7+ Bahaya Install Windows Bajakan yang Harus Kamu Ketahui

Penggunaan Windows bajakan memang murah, namun tahukah kamu apa saja bahaya install Windows bajakan? Berikut penjelasannya.

Bahaya Install Windows Bajakan yang Harus Kamu Ketahui

Pengguna PC atau laptop Windows masih ada yang menggunakan Windows bajakan. Hal ini karena harga install Windows bajakan yang murah. Padahal di balik produk ilegal itu terdapat bahaya install Windows bajakan yang mengintai dan sangat berisiko terhadap aktivitas digital.

Jika pada laptop kamu masih menggunakan Windows bajakan, maka lebih baik segera lakukan install ulang Windows ori. Lantas bagaimana cara mengetahui apakah ori atau bajakan. Berikut informasi mengenai ciri-ciri Windows 10 bajakan yang harus kamu ketahui.

Mengetahui Ciri-Ciri Windows 10 Bajakan dan bahaya install Windows bajakan

Agar terhindar dari bahaya install Windows bajakan, maka sebaiknya kamu mengetahui bagaimana ciri-cirinya. Dengan begitu, maka kamu bisa segera menggantinya ke versi Windows ori. Penggunaan versi ori memang lebih mahal, tapi terjamin dari segi kualitas dan keamanan.

1. Tidak Ada Akses Update OS

Kalau dilihat secara sekilas, nyaris tidak ada perbedaan antara Windows versi ori dengan yang bajakan. Namun, hal yang menonjol pada Windows bajakan adalah terdapat tulisan Activate Windows yang berada di sisi kanan bawah. Hal ini menunjukkan kalau Windows ilegal tidak bisa update OS.

Sementara itu, kalau kamu menggunakan Windows ilegal maka kamu tidak akan mendapatkan pembaharuan lengkap berbagai aplikasi di PC secara gratis dan berkala. Padahal sistem cenderung mengalami perbaikan dan peningkatan mutu. Lantas apa yang bisa kamu dapatkan dengan Windows ori?

  • Proses update software atau aplikasi untuk memastikan sistem operasi yang stabil
  • Menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik
  • Memberikan berbagai fitur baru guna meningkatkan pengalaman pengguna

2. Memengaruhi Kinerja Perangkat

Kerugian lain saat kamu menggunakan Windows bajakan adalah kinerja perangkat yang kian menurun. Ini karena Windows bajakan memiliki efek buruk pada kinerja dan fungsi PC karena ada ketidaksesuaian program sehingga merusak sistem. Akibat dari penggunaan Windows ilegal adalah sebagai berikut.

  • Mengganggu performa PC dan membuat beberapa fitur tidak jalan
  • PC berpotensi restart atau mati sendiri karena OS Windows tidak kompatibel

3. Risiko Terserang Virus

Salah satu dampak negatif dari penggunaan teknologi adalah virus yang menyerang sistem. Hal ini sangat mungkin terjadi pada penggunaan sistem Windows yang bajakan. Alasannya karena sistem keamanan Windows bajakan tidak mampu melindungi PC dari serangan virus dan juga malware.

Apakah Windows bajakan bisa update? OS bajakan tidak bisa update proteksi serangan dari hacker. Jika PC maupun laptop sudah terpapar virus, maka perbaikannya pun akan memakan biaya yang mahal. Selain itu, kerugian yang akan kamu alami juga akan menyebabkan beberapa hal berikut.

  • Rentan mengalami kehilangan data, sementara untuk recovery data membutuhkan biaya mahal.
  • Windows bajakan menjadi sasaran empuk dari berbagai serangan virus dan penjahat siber atau hacker.
  • Rentan mengalami serangan digital karena tidak bisa melakukan update aplikasi.
  • Kinerja perangkat bisa menurun, dan rentan disusupi peretas dengan sangat mudah.

4. Tidak Bisa Mengakses Semua Aplikasi

Keunggulan dari OS Windows adalah memiliki banyak aplikasi dan layanan, utamanya pada Windows 10. Fitur unggul ini tentunya hanya bisa diakses oleh Windows versi ori yang juga selalu menyuguhkan versi update terbaru. Jika kamu menggunakan Windows ilegal, maka dampak pada aksesnya adalah:

  • Tidak bisa membeli aplikasi dari Windows Store.
  • Jika Microsoft mendeteksi sistem yang tidak asli, maka akun berisiko dibekukan.

