Begini Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di HP Android dan iPhone

Jika kamu sering bepergian dan melalui rute jalan tol, kini tak perlu risau lagi saldo e-money anda mencukupi atau tidak. Google maps menyediakan fitur terbaru cek tarif tol untuk kamu.

Begini Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di HP Android dan iPhone
Ilustrasi Google Maps

Ninjatekno.com – Melalui unggahan akun twitter resminya pada 13 Juni 2022, Google Maps mengumumkan fitur informasi cek tarif tol yang mempermudah pengguna merencanakan rute perjalanan. Fitur Maps Google terbaru ini diluncurkan di beberapa negara seperti India, Indonesia, Amerika dan Jepang.

Fitur yang tersedia melalui perangkat Android dan iOS ini memiliki akses hampir 2.000 jalan tol. Melalui fitur ini, kamu dapat mengecek terlebih dahulu tarif tol pada pilihan rute yang akan kamu pilih. Selain itu kamu juga dapat menyesuaikan metode pembayaran sesuai perubahan tarif tol.

Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di Perangkat Android

Para pengguna ponsel pintar atau gawai berbasis android, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi google maps. Bagi kamu yang ingin memilih rute perjalanan melalui tol, berikut cara melihat tarif tol di peta Google melalui perangkat Android.

  • Buka aplikasi Google Maps di perangkat android kamu.
  • Ketuk ikon gambar profil yang ditampilkan di sebelah kanan bidang pencarian lokasi.
  • Ketuk menu “Setelan” dan pilih opsi “Pengaturan Navigasi”.
  • Kemudian gulir ke bawah untuk menemukan kolom Tarif Tol
  • Kemudian pilih aktifkan “Lihat tarif kartu tol”
  • Kembali ke tampilan rute untuk memulai perjalanan.

Ketika fitur ini diaktifkan, informasi tol akan ditampilkan langsung pada rute yang dipilih oleh pengguna. Selain itu, informasi tarif tol juga dapat ditemukan di menu drop-down informasi yang muncul setelah pengguna menentukan rute yang dipilih.

Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di Perangkat iPhone

Bagi kamu para pengguna iPhone, cara cek tarif tol di peta Google sama mudahnya dengan pengguna android. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan fitur terbaru Google Maps agar memudahkan kamu memilih rute perjalanan yang sesuai.

  • Buka aplikasi Google Maps di perangkat iOS kamu.
  • Ketuk ikon foto profil yang tertera di sebelah kanan bidang pencarian lokasi.
  • Ketuk menu “Setelan” dan pilih opsi “Navigasi”.
  • Gulir dan ketuk pilihan “Tarif Tol”.
  • Kemudian pilih aktifkan “Lihat tarif kartu tol”.
  • Kembali ke tampilan rute untuk memulai perjalanan.

Cara Google Maps Menghitung Tarif Tol

Lalu, bagaimana cara Google Maps menghitung tarif tol? Google menjelaskan bahwa informasi tarif tol dihimpun dari otoritas penyedia jasa tol setempat yang terpercaya. Perkiraan harga tol pada rute yang kamu lalui dimunculkan google berdasarkan tarif tol standar yang diberlakukan.

Di laman resminya, peta Google juga melibatkan perhitungan faktor waktu tertentu yang mungkin mempengaruhi besaran tarif tol. Termasuk rincian spesifik apakah jalan tersebut memiliki izin tol atau tidak serta waktu penggunaan tol yang diperbolehkan.

Meskipun jadi lebih mudah, perlu diingat bahwa informasi tarif tol yang tertera di peta Google bersifat estimasi atau perkiraan saja. Tarif tol mungkin bisa berbeda dengan kondisi di lapangan. Oleh karena itu, google masih menyediakan opsi bagi pengguna untuk menghindari tol.

Seputar Fitur Tarif Tol Google Maps yang Harus Kamu Perhatikan

Begini Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di HP Android dan iPhone

Kemudahan yang diberikan oleh Google memang semakin membantu penggunanya agar dapat melakukan aktivitas perjalanan dengan efisien. Namun bagi kamu yang ingin memaksimalkan layanan google melalui fitur terbarunya, coba perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Perbarui Google Maps

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperbarui aplikasi Google Maps 2022. Pastikan kamu memiliki versi yang terbaru di ponsel pintar android atau iPhone anda. Langkah ini karena versi aplikasi yang lebih lama mungkin belum memiliki fitur cek tarif tol.

