Bagaimana Cara Menentukan Hosting yang Baik untuk Website?

Hosting merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membangun website. Lalu bagaimana cara menentukan hosting yang baik dan berkualitas?

Bagaimana Cara Menentukan Hosting yang Baik untuk Website?

Selain domain, cara menentukan hosting juga merupakan hal yang perlu Anda pahami ketika akan membangun website. Domain dan hosting adalah dua hal penting yang tentunya tidak boleh terlewat ketika membangun sebuah website

Hosting merupakan layanan yang akan menjadi tempat untuk sebuah website menyimpan data yang mereka perlukan. Nantinya, semua hal terkait data, backup, update, dan hal lain yang berkaitan dengan website tersebut akan tersimpan di hosting.

Bagaimana Cara Menentukan Hosting?

Mungkin banyak yang bertanya apa itu hosting? Secara singkat, hosting merupakan rumah bagi sebuah website. Jika domain adalah alamat website, maka hosting merupakan rumah dari alamat tersebut.

Lalu mengapa hosting penting? Alasan utamanya adalah karena hosting akan berkaitan langsung dengan performa dari website. Ketika performa hosting baik maka performa website juga akan ikut baik.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tips menentukan hosting terbaik wajib Anda ketahui. Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan hosting dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa langkah tersebut adalah:

1. Cek Kualitas dan Performa Server

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai cara menentukan hosting adalah mengecek bagaimana kualitas dan performa dari server hosting tersebut. Seperti sudah dijelaskan jika performa server hosting akan langsung berkaitan dengan performa website.

Jangan sampai performa website Anda terganggu hanya karena memilih layanan hosting yang salah. Ada beberapa parameter yang bisa Anda gunakan untuk menentukan kualitas server hosting tersebut, seperti :

  • Lokasi server. Pilih lokasi server yang sesuai dengan target pengunjung website Anda. Jika target pengunjung Anda berada di Indonesia, maka pilihlah server yang berada di Indonesia.
  • Teknologi Server. Hal ini berkaitan dengan bagaimana server tersebut memproses semua request yang masuk. Masalah teknologi ini juga berkaitan dengan kecepatan yang dihasilkan.
  • Kecepatan Processor. Selain masalah teknologi, kecepatan processor juga merupakan hal penting yang akan berpengaruh dengan performa server. Dalam hal ini, masalah kecepatan akan berkaitan dengan jenis dan jumlah core yang digunakan.
  • Kapasitas RAM. Hal ini akan berkaitan dengan berapa banyak proses yang mungkin terjadi dalam satu waktu. Semakin tinggi kapasitas RAM nya maka semakin banyak proses yang bisa dilakukan dan itu semakin baik.
  • Hard Disk. Hal ini akan berkaitan dengan seberapa banyak yang website tersebut bisa simpan. Jika website Anda hanya berisi tulisan mungkin kapasitas harddisk kecil sudah cukup. Namun jika website Anda berisi video maka tentunya membutuhkan kapasitas hardisk lebih besar
  • Network Speed. Hal ini akan berkaitan dengan kecepatan website ketika mengakses server hosting. Semakin cepat speednya maka semakin baik juga performa website Anda.

2. Dukungan Customer Service

Hal lainnya yang juga menjadi cara menentukan hosting adalah dengan melihat bagaimana dukungan dari customer service yang diberikan. Hal ini akan sangat berguna terutama ketika layanan hosting kamu mengalami masalah.

Secara ideal, maka tim customer service ini haruslah tersedia 24 jam setiap harinya. Artinya, mereka selalu siap memberikan bantuan ketika dibutuhkan. Selain itu, masalah kualitas customer service juga perlu Anda perhatikan.

Tips memilih penyedia hosting yang baik, selain memiliki customer service yang selalu siap juga haruslah memiliki tim customer service yang bisa diandalkan untuk tiap masalah. Dalam hal ini, tim support bisa benar-benar membantu.

Selain masalah ketersediaan dan kualitas, perhatikan juga cara bagaimana Anda bisa menghubungi tim support tersebut. Apakah harus melalui telepon, chat, email, tiket bantuan, atau ketentuan yang lainnya.

