Berapa Biaya Merakit PC Gaming Sendiri?

Biaya merakit PC gaming memang tidaklah kecil, namun kamu dapat menyesuaikan budget dengan kebutuhan, berikut ulasannya.

Berapa Biaya Merakit PC Gaming Sendiri?

Sebelum seseorang merakit PC komputer, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Pertama, perlu memastikan bahwa kamu memahami kebutuhan kamu sendiri sehubungan dengan komponen yang dapat dibeli. Ini menjadi tips merakit PC gaming yang paling dasar.

Setelah membaca bagian ini, kamu akan tahu apakah membangun PC gaming tepat untuk kamu atau hanya perlu menggunakan PC biasa untuk kebutuhan sehari-hari. PC gaming bukan hanya untuk kebutuhan bermain game, tapi jenis PC ini juga sangat cocok untuk pekerjaan editor video.

Komponen yang Harus Diketahui Sebelum Merakit PC Gaming

Berapa Biaya Merakit PC Gaming Sendiri?

Kamu mungkin tidak terbiasa dengan istilah perangkat keras PC, beberapa istilah dalam perakitan PC mungkin memerlukan beberapa klarifikasi. Kami akan menjelaskan secara singkat beberapa bagian dan terminologi di bawah ini.

  • GPU: GPU diartikan sebagai unit pemrosesan grafis; nama lain dari kartu grafis. Ini akan menangani tampilan gambar pada PC. Semakin rumit sebuah gambar ini, maka semakin banyak daya yang kamu perlukan dari kartu grafis. Dua nama besar dari produsen kartu grafis adalah Nvidia dan AMD.
  • CPU: CPU adalah central processing unit, juga dikenal sebagai prosesor. Ini menangani semua proses dan perhitungan di PC. Untuk PC, kamu dapat memilih CPU dari Intel atau AMD.
  • Motherboard: Motherboard adalah tempat semua komponen dipasang, memungkinkan sistem untuk bekerja sama dan menjalankan fungsinya dengan benar.
  • SATA: SATA adalah jenis koneksi, seperti USB, yang digunakan untuk hard drive dan SSD untuk mentransfer data.
  • PCIe: PCIe adalah jenis koneksi lain, meskipun paling umum digunakan untuk kartu grafis dan SSD M.2.
  • NVMe: NVMe adalah jenis protokol koneksi yang dapat didukung oleh SSD M.2. Ini memberikan akses yang jauh lebih cepat untuk menyimpan dan mengakses data.
  • SSD M.2: SSD M.2 adalah stik kecil yang menyediakan ruang penyimpanan bagi PC. Kamu bisa mendapatkan SSD M.2 berbasis SATA atau SSD M.2 berbasis PCIe, yang penting dapat mendukung NVMe.
  • RAM: RAM digunakan untuk menyimpan data dan informasi yang sedang diproses oleh CPU. Semakin banyak RAM yang kamu miliki, maka semakin cepat PC dapat menjalankan berbagai fungsinya.
  • Sistem pendingin: Sistem pendingin digunakan untuk melindungi CPU dari panas berlebih.
  • PSU: PSU atau catu daya adalah alat untuk memasok daya untuk PC dan berbagai komponennya.
  • OS: OS memiliki arti sistem operasi. Sebagian besar PC game akan menggunakan Windows 10, meskipun beberapa orang mungkin ingin menginstal Linux.

Berapa Anggaran Untuk Merakit PC?

Mulailah dengan menetapkan anggaran sendiri, harga komponen dapat bervariasi secara drastis tergantung pada apa yang diinginkan dari sebuah PC. Jadi kamu harus memikirkan apakah kamu ingin membangun PC gaming tingkat pemula, tingkat menengah, atau kelas atas.

Apa perbedaan antara level ini? Dan apa dampak setiap level terhadap anggaran kamu? Kamu harus mempelajarinya lebih detail di bawah ini, tetapi untuk memberi kamu gambaran singkat tentang perkiraan anggaran untuk setiap tingkat, silakan lihat tabel berikut:

  • Entry-Level : Rp4.500.000–Rp9.000.000
  • Tingkat Menengah : Rp9.000.000–Rp12.000.000
  • Level tinggi : Rp15.000.000+

Catatan: Harga ini mencakup casing dan perangkat keras, bukan periferal game seperti monitor, mouse, atau keyboard.

