Berapa mAh Baterai ABC Menurut Tipenya?

Saat menggunakan baterai abc, terkadang seseorang hanya sekedar memakainya saja tanpa tahu berapa kapasitas mAh baterai ABC.

Berapa mAh Baterai ABC Menurut Tipenya?
Kompas.com/Donny

Ninja Tekno – Ketika membeli baterai ABC di toko, mungkin Anda hanya akan melihat jenis baterai dari ukurannya saja. Namun ternyata baterai ABC ini memiliki beragam  jenis beserta kapasitasnya. Berikut ulasan tentang berapa mAh baterai ABC yang wajib Anda simak!

Baterai kini menjadi salah satu barang yang banyak dibutuhkan masyarakat. Pasalnya, sebagian besar barang-barang elektronik tentu memerlukan sebuah baterai untuk menggunakannya. Seperti remot TV, senter, dan beberapa benda elektronik lain.

Apa Itu Baterai ABC?

Baterai ABC merupakan salah satu jenis baterai sekali pakai terbaik yang banyak menjadi pilihan masyarakat. Namun apakah Anda tahu bagaimana sebenarnya cara kerja baterai ini sehingga bisa membuat perangkat elektronik bisa menyala atau bergerak?

Sebelum membahas hal  itu, alangkah lebih baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dulu apa sebenarnya deskripsi dari baterai ABC itu sendiri. Baterai merupakan sumber energi yang dapat mengubah energi kimia yang dimilikinya menjadi energi listrik.

Baterai ABC ini mulai diproduksi sejak tahun 1956 dan terus berkembang hingga saat ini. Merek baterai ABC merupakan jenis baterai primer, yakni hanya untuk sekali pakai dan tidak bisa re-charge atau dicash ulang setelah pemakaian.

Seperti yang Anda tahu, baterai ABC ini memiliki berbagai bentuk dan  ukuran, ada yang kecil dan ada pula yang berukuran besar. Pada pembahasan kali ini akan sekaligus menjawab pertanyaan tentang berapa mAh baterai ABC menurut jenis dan ukurannya?

Cara Kerja Baterai ABC pada Perangkat Elektronik

Selain menggunakannya saja, ada baiknya jika Anda juga mengetahui bagaimana cara kerja baterai ABC tersebut. Dengan begitu Anda juga akan mengetahui tentang berapa kapasitas mAh baterai ABC yang terpasang pada perangkat elektronik di rumah Anda.

Pertama, baterai sekali pakai ini memiliki prinsip pengosongan. Yakni sebuah mekanisme perpindahan energi dari kimia menjadi energi listrik. Pada prinsip ini, energi kimia yang disimpan pada baterai dipecah menjadi energi listrik, lalu dilepaskan ke perangkat elektronik.

Setiap baterai memiliki 2 sel elektrokimia, yakni kutub positif (katoda) dan kutub negatif (anoda). Pada kedua kutub tersebut terdapat zat yang fungsinya adalah mengalirkan arus listrik dari anoda menuju katoda yang dalam istilah kimia disebut elektrolit.

Dari sinilah mulai terjawab, bagaimana baterai bisa membuat benda elektronik menyala atau bergerak? Tak lain adalah karena energi yang dialirkan dari kutub negatif selaku sumber elektron ke kutub positif, hingga akhirnya dilepaskan ke benda elektronik yang terkoneksi.

Berapa mAh Baterai ABC pada Setiap Tipe?

Jika timbul pertanyaan tentang berapa mAh daya/kekuatan baterai ABC ini, maka sekaligus Anda juga akan mengetahui jeni/tipe baterai ABC itu sendiri. Karena besaran mAh pada setiap baterai ABC akan tergantung dari jenis baterainya.

Secara umum ada 3 jenis baterai ABC dengan daya serta fungsi yang berbeda, diikuti dengan perbedaan ukuran yang tentunya akan berfungsi pada beberapa perangkat elektronik saja. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak ulasannya berikut!

1. Baterai ABC Dry Cell

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis baterai ABC yang satu ini. Baterai berwarna biru ini memiliki tipe baterai AA dan AAA. Dengan kapasitas yang berbeda pula pada setiap tipenya.

Lantas, berapa mAh baterai ABC Dry Cell ini? Pada tipe AA memiliki kapasitas 1.900 mAh, sedangkan untuk tipe AAA berkapasitas 900-1.000 mAh. Baterai ini biasa digunakan pada beberapa perangkat elektronik seperti senter, jam dinding, remot TV, serta beberapa benda elektronik lain.

2. Baterai ABC Super Power

Selain baterai ABC Dry Cell yang populer, Anda juga bisa menggunakan varian baterai lain dari ABC yakni Super Power. Baterai varian Super Power menawarkan tipe baterai yang lebih beragam, yakni AA, AAA, C, serta baterai 9V atau baterai kotak.

Baterai berwarna hitam  ini pada tipe AA berkapasitas 1.900 mAh, tipe AAA berkapasitas 900 – 1.115 mAh, sementara tipe 9V berkapasitas 400 sampai 550 mAh. Baterai kotak ini biasanya digunakan pada smoke detector, microphone, mobil remote control, scurity system, dan beberapa perangkat elektronik lainnya.

3. Baterai ABC Alkaline

ABC yang merupakan salah satu rekomendasi baterai terbaik di Indonesia, ternyata juga memiliki varian alkaline dalam deretan produknya. ABC varian ini juga memiliki beragam tipe baterai antara lain AA, AAA, serta 9V.

Kapasitas yang dimiliki pada setiap tipe juga tak jauh berbeda dengan varian Dry Cell maupun Super Power, hanya saja baterai varian alkaline ini memiliki kapasitas mAh yang sedikit lebih besar. Maka tak heran jika baterai varian ini lebih tahan lama dibanding yang lainnya.

Penutup

Saat menggunakan baterai abc, terkadang seseorang hanya sekedar memakainya saja tanpa tahu berapa daya baterai itu untuk menyalakan perangkat elektronik tertentu. Namun jangan khawatir, di atas merupakan ulasan lengkap tentang kapasitas mAh baterai ABC.

Dengan informasi tersebut, Anda bisa memilih jenis baterai mana yang cocok untuk perangkat elektronik di rumah Anda.