3. Cek Harga Paket yang Ditawarkan

Cara memilih web hosting yang tidak bisa Anda lewatkan adalah masalah harga. Dalam hal ini Anda juga perlu mengecek mana harga yang sesuai dengan kualitas dan kebutuhan Anda. ini juga berfungsi agar Anda mendapatkan layanan hosting.

Cara menentukan hosting yang bisa Anda lakukan adalah dengan membandingkan setiap rincian harga dari tiap paket dengan apa saja yang akan Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan paket yang sama dari beberapa layanan hosting.

Masalah harga ini sendiri memang perlu Anda perhatikan dengan cermat. Ada beberapa layanan hosting yang cukup mahal namun menyediakan kualitas yang sangat baik. Begitu juga ada penyedia yang sangat murah, namun kualitasnya juga buruk.

4. Kebijakan Garansi

Hal lainnya yang juga perlu Anda perhatikan sebagai cara menentukan hosting adalah masalah kebijakan garansi. Garansi memang menjadi semacam jaminan tentang kualitas yang akan Anda dapatkan.

Biasanya, penyedia layanan hosting berkualitas tidak ragu untuk memberikan garansi terbaik. Misalkan, uang kembali 100 persen jika layanan terganggu. Namun, selain masalah garansi yang diberikan, Anda juga perlu memperhatikan masalah proses klaimnya.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti bagaimana pengajuan klaimnya, seberapa pengajuan tersebut, dan lainnya. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang sangat jelas berkaitan dengan hal ini.

5. Fitur Tambahan

Selain memperhatikan fitur utama yang akan Anda dapatkan, cara menentukan hosting juga bisa Anda lakukan salah satunya dengan melihat apakah Anda bisa mendapatkan beberapa fitur tambahan atau tidak.

Beberapa fitur tambahan ini sangat mungkin untuk menambah performa dari website yang kamu buat. Selain itu, perhatikan juga apakah untuk mendapatkan fitur tambahan tersebut Anda perlu menambah biaya langganan atau tidak.

Biasanya, beberapa fitur tambahan yang akan Anda dapatkan adalah masalah keamanan dan peningkatan kecepatan website. Untuk masalah keamanan,  misalnya website Anda akan dilindungi oleh anti spam.

6. Review dari Pelanggan Lain

Ini juga tidak kalah pentingnya ketika Anda akan mencari cara menentukan hosting. Anda bisa bertanya pada orang lain yang pernah menggunakan jasa layanan hosting dari tempat tersebut.

Anda bisa meminta pendapat mereka ketika menggunakan layanan hosting tersebut.

Dari sini, Anda juga bisa melihat seberapa bagus kualitas dari penyedia layanan hosting tersebut. Ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk Anda. Jika Anda mendapatkannya langsung dari orang yang menggunakan, maka hal tersebut tentu saja menjadi informasi yang sangat berharga.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari referensi ini, selain bertanya pada rekan Anda juga bisa mencari di internet. Informasi yang bisa Anda dapatkan dari internet ini juga cukup lengkap.

7. Menyediakan Layanan Domain

Sudah dijelaskan di awal jika domain dan hosting merupakan dua hal penting yang akan Dan diperlukan ketika membangun website. Maka akan lebih baik ketika Anda mencari penyedia hosting yang juga sekaligus menyediakan layanan domain.

Tentunya hal ini akan membuat semuanya menjadi lebih ringkas. Anda tidak perlu menunggu lama, cukup dengan sekali sewa maka Anda sudah mendapatkan domain dan juga hosting yang bisa langsung Anda gunakan.

Jadi Seberapa Penting Hosting?

Singkatnya, hosting yang baik akan memunculkan performa website yang juga sangat baik. Inilah yang menjadi alasan mengapa memilih hosting yang baik perlu dilakukan. Selain itu, hosting juga akan membuat pengunjung kita bisa mengakses website tersebut dengan mudah.

Cara menentukan hosting ini juga perlu Anda pelajari, karena dalam beberapa kasus ada banyak sekali kombinasi yang bisa Anda gunakan. Satu hal yang pasti, jangan pernah asa ketika memilih nama domain. Baca juga Bagaimana Cara Menentukan Domain Website?