Cara Kerja Affiliate Marketing dan Tips Sukses Menjalankannya

Cara kerja affiliate marketing cukup sederhana, Anda menemukan produk yang menarik, memasarkannya dan jika berhasil mendatangkan prospek, Anda dapat komisi.

Cara Kerja Affiliate Marketing dan Tips Sukses Menjalankannya

Apakah Anda tahu, ada banyak cara untuk menghasilkan uang di internet, mulai dari jualan online, menjadi blogger, vlogger, youtuber hingga affiliate marketing. Pada artikel ini, kita akan membahas salah satunya yaitu bagaimana cara kerja affiliate marketing. 

Affiliate marketing sendiri saat ini merupakan salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang di internet. Tentu saja karena caranya yang cukup sederhana, mudah, dan potensi pendapatannya yang sangat besar. 

Apa Itu Affiliate Marketing?

Prinsip kerja dari afiliasi ini adalah penjualan yang berbasis komisi. Contoh affiliate marketing sederhananya adalah jika Anda berhasil menjual produk atau jasa, Anda secara otomatis akan menerima uang atau komisi dari penjualan produk tersebut.

Jadi, pengertian affiliate marketing adalah sistem bisnis yang membayar seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa dari perusahaan yang menyediakan produk atau jasa tersebut. Dengan kata lain, Anda memperoleh penghasilan dengan memasarkan produk orang lain.  

Keunggulan Dari Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing sebenarnya sangat sederhana dan siapapun bisa melakukannya. Sehingga jika dibandingkan dengan bisnis online lainnya hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Anda jika tertarik untuk menjadi seorang affiliate marketer.

Berikut beberapa keunggulan dari affiliate marketing:

  • Modal Minim Atau Bisa Tanpa Modal

Penyedia program affiliate marketing ada dua macam. Yang pertama adalah perusahaan yang tidak mengharuskan Anda membeli produk perusahaan sebagai syarat untuk mendaftar ke program afiliasi mereka. Yang kedua, Anda harus membeli produknya dulu sebelum mendaftar jadi afiliasi.

Jika ingin bergabung dengan program afiliasi bisnis jenis kedua, Anda harus memilih produk yang benar-benar Anda butuhkan. Dengan cara kerja affiliate marketing seperti ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda sambil memonetisasi produk yang dibeli melalui pemasaran afiliasi.

  • Tidak Membutuhkan Skill Khusus

Cara kerja affiliate marketing tidak memerlukan skill khusus bidang pemasaran, bahkan seorang pemula pun dapat bergabung dengan program afiliasi. Anda bisa mempelajari tentang produk dan pemasarannya sambal jalan.

  • Fleksibel

Setelah bisnis afiliasi stabil, Anda dapat memutuskan untuk menjadikannya sebagai sumber pendapatan utama. Jam kerja Anda otomatis menjadi fleksibel karena tidak ada batasan waktu dalam menjalankan bisnis ini.

  • Bisa Menjadi Passive Income

Meskipun memiliki pekerjaan tetap full time, Anda masih bisa menjadi seorang affiliate marketer. Anda hanya perlu mengembangkan media periklanan dan strategi pemasaran di waktu luang. Setelah itu, Anda hanya perlu memantau hasilnya.

  • Tidak Ada Pertanggungjawaban Atas Produk

Cara kerja affiliate marketing hanya mempromosikan tanpa perlu mengelola produk. Anda tidak bertanggung jawab atas produk tersebut tetapi pastikan untuk mencari produk yang berkualitas demi kepercayaan konsumen.

Bagaimana Sih Cara Kerja Affiliate Marketing Itu?

Cara kerja affiliate marketing cukup sederhana dengan beberapa tahap seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Tantangan utama affiliate adalah merancang strategi promosi yang menarik untuk mendapatkan pelanggan baru melalui kode referral.

Berikut langkah-langkah untuk menjadi seorang affiliate marketer:

  1. Daftar Program Affiliate ke Merchant

Langkah pertama adalah dengan mendaftar ke sebuah merchant atau perusahaan untuk bergabung menjadi affiliate. Semua perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang harus Anda ketahui, termasuk pemberian komisi yang harus dijelaskan dari awal agar jelas proses kerjasamanya.

  1. Promosikan Produk Atau Jasa

Setelah resmi terdaftar, Anda akan menerima kode affiliate atau kode referal dari perusahaan dalam bentuk link khusus. Dengan menggunakan kode referral, Anda bisa langsung mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan tersebut melalui blog atau akun sosial media.

