Cara Membuat CV dengan Aplikasi Pembuat CV Gratis : Canva

Aplikasi pembuat CV gratis adalah aplikasi yang paling dicari oleh pencari kerja saat ini di karenakan kemudahan aksesnya.

Cara Membuat CV Yang Menarik Dengan Aplikasi Pembuat CV Gratis : Canva
Canva (Apple)

Karena keterbatasan keterampilan, tidak semua orang dapat membuat CV yang menarik, maka dari itu ada banyak aplikasi pembuat CV gratis baik secara online maupun offline yang dapat Anda gunakan saat ini.

Untuk mengakses aplikasi pembuat CV online gratis Bahasa Indonesia ini, Anda hanya membutuhkan handphone atau laptop dan koneksi internet saja lalu setelah mengetahui caranya, Anda dapat membuat CV menarik sesuai keinginan Anda.

Pembuat CV Gratis Canva Serta Tutorial Lengkapnya

Ada berbagai langkah yang harus diikuti saat membuat resume di aplikasi pembuat CV gratis di Canva. Dengan mengikuti prosedur ini, Anda dapat dengan mudah membuat CV yang menarik untuk melamar pekerjaan.

1. Buat akun

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat CV pada aplikasi pembuat CV gratis di Canva adalah membuat akun. Mengutip dari situs bantuan resmi Canva, berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs web resmi aplikasi membuat CV online Canva
  • Silakan masukkan nama lengkap Anda
  • Silakan masukkan pekerjaan Anda saat ini
  • Pilih daftar menggunakan salah satu dari tiga akun : Facebook, Google, Email
  • Jika Anda menggunakan Facebook atau Google, izinkan Canva mengakses akun Anda
  • Jika Anda menggunakan email, harap masukkan detail yang diperlukan
  • Klik [Daftar]
  • Buka email Anda dan konfirmasi akun Anda
  • Pembuatan akun selesai

2. Pilih Menu Untuk Melanjutkan

Setelah memiliki akun, langkah selanjutnya adalah memilih menu pada aplikasi pembuat CV gratis Canva. Cara menemukan daftar ini adalah dengan memasukkan kata “CV” pada bilah pencarian yang tersedia di situs web Canva.

Selanjutnya ada menu pembuatan CV. Klik menu untuk mulai membuat CV yang menarik di Canva. Canva menyatakan bahwa fitur yang disediakannya adalah pembuatan resume, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat CV.

3. Buat CV

Langkah inti berikutnya pada aplikasi pembuat CV gratis di Canva adalah membuat resume. Bahkan, Anda dapat memilih dari berbagai template desain CV yang sudah disediakan oleh Canva.

Anda juga dapat mengubah gambar, font, dan warna template CV. Namun, jika Anda ingin membuat CV sesuai kemauan Anda, Anda bisa. Anda dapat membuat CV menarik dari awal dengan aplikasi pembuat CV gratis di laptop atau hp Canva:

  • Ubah Latar Belakang

Pilih menu menuju halaman kertas kosong. Anda dapat mengubah warna kertas sesuai keinginan Anda dengan memilih menu form di sisi kiri. Ada berbagai latar belakang yang ditawarkan. Anda dapat mengklik menu unduh dan memilih warna Anda sendiri.

  • Masukkan Elemen

Langkah selanjutnya dalam aplikasi pembuat CV gratis adalah menambahkan elemen ke CV Anda. Elemen Canva adalah berbagai bentuk, gambar, atau elemen grafis lainnya yang dapat menyempurnakan CV Anda.

Misalnya, bentuk lingkaran atau segitiga yang posisinya bisa diatur agar CV terlihat lebih menarik. Anda dapat menambahkan elemen font untuk menambahkan batas ke berbagai bagian CV Anda, yang membuatnya terlihat lebih baik.

Cara memasukkan item adalah dengan memilih daftar item di sebelah kiri. Jika ingin menyertakan gambar, pilih Daftar Gambar. Di sisi lain, jika ingin menambahkan bentuk atau garis, pilih menu Grafik.