1. Level Pemula

Anggaran Rp4.500.000–Rp9.000.000 akan memungkinkan kamu membuat PC game yang dapat menjalankan game tertentu (seperti esports) dalam pengaturan rendah tetapi tidak akan cukup untuk membangun PC yang cocok untuk memainkan game AAA atau yang memiliki resolusi tinggi.

Ini bagus jika ingin membuat PC khusus untuk memainkan game lama. Tetapi kamu harus ingat bahwa membangun PC gaming tingkat pemula akan sangat membatasi pilihan permainan yang dapat kamu mainkan, serta kualitasnya.

Menghabiskan antara Rp4.500.000–Rp9.000.000 untuk membangun PC gaming akan memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam kartu grafis atau prosesor yang lebih kuat. Ini berarti kamu akan dapat memainkan beberapa game AAA modern, namun, ini harus dimainkan dengan pengaturan grafis yang lebih rendah.

Jadi, meskipun ini mungkin merupakan pilihan yang lebih baik bagi siapa saja yang memiliki anggaran kecil, sering kali akan lebih baik jika kamu menunda sampai benar-benar memiliki sedikit lebih banyak uang untuk digunakan.

Dengan tambahan sedikit anggaran, kamu kemudian dapat membangun PC game yang dapat memberikan kinerja yang jauh lebih optimal.

2. Kelas Menengah

Jika kamu membutuhkan PC yang lebih tangguh dan bahkan untuk menikmati dunia game VR, anggaran sebesar Rp9.000.000–Rp12.000.000 akan menjadi pembelanjaan minimum. Pengaturan grafis 1080p yang lebih tinggi dapat dicapai dalam kisaran harga ini, serta jumlah FPS yang lebih tinggi sekitar 144+.

Kamu bahkan dapat menambahkan multi-threading ke daftar fitur PC jika memilih untuk menggunakan prosesor AMD. Ini semakin meningkatkan gameplay dari game tertentu dan memberi kamu lebih banyak kebebasan terkait pengunaan PC.

3. Kelas Atas

Dengan anggaran Rp15.000.000+, kamu akan dapat membangun PC super kuat yang mampu melakukan lebih dari sekadar permainan sederhana. Kamu akan dapat membeli komponen yang memberi kinerja hebat saat bermain dengan pengaturan maksimal hingga 1440p.

Menghabiskan Rp15.000.000 lebih untuk merakit PC akan memberi kamu semua kinerja di atas serta memberi kemampuan untuk bermain game dengan grafis 4K resolusi tinggi. Tugas beban kerja yang lebih berat seperti streaming dan rendering video juga akan ditangani dengan mudah.

Jadi, seperti yang kamu lihat, anggaran minimum yang diperlukan untuk membuat PC gaming sendiri adalah $300. Ini akan memberi kamu PC tingkat pemula, jadi jika kamu ingin memainkan game modern atau apa pun dengan kinerja 4K, kamu harus menyisihkan lebih banyak uang.

Ini tidak mencakup periferal apa pun seperti monitor, mouse, atau keyboard, jadi ini adalah sesuatu yang juga harus kamu perhitungkan.

Bagaimana Cara Merakit PC Komputer Gaming Sendiri?

Untuk merakit PC komputer memang membutuhkan sedikit keahlian. Kamu perlu memahami hal-hal dasar yang telah disebutkan di atas. Baik itu komponen dasar dan juga fungsi dari semua komponen tersebut. Tanpa memahami hal ini akan sulit bagi kamu untuk membangun sebuah PC yang handal.

Jika kamu adalah pemula, coba untuk merakit sebuah PC dengan melihat tutorial di YouTube. Disana banyak sekali orang yang telah melakukan perakitan PC dengan tutorial yang sangat jelas. Kamu hanya perlu mengikuti step by step secara seksama.

Biasanya mereka yang meng-upload video di YouTube juga akan memberikan rekomendasi alat-alat yang kamu butuhkan. Misalnya seperti mainboard, kartu grafis, RAM, SSD, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan PC yang diharapkan.

Terlebih sekarang kita dapat dengan mudah membeli berbagai sparepart PC secara online. Ada banyak variasi dan pilihan yang bisa didapatkan dengan harga relatif murah. Dengan begitu proses merakit PC gaming dan editing pun akan menjadi lebih mudah.

Penutup

Tips cara merakit PC gaming dan juga berapa kisaran harga telah dijelaskan secara detail di atas. Pilihan mana yang paling terbaik, itu akan kembali kepada pilihan kamu sendiri. Sesuaikan budget dengan kebutuhan PC supaya kamu dapat meminimalisir penggunaan anggaran.