Review Baterai AAA VS AA, Perbedaan dan Keunggulannya

Anda masih belum bisa memahami perbedaan Baterai AAA VS AA? Tenang, sekarang juga Anda akan segera memahaminya dengan membaca pembahasan berikut ini.

Baterai AAA VS AA

Ninja Tekno – Sekilas, memang Baterai tampak seperti tidak memiliki adanya perbedaan secara kegunaan, padahal sebenarnya ada. Seperti dari kegunaan, dan juga kegunaan, oleh karena itulah Anda perlu untuk memahami perbedaan Baterai AAA VS Baterai AA. 

Itulah pentingnya bagi Anda untuk memahami perbedaan setiap jenis baterai seperti AAA dan AA. Baik dalam hal ukuran, serta kegunaannya, sebab di era perkembangan teknologi yang semakin canggih, Anda pun juga harus mengupgrade pengetahuan Anda tentang Baterai. 

Apa Itu Baterai? 

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai perbedaan Baterai AAA VS AA, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu Baterai. Baterai merupakan sumber energi yang mengandung energi kimia dan dapat mengkonversinya menjadi energi listrik. 

Baterai secara fungsional memiliki peranan untuk mengaktifkan dan mengoperasikan berbagai perangkat elektronik. Baik alat elektronik yang berjenis portable, maupun alat elektronik yang merupakan mainan remote control

Sebut saja alat elektronik portable seperti HP dan juga laptop yang memerlukan baterai agar Anda bisa mengoperasikannya. Begitupun dengan mainan remote control milik anak Anda, yang mana dalam penggunaannya juga memerlukan tenaga listrik dari Baterai. 

Perbedaan Baterai AAA VS AA

Baterai AAA merupakan jenis baterai yang berbentuk tabung kecil, yang umumnya sering Anda gunakan untuk mengoperasikan remote TV. Namun yang Anda harus pahami bahwa, pembahasan kali ini bukan sekedar perbedaan Ukuran Baterai AAA VS AA

Lain halnya saat Anda menggunakan jam weker untuk menyetel alarm agar Anda tidak bangun kesiangan. Nah, Jam Weker Anda tersebut menggunakan baterai yang sedikit lebih besar dari baterai AAA, itulah baterai AA untuk mengaktifkan jam weker Anda. 

Agar Anda bisa lebih memahami perbedaan antara Baterai AAA VS AA, Anda bisa menyimak pembahasan yang lebih detail. Sehingga nantinya, Anda tidak akan salah membeli baterai saat sedang masuk ke Minimarket. 

Ukuran Baterai

Cara termudah agar Anda bisa menemukan perbedaan antara Baterai AAA dan Baterai AA adalah dengan ukurannya. Baterai AAA tidak lebih besar dari Baterai AA, sebab Baterai AA hanya memiliki tinggi sekitar 50,5 mm sedangkan Baterai AAA memiliki tinggi 44,5 mm. 

Selain itu, Diameter Baterai AA juga lebih besar ketimbang Diameter Baterai AAA. Baterai AA memiliki diameter sebesar 14,5 mm, sedangkan Baterai AAA hanya memiliki diameter lingkaran sebesar 10,5 mm. Sehingga, Fungsi Baterai AAA VS AA pun nantinya juga berbeda.

Kapasitas Baterai

Ternyata, perbedaan ukuran Baterai juga berpengaruh pada kapasitas umum yang pada masing-masing Baterai. Anda harus mengingatnya, bahwa Baterai AAA memiliki tegangan 1,5 volt dengan kapasitas 1000 mAh.

Lain halnya dengan baterai berjenis AA yang secara umum memang memiliki kapasitas sebesar 1900 mAh. Maka, dengan ini Anda pun semakin mengerti bahwa perbedaan ukuran juga membawa keunggulan Baterai AA dalam kapasitas (mAh) atas Baterai berjenis AAA. 

Bahan Kimia Baterai

Secara umum, penggunaan bahan kimia dalam Baterai AAA VS AA memang tidaklah jauh berbeda. Tapi bukan berarti komposisi bahan kimianya sama persis, sebab ada perbedaan yang cukup jelas pada komposisi bahan kimia kedua baterai tersebut. 

Baterai AAA berkomposisi R03 (Zinc Carbon), LR03 (Alkaline), HR03 (Ni-MH), KR03 (Ni-Cd), ZR03 (Ni-OOH) dan FR03 (Li-FeS2). Sedangkan Baterai AA berkomposisi R6 (Zinc Carbon), LR6 (Alkaline), FR6 (Li-Fes2), HR6 (Ni-MH), KR6 (Ni-Cd), dan ZR6 (Ni-OOH).

Fungsi AAA VS AA

Berdasarkan berbagai perbedaan dari komposisi bahan kimia, ukuran baterai, hingga kapasitas (mAh). Akhirnya, Anda pun juga akan menemukan beberapa perbedaan dalam hal fungsi dan kegunaan dari Baterai AAA dan AA. 

Baterai AAA bisa Anda gunakan untuk mengoperasikan beberapa alat elektronik yang hanya membutuhkan sedikit daya listrik. Artinya, Anda tidak harus menggunakan baterai berkapasitas besar untuk menggunakan alat-alat elektronik seperti berikut ini ; 

  1. Remote Control

Anda hanya memerlukan baterai AAA untuk mengoperasikan mainan remote control milik anak Anda. 

  • Kamera Digital

Agar bisa mengoperasikan kamera digital, ana cukup hanya menggunakan baterai AAA. 

  • Mouse Wireless

Saat sedang menggunakan Mouse Wireless, Anda hanya memerlukan Baterai AAA agar memastikan Mouse Wireless tetap aktif. 

Baterai AA bisa Anda gunakan untuk mengoperasikan berbagai alat elektronik yang membutuhkan daya listrik besar, seperti ; 

  • Jam Dinding

Agar jam dinding di rumah bisa terus menyala, Anda memerlukan baterai AA. 

  • Senter

Saat membutuhkan Senter untuk menerangi ruangan gelap, Anda membutuhkan tenaga baterai AA. 

Jadi, bagaimana? Tentu sekarang Anda sudah tidak lagi kebingungan untuk memahami perbedaan antara Baterai AAA VS AA