5. Tidak Tersedianya Layanan Support dari Windows

Mendapatkan Windows bajakan memang dikenai tarif yang murah. Namun bagaimana jika ada masalah sementara harus meminta bantuan profesional? Layanan Support dari Windows inilah yang tidak ada pada versi bajakan. Sementara itu, pada Windows ori, Microsoft menyediakan akses bantuan profesional.

Akses profesional tersebut diberikan layanan melalui staf dan teknikal profesional untuk mengatasi segala permasalahan yang dihadapi pelanggan kapan dan di mana saja. Jika kamu menggunakan Windows versi bajakan, maka cara membedakan Windows ori dan bajakan pada hal-hal berikut.

  • Tidak ada layanan servis dari Microsoft. Padahal jika bisa mendapatkan servis microdoft, pihaknya membuka layanan penuh 24 jam.
  • Jika terjadi masalah, kamu harus membawa PC ke jasa servis yang artinya kamu mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.

6. PC atau Laptop Tidak Bisa Digunakan

Menggunakan Windows bajakan berisiko membuat komputer tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal. Seperti halnya muncul watermark yang juga berdampak pada pengaturan control panel yang tidak bisa dioperasikan. Berikut risiko PC tidak berfungsi jika kamu menggunakan Windows bajakan.

  • User terkunci pada jenis Windows XP karena Windows XP menggunakan proses Genuine Advantage.
  • Start screen terkunci pada Windows 8

7. Tidak Ada Jaminan Privasi

Akses untuk mendapatkan Windows bajakan memang sangat mudah. Hal ini menunjukkan kalau kita tidak pernah tahu siapa pihak yang membuat copy Windows bajakan tersebut. Jika sampai demikian, maka bahaya install Windows bajakan akan berisiko pada hal-hal berikut.

  • Windows bisa jadi disusupi software jahat atau pembajak yang mengganggu privasi.
  • Risiko pemanfaatan data pada PC ataupun laptop.

8. Risiko Terserang Hacker

Salah satu ancaman ketika menggunakan Windows bajakan adalah terserang hacker. Jika PC atau laptop suda terserang hacker, maka bahaya install Windows bajakan ini bisa merusak sistem hingga hilangnya data. Jika sudah terserang hacker, maka akan berdampak pada berbagai hal berikut.

  • Pencurian data digital
  • Data rusak dan berkas hilang
  • Recovery data kemungkinan sulit dilakukan
  • Keamanan privasi sangat terganggu

9. Risiko Jika Windows Bajakan Tidak Bisa Update

Apa yang terjadi jika Windows 10 bajakan di-update? Hal dasar yang perlu kamu ketahui bahwa Windows akan berubah tergantung dari lisensi yang dimasukkan. Misalnya kamu memasukkan lisensi Windows 10 home di Windows 10 pro, maka secara otomatis akan menjadi Windows 10 home, dengan ciri-ciri berikut.

  • Windows bajakan pun kemungkinan bisa upgrade ke versi Windows terbaru, tetapi yang dimunculkan adalah penawaran upgrade saja dan akan kembali ke versi bajakan.
  • Kamu perlu melakukan aktivasi secara mandiri. Jika tidak, maka beberapa fitur tidak berfungsi secara optimal.

Penutup

Saat kamu menggunakan Windows bajakan, kamu tidak perlu membeli lisensi untuk bisa menjalankan OS Windows pada PC atau laptop. Akan tetapi, risiko berbahaya siap mengintai yang akan menjadi kendala pada saat kamu mengoperasikan komputer.

Penggunaan Windows ori pun sangat disarankan. Sebab hal ini memiliki banyak manfaat, mulai dari bisa menggunakan berbagai penawaran fitur tanpa batas. Kemudian keamanan yang terjamin, hingga bisa mendapatkan dukungan dari teknisi Microsoft secara gratis dan full servis 24 jam.

Dengan kamu mengetahui berbagai info seputar bahaya install Windows bajakan. Sebaiknya segera alih ke Windows versi ori jika kamu memang sudah terlanjur menggunakannya pada PC atau laptop, agar kamu bisa aman dan nyaman saat menggunakan sistem Windows.