Bagaimana Cara Menentukan Domain Website?

Domain merupakan salah satu hal penting ketika akan membuat website. Ini akan menjadi alamat website yang Anda gunakan. Lalu bagaimana cara menentukan domain website?

Bagaimana Cara Menentukan Domain Website?

Cara menentukan domain website merupakan salah satu hal penting ketika membangun website. Pada penggunaannya, domain akan menjadi alamat website yang digunakan untuk mengakses halaman tersebut.

Jika digunakan untuk kebutuhan bisnis, maka nama domain adalah semacam branding yang akan digunakan untuk memperkenalkan website. Karena hal inilah maka memilih nama domain tidak bisa sembarangan.

Cara Menentukan Domain Website

Nama domain sendiri merupakan hal yang tidak mungkin bisa sama antara satu website dengan website lainnya. Dalam hal ini maka penggunaan nama domain yang unik akan Anda perlukan dalam penggunaanya.

Alamat website sendiri sebenarnya menggunakan sistem IP Address dengan kombinasi angka. Masalahnya, tentu akan sulit untuk mengingat setiap kombinasi tersebut. Alasan inilah mengapa menggunakan nama domain menjadi sangat diperlukan. 

Hal inilah yang membuat cara menentukan domain website menjadi hal yang penting untuk diketahui. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk bisa menentukan nama domain ini, seperti:

1. Singkat dan Mudah Diingat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam cara menentukan domain website adalah pilih nama yang singkat dan mudah diingat. Hal ini tentunya akan berkaitan dengan masalah kemudahan penggunaan.

Dalam hal pemilihan nama yang singkat, maka Anda bisa menggunakan nama domain dengan tidak lebih dari 3 kata. Selain itu, gunakan juga kata-kata yang mudah diingat. Yang perlu Anda ingat adalah nama domain akan diingat oleh orang lain. 

Pastika orang lain bisa mengingat domain yang Anda gunakan dengan mudah. Jika website yang Anda bangun digunakan untuk bisnis, maka sesuaikan nama domain tersebut dengan target pasar yang dicari. Jangan membuat konsumen bingung dengan nama domain yang harus mereka ingat.

2. Mudah Dibaca, Dieja, dan Diketik

Selain masalah mudah diingat, hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam cara menentukan domain website adalah pastikan mudah untuk dibaca, dieja, dan diketik. Hal ini juga akan berkaitan dengan kemudahan dalam pengetikan.

Ada beberapa tips memilih nama domain yang bisa digunakan untuk hal ini, antara lain:

  • Tidak terlalu panjang, sebisa mungkin hanya memuat 1 atau 2 kata saja.
  • Sebisa mungkin, tidak menggunakan tanda baca atau tanda hubung. Misalnya titik, dash, garis bawah, dan lainnya. Hal ini untuk menghindari kesalahan penulisan.
  • Gunakan ejaan yang mudah untuk dieja dan diketik. Dalam hal ini maka sebaiknya gunakan ejaan yang baku.
  • Jika memungkinkan maka jangan menggunakan ejaan asing. Hal ini berkaitan dengan tidak semua orang yang mungkin akan paham dengan ejaan atau bahasa asing yang kalian gunakan.
  • Jika dirasa tidak perlu, maka hindari penggunaan angka. Hal ini untuk menghindari kesalahan penulisan. Misalkan 18, apakah harus ditulis 18, satu delapan, atau delapan belas?

3. Jika Memungkinkan Maka Gunakan Kata Kunci

Masalah penggunaan nama domain dan kata kunci sebenarnya berkaitan dengan kemudahan pencarian di mesin pencari. Hal ini nantinya juga akan berkaitan dengan optimalisasi SEO agar website mendapatkan posisi yang baik pada mesin pencari.

Contoh nama domain yang bisa Anda gunakan, jika Anda memiliki bisnis sepatu, maka nama domain yang bisa Anda gunakan contohnya jualsepatu.com. Hal ini tentunya bisa Anda lakukan jika memungkinkan dan belum ada yang menggunakan.

Penggunaan kata kunci ini sendiri sebenarnya bukan satu-satunya cara agar website mudah ditemukan. Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat maka Anda juga membutuhkan riset kata kunci terlebih dahulu.

