Cara Memanfaatkan HP Android Lama, Jadi CCTV Hingga Remote

Produksi HP android atau ponsel terus mengalami perkembangan. Ada beberapa cara memanfaatkan HP Android lama yang bisa Anda lakukan sebagai berikut.

Cara Memanfaatkan HP Android Lama, Jadi CCTV Hingga Remote
Foto : https://www.flickr.com/photos/avlxyz/3062867240

Hadirnya HP android baru memang terkadang membuat kita terburu-buru untuk segera menjual HP Android lama meski dengan harga yang murah. Jika Anda lebih kreatif dalam cara memanfaatkan HP Android lama, ponsel pintar tua punyamu bisa digunakan kembali.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan HP Android lama?. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi dan berkirim pesan instan, HP Android bisa digunakan sebagai pengganti modem, GPS, remote TV, dll. Berikut tips kreatif memanfaatkan HP Android lama Anda.

Cara Memanfaatkan HP Android Lama dari Komponen Bekas

Cara Memanfaatkan HP Android Lama, Jadi CCTV Hingga Remote

Beragam komponen canggih dimiliki oleh setiap handphone android, termasuk HP android keluaran lama. Setiap komponen tersebut memiliki manfaat beragam dan dapat menggantikan sementara peran perangkat lainnya. Berikut pemanfaatan komponen HP android.

1. Diagnosa mobil PLX kiwi

Mobil saat ini dapat menampilkan informasi mengenai kondisi mobil, kecepatan dan lainnya. Untuk dapat melihat informasi lebih detail, Anda dapat memanfaatkan android jadul dengan menggunakan teknologi komputerisasi di mobil yang disebut port OBD II.

Caranya, install aplikasi yang disebut DashCommand dan PLX Devices’ Kiwi. Pasang Kiwi ke port OBD II dan HP Android. Anda akan mendapatkan Informasi secara real-time seperti suhu kendaraan, kondisi dan status mesin dan hal lainnya dapat dipantau dengan mudah.

2. Konsol game jadul

Hubungkan secara mudah perangkat Android lama dengan televisi hanya melalui Chromecast dari kabel HDMI. Anda dapat mendownload banyak pilihan emulator untuk konsol game klasik. Mulai dari Super Nintendo hingga Sega Genesis di HP Android lama.

Anda juga bisa memasangkan atau mengkoneksikan konsol game bluetooth dengan perangkat Android, lalu menikmatinya. Kontroler Playstation juga bekerja dengan baik menggunakan perangkat Android.

3. Desktop komputer

Hubungkan HP android lama Anda dengan Desktop komputer. Instal sistem operasi Linux atau Debian di perangkat Anda agar bisa terhubung ke monitor desktop. Anda kemudian dapat menghubungkannya melalui mouse atau keyboard Bluetooth.

4. Alat gym & wifi extender

Menggunakan cara memanfaatkan HP Android lama dengan memformat HP Android Anda. Kemudian memanfaatkan perangkat ini sebagai pengganti Mp3 Player untuk menemani latihan Anda. Pemasangan fitness tracer juga bisa dilakukan sebagai manfaat tambahan HP lama.

Untuk apa Anda membeli wifi extender? Anda dapat menggunakan HP android lama sebagai pengganti Wifi Extender. Aplikasi ini akan mengambil sinyal dan mengulanginya. Anda perlu untuk melakukan Rooting di perangkat android.

5. GPS mobil

Tanpa harus memasang atau menambahkan GPS unit di mobil, Anda cukup menggunakan ponsel lama. Cukup dengan menyiapkan jaringan koneksi, dan download beragam aplikasi yang dapat menggantikan GPS Unit. Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan.

6. Gunakan sebagai senjata darurat

Menjaga handphone lama Anda untuk tetap bisa terkoneksi dengan jaringan layanan aktif. Gunakan sebagai telepon darurat Anda untuk menghubungi pihak yang menangani hal darurat atau keluarga terdekat. Manfaat yang cukup berguna bukan?.

7. Remote PC

Kini Anda bisa dengan cara memanfaatkan HP Android lama. Anda dapat menggunakan ponsel pintar sebagai remote control. Pertama, download aplikasi Mobile Mouse Lite (RPA Technology) dan download software tambahan untuk tersambung dengan PC Anda.

Selanjutnya, pastikan HP Android dan PC harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama. Dengan menggunakan aplikasi Mobile Mouse Lite, Anda dapat menggunakan HP Android sebagai mouse, keyboard, universal remote dan sebagai pengontrol presentasi.