Anda dapat menemukan semuanya dengan memilih opsi Lainnya di kolom kiri layar. Anda dapat menyesuaikan ukuran, warna, dan posisi gambar, bentuk, dan font yang ingin disertakan dalam CV.

Ada banyak item yang bisa Anda gunakan secara gratis di aplikasi pembuat CV gratis Canva. Namun, jika Anda memilih item berbayar, Anda dapat membelinya seharga $1 per penggunaan.

  • Buat Pembuka CV

Setelah membuat item pada contoh CV, Anda bisa mulai menulis isi CV. Item pertama yang dimasukkan adalah bagian judul atau header. Klik menu teks di sisi kiri layar. Kemudian pilih Tambah Daftar Alamat.

Silakan masukkan nama dan jabatan di alamat ini. Misalnya, “Mr. X, Pakar Pemasaran Digital”. Jika judul terlalu besar atau pada posisi yang salah, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan.

Di bagian atas layar terdapat menu untuk mengubah font, ukuran jenis, warna teks, dan lainnya. Isi profil profesional Anda. Profil profesional Canva adalah satu atau dua kalimat yang ditulis atas nama sebagai gambaran karir.

Kemudian pilih menu Tambah Subtitle. Silakan isi teks pengantar singkat di-resume Anda. Misalnya, “Tuan X telah lulus dari Universitas A dengan program pembelajaran B dan memiliki pengalaman N tahun dalam pemasaran digital.”

  • Buat Isi CV

Setelah mendesain dan menempatkan semua elemen visual, Anda dapat mulai mengisi CV. Isi CV ini di menu teks di sisi kiri layar. Kemudian pilih Add A little dari menu teks di body yang muncul.

Silakan isi informasi kontak dan pengalaman kerja terkait dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar. Anda juga dapat mengubah font, ukuran, warna, dll. di bagian atas layar.

Ingat, hindari berbagai kesalahan dalam penulisan CV yang bisa mengurangi daya tawar Anda, oke! Anda juga dapat mengunggah berbagai gambar, seperti logo perusahaan, untuk membuat resume Anda terlihat lebih menarik.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat CV menjadi lebih menarik pada aplikasi pembuat CV gratis Canva yaitu adalah dengan memilih daftar unduhan di sisi kiri layar. File gambar dapat diunggah dalam format JPG, PNG, atau SVG.

  • Selesaikan CV Anda

Anda dapat menggunakan fitur pengelompokan pada aplikasi membuat CV ATS Friendly untuk mempercantik CV. Cara menggunakannya adalah dengan memilih item atau posting yang berbeda untuk dikelompokkan.

Kemudian ketuk menu grup di sudut kanan atas layar. Misalnya, Anda ingin membuat judul dan profil profesional di bagian atas grup agar lebih mudah mengatur CV Anda. Pastikan posisi, warna, dan ukuran elemen dan teks diatur secara proporsional.

  • Simpan dan Bagikan CV Anda

Setelah membuat CV pada aplikasi pembuat CV gratis, Anda dapat menyimpannya. Canva menyediakan fitur unduh CV dalam format JPG dan PDF. Untuk mengunduh CV Anda di Canva, klik tombol panah bawah di kanan atas layar.

Anda kemudian dapat mengklik langsung pada opsi unduhan di bagian bawah kolom. Pastikan untuk mengubah jenis file ke pencetakan PDF sebelum mengunduh. Format dokumen sangat bagus untuk mengirim dan mencetak email rekrutmen.

Anda juga dapat membagikan CV secara langsung melalui saluran digital seperti media sosial dan email. Canva juga memiliki kemampuan bagi teman dan keluarga untuk membagikan pandangan mereka tentang CV mereka.

Langkah terakhir, Klik tombol bagikan dan masukkan alamat email teman dan keluarga Anda di kolom yang tersedia. Setelah selesai, klik Kirim untuk mengirimkan CV Anda.

Penutup

Demikian pembahasan lengkap mengenai aplikasi pembuat CV gratis serta langkah-langkah membuatnya di aplikasi Canva. Segera buat CV Anda sebaik mungkin agar perekrut bisa segera menotice Anda. Baca jugaEdit Grafis Nama Kamu dengan 10 Aplikasi Ini, Estetik dan Keren!