4. Menggunakan Nama Brand

Jika kata kunci tidak bisa Anda gunakan untuk nama domain, maka cara menentukan domain website yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan nama brand atau bisnis. Penggunaan nama brand juga biasanya dipilih karena memudahkan pencarian.

Ini merupakan cara paling umum yang sering dilakukan. Menggunakan nama brand sebagai nama domain memang akan berkaitan dengan penguatan branding. Hal ini juga bisa menjadi cara agar website menjadi lebih mudah ditemukan.

Penggunaan nama brand untuk nama domain website sendiri sudah banyak dilakukan. Baik oleh brand besar maupun brand kecil. Selain untuk kemudahan, cara ini juga bisa dilakukan untuk menyamakan semua nama dengan akun sosial media.

5. Relevansi dan Risiko Jangka Panjang

Hal lain yang juga perlu diperhatikan sebagai cara menentukan domain website adalah masalah relevansi dan risiko jangka panjang yang mungkin terjadi. Hal ini karena penggunaan domain sebaiknya tidak berganti-ganti.

Masalah relevansi biasanya berkaitan dengan perkembangan bisnis kedepannya. Misalnya, jika Anda menggunakan nama domain jualsepatu.com lalu di masa mendatang Anda juga menjual baju, apakah nama domain masih relevan?

Masalah risiko yang juga perlu Anda perhatikan juga adalah jangan menggunakan nama domain yang mirip dengan domain lain yang sudah ada. Biasanya, hal ini berpotensi untuk menimbulkan masalah hak cipta dan penggunaanya. 

6. Lakukan Riset Sebelum Memilih

Ada baiknya jika Anda juga melakukan riset sebelum menentukan nama domain yang akan Anda gunakan. Ini juga merupakan salah satu cara menentukan nama domain website yang bisa Anda lakukan.

Melakukan riset ini sendiri bisa berfungsi dalam banyak hal. Misalnya bisa menghasilkan nama domain yang bagus. Atau Anda juga bisa melihat apakah ada orang yang sudah menggunakan nama domain tersebut atau tidak.

Selain itu dengan melakukan riset ini juga Anda bisa melihat seberapa sulit atau seberapa mudah nama website Anda tersebut untuk dieja atau disebutkan. Riset ini juga bisa memperlihatkan ada berapa banyak website yang sejenis dengan milik Anda.

7. Menggunakan Nama Ekstensi yang Tepat

Hal lain yang juga menjadi salah satu cara menentukan domain website yang perlu Anda perhatikan adalah masalah ekstensi. Dalam hal ini, ada beberapa ekstensi yang bisa Anda gunakan nama domain.

Beberapa contoh ekstensi yang bisa Anda gunakan tersebut antara lain:

  • .com ini merupakan bentuk ekstensi paling umum yang sering digunakan. Bisanya untuk website komersial
  • .org ini merupakan ekstensi yang biasanya digunakan untuk website organisasi ataupun lembaga
  • .net ekstensi ini biasanya digunakan untuk website yang berkaitan dengan teknologi ataupun jaringan internet
  • .info ekstensi ini biasanya digunakan untuk website yang bersifat informatif
  • .biz ini merupakan ekstensi yang biasanya digunakan untuk website komersial ataupun website e-commerce

Jadi, Seperti Apa Menggunakan Nama Domain yang Tepat?

Semua tips dan cara menentukan domain website di atas bisa Anda lakukan satu per satu. Atau, jika Anda kesulitan untuk menemukan nama domain yang tepat, maka saat ini Anda bisa menggunakan generator domain.

Anda hanya tinggal memasukan nama seperti apa yang Anda inginkan dan beberapa informasi terkait lainnya. Nantinya aplikasi ini akan memberikan rekomendasi nama domain yang bisa Anda gunakan.

Yang perlu Anda ingat adalah nama domain merupakan alamat Anda di dunia digital. Jadi sebaiknya Anda juga menggunakan nama yang cukup baik untuk dijadikan sebagai alamat domain dari website yang akan Anda gunakan. Baca juga Cara Membuat Website dengan Cepat dan Mudah