  1. Banyak Customer Transaksi Melalui Kode Affiliate

Jika promosi berhasil, maka akan banyak pelanggan yang menggunakan kode referal yang Anda bagikan. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika kode referral dipakai customer untuk melakukan transaksi pembelian produk atau jasa. 

  1. Dapatkan Komisi Anda

Setelah ada transaksi yang sukses dari pembelian produk atau jasa melalui link referral, Anda akan mendapatkan gaji affiliate marketing berupa komisi dari merchant atau perusahaan. Besarnya komisi bervariasi, tergantung produk atau jasa yang dijual.

Cara yang Benar Melakukan Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing di atas adalah cara yang paling umum. Sedangkan untuk melakukan affiliate marketing dengan benar, Anda perlu strategi agar berjalan dengan sukses. Berikut ini beberapa tips untuk menjalankan affiliate marketing:

  • Anda Harus Pilih Program Affiliate Marketing yang Tepat

Saat ini banyak tersedia program affiliate marketing atau program afiliasi yang bisa dicoba, tapi manakah yang paling tepat untuk Anda? Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan program afiliasi mana yang harus dipilih.

  • Relevansi produk atau jasa

Pastikan produk atau jasa yang dipromosikan sesuai dengan media yang digunakan. Pilihlah program afiliasi yang sesuai dengan topik konten media promosi Anda. 

  • Komisi

Setiap program afiliasi pasti menawarkan prosentase komisi yang akan diberikan. Pastikan besarnya komisi sesuai dengan yang diharapkan.

  • Pengguna Program Afiliasi

Salah satu cara untuk memastikan kualitas program afiliasi itu baik atau tidak adalah dengan melihat berapa banyak penggunanya. Selain melihat reputasinya, Anda juga bisa mengetahui apakah program tersebut menguntungkan atau tidak.

  • Dukungan atau Support

Pilihlah program afiliasi yang bersedia memberikan dukungan penuh, baik dalam bentuk teknis maupun layanan pelanggan. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap masalah  terkait afiliasi dapat diselesaikan dengan cepat.

  • Tentukan Media Terbaik Untuk Promosi

Untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa, tentunya Anda pasti membutuhkan yang namanya media promosi. Anda dapat menggunakan channel YouTube, akun media sosial, maupun blog untuk mempromosikan produk affiliate Anda.

  • Buatlah Konten Review Produk Secara Mendalam

Setelah memilih program yang sesuai dengan demografi calon pelanggan, langkah selanjutnya adalah membuat konten review atau ulasan produk yang dipersonalisasi. Berikan nilai tambah pada ulasan dengan pengalaman Anda menggunakan produk yang dipromosikan.

Buatlah ulasan pribadi dan mendalam tanpa memihak, sehingga Anda dapat membangun empati dari pemirsa, pembaca, dan pengikut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah meyakinkan mereka untuk mencoba produk tersebut melalui link atau kode referral.

  • Optimalkan Konten Dengan SEO

Sebuah konten review yang menarik akan lebih powerful jika Anda optimasi dengan SEO. Buatlah riset keyword untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari terkait produk atau jasa yang Anda promosikan.

Selanjutnya buatlah konten review sesuai kaidah SEO agar bisa muncul di halaman pertama pencarian Google. Dengan menempati urutan atau halaman pertama Google, maka konten Anda memiliki kemungkinan dibaca atau diklik yang lebih tinggi.

  • Tetaplah Fokus Pada Niche Tertentu

Berfokus pada niche tertentu adalah salah satu strategi untuk membangun kepercayaan pembaca. Tentu saja, mereka lebih percaya pada ulasan yang ditulis oleh para ahlinya. Dengan berfokus pada bidang tertentu, secara tidak langsung membangun narasi bahwa Anda ahli dalam bidang tersebut.

Daftar Affiliate Marketing di Indonesia

Di negara kita sudah banyak perusahaan atau merchant yang memiliki program affiliate marketing. Diantaranya program affiliate marketing shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Tiket.com, Bukalapak, Niagahoster, dan lain-lain. 

Anda dapat mempelajari cara kerja affiliate marketing dari masing-masing perusahaan di atas melalui aplikasi ataupun link khusus. Pelajari juga mengenai syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan program afiliasinya.

Kesimpulan

Demikianlah cara kerja affiliate marketing dan beberapa strategi yang harus Anda terapkan. Affiliate marketing dapat menjadi solusi untuk memperoleh penghasilan dari internet dengan mudah tanpa mengganggu pekerjaan utama.