Cara Copy WhatsApp dari Android ke iPhone

Terdapat banyak pilihan mudah dalam cara copy WhatsApp dari Android ke iPhone tanpa menghilangkan data dan riwayat obrolan.

cara copy WhatsApp

Menjadi pengguna baru smartphone berbasis iOS seperti iPhone mungkin mendatangkan banyak pertanyaan bagi Anda. Salah satunya seputar cara copy WhatsApp dari HP Android ke iOS. Keduanya memiliki sistem yang berbeda. Khususnya dalam hal penyimpanan data.

Karena perbedaan sistem operasi tersebut, sangat umum mengalami kesulitan. Sehingga pengguna masih bingung cara menggunakannya. Tentu Anda tidak ingin kehilangan data pada aplikasi WA, bukan? Simak cara menyalin data WA di bawah ini.

Pilihan Cara Copy WhatsApp

Dalam penyalinan data dalam akun WhatsApp ada berbagai macam cara. Baik secara manual, maupun mengandalkan aplikasi-aplikasi pendukung. Semua sesuai pada kebutuhan Anda sendiri. Anda bisa gunakan cara manual bila tidak ingin pakai PC atau laptop.

Aplikasi WhatsApp sendiri sudah memiliki sistem untuk melakukan pencadangan data dan riwayat obrolan secara otomatis, sehingga bisa dipulihkan setiap penggantian perangkat, maupun ketika memindahkan akun WA ke perangkat berbeda.

Paling penting, pastikan kedua ponsel terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Sebab, aplikasi WA hanya bisa berjalan saat terkoneksi internet. Biasanya bila jaringan internetnya buruk, proses akan ditunda.

Menggunakan Cara Manual

Cara Copy WhatsApp dari Android ke iPhone

Kelebihan menggunakan cara ini adalah Anda tidak membutuhkan bantuan perangkat lain. Hanya saja jaringan internet harus benar-benar stabil. Pastikan pula baterainya cukup untuk proses penyalinan data.

Langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang di ponsel Android Anda.
  2. Kemudian buka menu “Pengaturan”.
  3. Pilih menu “Pesan” dari menu pengaturan.
  4. Kemudian, pilih menu “Pesan Cadangan/Backup”.
  5. Anda dapat memilih menu Backup berwarna hijau.
  6. Tunggu sebentar karena pesan WhatsApp membutuhkan waktu untuk menyalin.
  7. Setelah selesai, tutup aplikasi WhatsApp, dan hapus aplikasi tersebut lebih dulu. Sebab tidak akan bisa dibuka di iPhone bila masih ada di device lain.
  8. Berikutnya, unduh dan instal aplikasi WhatsApp yang tersedia dari Apple Store pada iPhone Anda.
  9. Buka WhatsApp di iPhone dan masuk atau login dengan nomor telepon yang sama.
  10. Masuk ke menu “Pengaturan”.
  11. Kemudian ikuti langkah-langkah yang sesuai untuk memilih menu “Restore Backup” untuk memulihkan data salinan yang sebelumnya sudah tersalin.
  12. Tunggu beberapa saat untuk memulihkan cadangan pesan.
  13. Sukses, Anda telah berhasil mengikuti cara copy WhatsApp dari HP ke HP secara manual.

Cara ini juga bisa digunakan bila Anda atau orang lain tanpa sengaja menghapus atau uninstall aplikasi WA dari HP. Data dan riwayat obrolan akan dimunculkan kembali ketika melakukan restore backup.

Melalui Aplikasi Move to iOS

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan fasilitas pemindahan data, khususnya untuk smartphone berbasis iOS. Anda bisa mencari dan memilihnya di Google Play Store. Seperti Move to iOS.

Kelebihan dari cara ini adalah Anda bisa menyalin data atau obrolan yang diinginkan saja. Tidak secara keseluruhan. Memilih riwayat obrolan dari kontak-kontak pilihan, juga media file yang tersimpan dari obrolan tersebut.

Langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi Move to iOS di Google Play store.
  2. Buka aplikasi dan terima persyaratan penggunaan.
  3. Setelah Anda memasukkan data yang diperlukan, kode verifikasi akan dikirim ke iPhone Anda.
  4. Masukkan kode untuk membuka aplikasi iOS di Android.
  5. Centang opsi “Pesan” pada halaman transfer data.
  6. Pilih riwayat obrolan yang ingin Anda transfer ke iPhone Anda.
  7. Riwayat obrolan dan salinan data Whatsapp dari Android sudah ada di iPhone.

Bukan hanya data di aplikasi WA, Anda bisa juga memindahkan data lainnya dari Android ke iPhone menggunakan aplikasi satu ini. Seperti data yang berada pada aplikasi chat lain, maupun data dari email dan drive.

