang akan menyebutkan nama kontak pengiriman pesan masuk pada aplikasi tersebut. Guna menyesuaikannya bisa melakukan pengaturan di menu app Notifikasi, lalu pilih Voice Setting.

Cara Mengganti Nada Dering WA dengan Mudah

Anda bisa mengganti nada dering dengan kumpulan nada dering WhatsApp yang dimiliki, atau bisa juga dengan potongan lagu yang akan lebih menghidupkan suasana ponselnya. Sehingga, tidak hanya menggunakan pengaturan default milik WhatsApp saja.

  • Langkah pertama bisa dimulai dengan membuka aplikasi WhatsApp pada masing-masing ponsel sesuai akunnya.
  • Lanjutkan untuk menekan atau klik sebuah ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, jangan segera pergi karena Anda bisa langsung memilih setelan atau pengaturan.
  • Kemudian bisa pilih menu notifikasi yang digambarkan dengan tanda atau ikon lonceng, ditambah adanya penjelasan keterangan pesan, group dan nada dering panggilan.
  • Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengganti nada dering WA pendek chat, maka pilih menu nada notifikasi pada kolom pesan.
  • Sementara untuk mengganti nada dering chat grup, Anda bisa langsung memilih menu nada notifikasi pada kolom Group.
  • Terakhir, untuk mengganti nada dering panggilan bisa memilih menu nada dering pada kolom panggilan.
  • Setelah semua berhasil diganti dengan nada dering pilihan masing-masing yang sesuai keinginan, Anda bisa mengkonfirmasi dengan menekan persetujuan oke.
  • Selesai, tunggu hasilnya hingga panggilan, chat WA atau grup masuk satu persatu.

Penutup

Sudah memuaskan hati Anda yang merasa bosan dengan nada dering WA itu-itu saja bukan? Anda bisa berkreasi sesuai dengan kreatifitas masing-masing untuk lebih memberikan sentuhan menarik dan terawat pada aplikasi WhatsApp tersebut. Baca juga Cara Copy WhatsApp dari Android ke iPhone