Canon Luncurkan Lensa Virtual Reality, Segini Harganya!

Untuk menjawab tantangan terbaru terkait perkembangan teknologi VR, Canon kini turut menghadirkan lensa dengan basis virtual reality. Simak informasi selengkapnya!

Sumber gambar : etagadget.com

Virtual reality atau juga yang dikenal dengan realitas maya merupakan teknologi yang mensimulasikan dunia nyata. Aplikasi virtual reality dapat digunakan untuk kebutuhan pendidikan, video game dan juga bisnis. Seiring dengan perkembangannya telah hadir berbagai inovasi terbaru.

Banyak perusahaan yang terus mengembangkan teknologi virtual reality. Salah satunya adalah perusahaan ternama yang memproduksi kamera. Perusahaan tersebut adalah Canon yang berasal dari Jepang.

Canon Keluarkan Lensa Virtual Reality

Canon Luncurkan Lensa Virtual Reality, Segini Harganya!
Sumber gambar : merahputih.com

Secara mengejutkan Canon kini telah mengeluarkan lensa yang memiliki basis virtual reality. Lensa ini adalah RF 5.2MM f/2.8L Dual Fisheye. Sekarang lensa tersebut telah resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga di sekitaran 40 juta rupiah.

Canon memang telah memiliki banyak pengalaman di dunia pencitraan digital. Karena itu agar tidak tertinggal dengan perkembangan dunia metaverse, Canon turut menghadirkan kamera dengan lensa virtual reality. Ini menjadi langkah maju untuk perkembangan kamera di masa depan.

Di mana memang pada perkembangan metaverse, teknologi yang diusung adalah virtual reality. Pengguna dapat merasakan simulasi dunia nyata di dalam sebuah program komputer. Ini akan menggunakan berbagai perangkat pendukung seperti kacamata virtual dan juga sarung tangan.

Kamera Dengan Dual Fisheye

Canon Luncurkan Lensa Virtual Reality, Segini Harganya!
Sumber gambar : merahputih.com

Bukan hanya meluncurkan kamera mirrorless, Canon pun meluncurkan sebuah lensa dengan menggunakan duel fisheye. Ini menggunakan basis virtual reality dalam proses pengambilan gambarnya. Bahkan Canon mengklaim jika hal tersebut merupakan yang pertama di dunia.

Kamera dengan tipe virtual reality ini bisa dilepas tukar. Seperti yang kita ketahui hal tersebut memang belum ada di pasaran. Sehingga wajar jika Canon mengklaim penemuan mereka terkait teknologi tersebut adalah yang pertama di dunia.

Melalui distributor tunggal produk pencitraan Canon, yaitu PT Datascrip, menghadirkan lensa terbaru RF 5.2MM f/2.8L Dual Fisheye di Indonesia. Tentu saja hal ini sangat menarik bagi banyak orang pencinta teknologi. Terlebih untuk mereka yang menanti kedatangan teknologi virtual reality.

Kecanggihan Lensa Virtual Reality Canon

Canon Luncurkan Lensa Virtual Reality, Segini Harganya!
Sumber gambar : merahputih.com

Untuk Kamu yang tertarik dengan teknologi virtual reality Canon, Kamu dapat menemukan hal yang cukup menarik. Di mana lensa ini dapat mengambil sebuah gambar stereoskopik 3D. Gambar tersebut memiliki sudut pkamung hingga 180 derajat yang tentunya menjadi keunggulan tersendiri.

Siapa pun sekarang dapat membuat konten virtual reality yang memiliki kualitas optik tinggi. Lensa RF 5.2MM f/2.8L Dual Fisheye kini telah menjadi bagian ekosistem baru Canon. Ini juga disebut dengan EOS virtual reality system yang dibanggakan oleh Canon.

Untuk menggunakan fitur ini, peralatannya terdiri dari kamera Canon EOS R5 atau R5 C, software EOS virtual utility dan juga lensa RF khusus VR. Dengan menggunakan EOS virtual reality system, gambar yang direkam hanya membutuhkan satu kamera yang memiliki 1 sensor gambar CMOS.

Pengguna juga akan mendapatkan kemudahan untuk mengkonversi video ke dalam bentuk atau format virtual reality standar. Bahkan untuk Kamu yang ingin mengolah video VR dalam Adobe Premiere Pro juga dapat dilakukan. Kamu dapat melakukannya melalui software EOS virtual reality plugin.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan lensa Canon virtual reality kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Karena untuk harganya dibanderol sekitar 40 juta rupiah. Tentu saja ini akan sebanding dengan kemampuan dan fitur yang bisa kamu gunakan.

Sehingga sekarang Kamu dapat memproduksi konten virtual reality secara mandiri. Tentu saja ini akan sangat membantu bagi banyak orang yang memang tertarik dengan dunia ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan terkait dunia teknologi.