Menggunakan Aplikasi Dr. Fone

Berikutnya pada cara copy WhatsApp lain yaitu menggunakan aplikasi bernama Dr. Fone. Aplikasi ini harus diinstal ke komputer atau laptop. Jadi, penyalinan atau pemindahan data akan berlangsung melalui perangkat tambahan tersebut.

Kelebihannya, proses terlihat lebih jelas dan Anda bisa mengetahui data apa saja yang disalin. Cara ini bisa dipilih jika tidak ingin menginstal aplikasi lain di ponsel. Misalnya karena memori dan RAM internal yang penuh.

Langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Dr.Fone dan instal di komputer atau laptop Anda.
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi Dr. Fone.
  3. Di halaman utama, pilih menu “Transfer WhatsApp”.
  4. Pilih WhatsApp dan ketuk menu penerusan pesan WhatsApp
  5. Hubungkan ponsel Android dan iPhone Anda ke komputer.
  6. Saat kedua perangkat terhubung dan terdeteksi, jenis atau rincian seputar ponsel Android dan iPhone akan ditampilkan di Dr. Fone.
  7. Kemudian klik “Transfer”.
  8. Proses mentransfer pesan WhatsApp dari ponsel Android ke iPhone Anda akan segera dimulai. Durasi yang dibutuhkan tergantung pada jumlah pesan dan besar data.
  9. Bila sudah selesai, maka akan terlihat jelas pemberitahuan bahwa proses telah selesai sepenuhnya (100%).
  10. Klik “OK” untuk mengakhiri dan menutup.

Melalui Aplikasi AnyTrans

Cara Copy WhatsApp dari Android ke iPhone

Pilihan lain dalam cara menyalin obrolan WhatsApp ialah melalui AnyTrans. Serupa dengan aplikasi Dr. Fone, Anda membutuhkan perangkat tambahan yaitu komputer atau laptop. Selain itu kedua ponsel, Android dan iPhone harus terhubung menggunakan kabel USB.

Selain memindahkan data WA, AnyTrans banyak digunakan juga untuk menyalin atau memindahkan berbagai macam file dari folder lain seperti foto, video, hingga data khusus dari iPhone sejenis iTunes.

Langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi AnyTrans di komputer Anda.
  2. Hubungkan perangkat Android dan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB dan buka aplikasi AnyTrans.
  3. Klik “Social Messages Manager”.
  4. Klik “Whatsapp to Device”.
  5. Klik “Transfer Now”.
  6. Pilih”Android to iPhone”.
  7. Klik “Next”.
  8. Pilih opsi backup chat di menu pengaturan obrolan untuk cadangkan data WhatsApp dari Android.
  9. Setelah prosesnya selesai, masuk ke Whatsapp pada iPhone Anda, dan klik “Restore atau Pulihkan”.
  10. Klik “AnyTrans”.
  11. Semua salinan dan riwayat obrolan akan dimunculkan di aplikasi WA iPhone Anda.

Cara mana yang paling disarankan? Semua tergantung kepada Anda. Bila ingin lebih praktis bisa dengan cara manual, hanya saja sangat bergantung pada jaringan internet. Andalkan perangkat dan aplikasi bantuan bisa dipilih untuk memastikan prosesnya berjalan lengkap.

Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Salinan Data WA

Tidak menemukan riwayat obrolan atau data terbaru pada aplikasi WA di iPhone? Padahal sudah menyalin secara sempurna hingga selesai dari Android. Masalah ini utamanya disebabkan belum adanya proses pencadangan atau backup data terbaru.

Dalam aplikasi WA sendiri, kegiatan backup berjalan secara rutin, tergantung pada bagaimana Anda mengaturnya. Jadi, pastikan lebih dulu rutinitas tersebut selalu berjalan baik dan sudah terjadwal baik juga.

Cara-cara di atas juga bisa menjadi salah satu cara menyadap WA bila membutuhkannya. Namun tentu kegiatan ini sangat dilarang karena mengganggu privacy sesama pengguna dan bentuk perbuatan yang ilegal.

Selain itu, biasanya menyimpan data-data penting di dalam drive atau memori eksternal, maupun di PC. Terkadang ada pengguna WA yang membiarkan data pentingnya tersimpan di dalam obrolan saja, lalu hilang karena tidak pernah disalin ke ‘tempat’ yang lebih aman.

Karena cara copy WhatsApp yang tergolong mudah dan tentu terkadang ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang bisa mencoba untuk menyalin tanpa izin, pastikan aplikasi yang dipilih bisa menjadi Anda terhindar dari masalah tersebut.