8. Backup dan penyimpanan data sementara

Apabila Anda adalah orang yang hobi hunting foto, maka bisa memanfaatkan HP Android lama untuk alat penyimpanan data sementara. Manfaatkan HP Android lama, Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa laptop ketika hendak melakukan backup data dari kamera.

9. Router nirkabel

Setiap HP Android biasanya dilengkapi dengan kemampuan WiFi, Anda bisa memanfaatkan WiFi hotspot yang tersemat dalam perangkat HP Android yang dimiliki untuk mengakses internet melalui berbagai perangkat lain seperti PC, laptop, tablet ataupun HP Android baru lainya.

10. Media player di TV

HP Android-mu dilengkapi lubang kabel untuk TV via MHL atau HDMI? Sekarang nikmati video di ponselmu melalui layar TV. Pertama, pastikan dulu HP Android memiliki memori berkapasitas tinggi kami sarankan 32/64GB tergantung budget dan kapasitasnya

Koneksikan TV dan HP Android menggunakan kabel MHL atau HDMI. Sambungkan HP Anda dengan charger agar bisa bertahan. Anda juga dapat melakukan streaming secara nirkabel melalui DLNA atau Miracast jika HP Android dan TV mu dilengkapi fitur yang mendukung.

Cara Memanfaatkan HP Android Lama Sebagai Kamera

Cara Memanfaatkan HP Android Lama, Jadi CCTV Hingga Remote
Foto : https://www.flickr.com/photos/26344495@N05/51183243385/in/photostream/

Dipasangkannya kamera di HP canggih saat ini ternyata memiliki fungsi lain jika dimanfaatkan dengan maksimal. Mulai dari menggantikan CCTV hingga bisa berguna sebagai pengganti sementara terminal video chat dan action cam, berikut penjelasannya.

1. Gunakan ponsel lama sebagai terminal video chat

Daripada membeli perangkat baru Anda bisa memanfaatkannya sebagai perangkat video chat. Dengan memanfaatkan aplikasi video chat, HP lama hanya khusus digunakan untuk kebutuhan Anda. Cukup koneksikan dengan Wifi, tanpa kartu SIM jaringan aktif di ponsel Anda.

2. Jadikan CCTV pemantau bayi dan DIY action-cam

Penghematan dengan memanfaatkan HP android lama bisa menjadi solusi untuk memantau bayi. Cukup dengan cara memanfaatkan HP Android lama Anda menjadi CCTV pemantau bayi. Unduh aplikasi pemantau bayi lalu letakkan di dekat tempat tidur bayi.

Dengan aplikasi ini Anda dapat menyambungkan kedua HP. CCTV HP android lama Anda dapat memantau pergerakan bayi, kapanpun. Tanpa harus khawatir, Anda dapat melanjutkan aktivitas keseharian.

Menjadikan HP lama sebagai DIY action-cam bisa jadi salah satu cara memanfaatkan HP bekas. Action cam rata-rata dijual dengan harga tinggi. Ponsel lama Anda dapat merekam video HD bahkan bisa meningkat menjadi video POV.

Tanpa harus merogoh kocek tinggi, dengan memanfaatkan perangkat yang ada Anda bisa menikmati sensasi yang hampir mendekati sama dengan perangkat aslinya. Dengan kreatifitas yang tinggi Anda mendapatkan manfaat yang sangat banyak untuk kebutuhan Anda sementara.

3. Kamera pengaman

Banyak modifikasi yang bisa dilakukan dengan berbagai jenis komponen, fitur dan aplikasi yang tersedia. Menjadikannya sebagai pemutar music, router extender wifi, hingga kamera pemantau atau CCTV.

Ubah menjadi kamera pengaman yang terkoneksi dengan wifi. Cukup melalui aplikasi berbasis web cloud, Anda sudah dapat merubah HP menjadi kamera pengaman. Cukup download aplikasi IP webcam di HP lama.

Penutup

Cukup menarik bukan, dengan segudang manfaat, Anda dapat berhemat tapi tetap memenuhi keinginan Anda. Jadi tanpa harus membuang atau menjual handphone android lama. HP android lama Anda bisa dimanfaatkan menjadi banyak hal kreatif di sekitar Anda.

Nah, demikian info tentang tips kreatif cara memanfaatkan HP Android lama. Dengan berbagai eksperimen yang bisa dilakukan, ponsel pintar atau HP android dapat digunakan sebagai pengganti berbagai kebutuhan untuk keperluan Anda. Menarik bukan!!! Baca juga Cara Memperbaiki HP Masuk Air Untuk Android dan Iphone