2. Pastikan pilihan berkendara menggunakan mobil

Dengan pilihan mode berkendara menggunakan mobil, kamu dapat dengan cepat menemukan rute melalui jalan tol. Jika kamu tidak sempat mengecek detail rute yang dilalui, jangan lupa untuk memilih “Mobil” pada tampilan awal sehingga anda dapat mengaktifkan fitur cek tarif tol.

3. Tetap pastikan saldo e-toll anda cukup

Tentunya fitur ini memudahkan anda dalam memperkirakan biaya tol. Namun tetap pastikan saldo anda cukup saat akan memulai perjalanan. Mungkin terdapat perbedaan tarif pada jenis dan kategori kendaraan yang anda gunakan dengan tarif yang ditampilkan di peta Google.

4. Cek detail rute yang akan dilalui

Mungkin sebagian dari kamu pernah tersesat atau merasa melewati jalan yang salah saat mengikuti arahan navigator Google Maps. Jika kamu salah satunya, mungkin ada baiknya kamu tetap mengecek kembali detail rute yang akan dilalui sehingga dapat tiba di tempat tujuan tepat waktu.

Fitur Lain dari Google Maps Yang Perlu Kamu Tahu

Selain fitur cek tarif tol 2022, peta Google juga terus berinovasi dan menambahkan berbagai fasilitas digital untuk menemani perjalananmu. Ingin tahu apa saja fiturnya? Berikut penjelasan beberapa fitur terbaru yang diluncurkan Google Maps yang bermanfaat buatmu.

1. Fitur ganjil genap

Peta Google selalu membantu kamu merencanakan perjalanan baik melalui jalan tol atau jalan biasa. Bagi masyarakat Indonesia, khususnya pengguna jalan di Jakarta, Google Maps menyediakan informasi mengenai sistem ganjil genap sesuai dengan kendaraan kamu.

2. Tampilan rute alternatif

Dengan bantuan Artificial Intelligence (AI), kini Google juga membantu kamu memilih rute dengan menampilkan perkiraan waktu tempuh. peta Google juga menampilkan informasi adanya kejadian tak terduga seperti kecelakaan dan kepadatan arus lalu lintas.

3. Immerse View

Fitur baru ini dirilis pada Mei 2022 secara keseluruhan dan mirip dengan fitur lamanya, Street View. Bedanya, fitur Immerse View memungkinkan kamu melihat lokasi secara detail dalam versi 3D. Fitur ini didukung tampilan visual grafis yang terlihat realistis.

4. Simpan tempat parkir

Kini kamu dapat menggunakan Google Maps untuk menyimpan tempat kamu memarkir mobil. Caranya, cobalah klik lingkaran biru yang menunjukkan lokasi kamu dan pilih “Save Parking Space”. Kamu kemudian dapat menambahkan catatan tentang tempat parkir dan mengambil gambar.

5. Asisten Google pada Google Maps

Jika ingin menggunakan peta Google saat sedang berkendara dan tidak ingin mengalihkan pandangan dari jalan, kamu dapat mencoba asisten Google. Cobalah menyebut “OK Google, cari SPBU”, maka peta Google akan menampilkan opsi SPBU terdekat dengan lokasimu.

6. Menambahkan Titik Tujuan Lain

Jika ingin bepergian ke beberapa tujuan sekaligus, cobalah untuk menambahkan tujuan di Google Maps. Misalnya, jika kamu ingin bepergian dari tempat A ke C, tetapi terlebih dahulu ke tempat B, kamu cukup menambahkan lokasi tambahan pada menu “Add Points”.

7. Ikon kendaraan

Kamu jenuh dengan ikon tanda panah standar yang umumnya muncul di tampilan peta Google? Kini cobalah mengubahnya dengan ikon lain sesukamu. Kamu dapat memilih bentuk mobil yang kamu suka dengan mengklik ikon mobil yang tersedia seperti sedan, truk, dan SUV.

8. Pesan transportasi online secara langsung

Mungkin diantara kamu belum tahu jika kita dapat melakukan pemesanan transportasi online secara langsung di peta Google. Kamu cukup memilih tempat tujuan pada Google Maps dan klik opsi “Direction” untuk memunculkan transportasi online yang tersedia di bagian kanan tampilan.