Bagaimana Cara Membuat Feed Instagram Menarik untuk Kebutuhan Branding?

Instagram merupakan salah satu sosial media yang sering digunakan untuk branding. Lalu bagaimana cara membuat feed Instagram menarik untuk kebutuhan branding tersebut?

Bagaimana Cara Membuat Feed Instagram Menarik untuk Kebutuhan Branding?

Tidak hanya sebagai sosial media, namun Instagram juga kini bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk menghasilkan uang. Inilah alasan mengapa banyak orang yang mencari cara membuat feed Instagram menarik.

Memang, feed Instagram yang menarik ini menjadi salah satu cara untuk bisa menghasilkan banyak uang, selain tentunya konten yang ada dalam eed tersebut. Dengan feed yang menarik maka hal tersebut bisa meningkatkan jumlah like dan juga followers akunmu.

Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Feed Instagram sendiri merupakan haman profil yang akan menampilkan semua foto atau video yang Anda upload. Nantinya, ketika ada orang yang mengunjungi profil Anda, maka halaman feed inilah yang akan mereka lihat.

Karena fungsinya yang sangat penting inilah maka tidak heran jika banyak orang yang membuat feed Instagram yang menarik. Lalu bagaimana cara membuat feed Instagram menarik ini? Berikut adalah beberapa caranya

1. Menentukan Grid Layout

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai cara membuat feed Instagram menarik adalah dengan menentukan grid layout yang akan digunakan. Grid layout sendiri merupakan tata letak postingan pada feed.

Pada penggunaanya saat ini ada beberapa grid layout yang sering digunakan. berikut adalah beberapa contohnya:

  • Puzzle. Dengan pengaturan ini maka akan membuat feed Instagram kamu saling menyambung satu sama lain. Ada banyak aplikasi untuk mengatur feed Instagram seperti ini, salah satu yang bisa Anda gunakan adalah Grid Post.
  • Checkerboard. Dengan pengaturan seperti ini maka akan membuat feed kamu terlihat seperti papan catur atau tiap kartunya saling menyilang. Biasanya cara yang digunakan adalah dengan mengupload foto dan diselingi dengan quotes.
  • Horizontal Lines. Pengaturan ini akan memanfaatkan tiga baris horizontal pada feed. Nantinya, Anda akan mengupload konten dengan tema yang sama untuk setiap barisnya.
  • Border. Cara membuat feed Instagram aesthetic lainnya adalah dengan menggunakan pengaturan border. Dengan pengaturan ini maka tiap oto seperti memiliki pembatas satu sama lain. Hal ini juga bisa membuat tampilan feed menjadi lebih rapi.

2. Memilih Tema

Cara membuat feed Instagram menarik lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih tema yang sama untuk tiap oto yang Anda upload. Pemilihan tema ini juga selain untuk cara membuat tampilan feed Instagram menarik juga bisa membangun personal branding untuk Anda.

Beberapa pilihan tema yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Minimalis. Biasanya digunakan untuk Anda yang simple dan ingin terlihat rapi. Anda bisa memanfaatkan banyak whitespace untuk menghadirkan tampilan minimalist ini.
  • Black & White. Tema ini bisa dipilih jika Anda ingin menampilkan sesuatu yang berbeda.
  • Vintage. Jika Anda suka dengan suasana tempo dulu, maka memilih tema vintage bisa menjadi salah satu pilihan yang dilakukan.

3. Menggunakan Filter yang Sama

Hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan sebagai cara membuat feed Instagram menarik adalah dengan menggunakan filter yang sama untuk tiap postingan. Penggunaan filter ini juga bisa membuat foto menjadi lebih indah.

Penggunaan filter dengan konsisten ini juga bisa membuat tone dari setiap oto terlihat sama satu dengan yang lainnya. Hal ini juga bisa membuat nilai estetik dari feed Instagram Anda menjadi lebih baik.

Cara ini juga bisa menggambarkan konsistensi yang Anda lakukan. Orang akan melihat jika beragam foto yang diupload akan memiliki tema yang sama. Hal ini tentu akan menguntungkan, terutama untuk kebutuhan bisnis dan branding.

4. Mengatur Urutan Postingan.

Satu hal yang perlu diingat sebagai cara membuat feed Instagram lebih menarik adalah tidak semua foto harus Anda upload. Postingan saja oto paling baik yang diambil untuk muncul pada halaman feed.

Sebenarnya, masalah pengaturan urutan ini juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi. Namun cara manual dinilai lebih bisa memilih mana oto yang terbaik, termasuk bagaimana urutan foto tersebut untuk nantinya diletakan.

Tidak ada aturan yang baku masalah pengaturan ini. Artinya, Anda bisa menyesuaikan dengan gaya yang Anda inginkan. Nantinya, Anda tinggal menyesuaikan dengan gaya ataupun branding yang ingin dibangun.

5. Menggunakan Color Coordinate

Hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan sebagai cara membuat feed Instagram menarik adalah dengan menggunakan color coordinate. Pada dasarnya, cara ini merupakan panduan konten seperti apa yang harus diupload.

Biasanya, cara seperti ini akan berpatokan pada warna ataupun dari tone yang akan digunakan. Panduan ini tentu saja bertujuan  untuk membuat feed Instagram Anda menjadi lebih menarik dan estetik.

Color coordinate sendiri biasanya digunakan dengan tema warna yang tidak jauh berbeda. Ada beberapa patokan color coordinate yang bisa Anda gunakan. Cara ini juga termasuk cara yang populer untuk pengaturan feed.

6. Memperhatikan Kualitas Foto

Hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan sebagai cara membuat feed Instagram menarik adalah memperhatikan kualitas foto yang akan Anda upload. Salah satunya adalah pastikan kualitas foto yang diupload merupakan oto dengan kualitas HD atau resolusi tinggi.

Tujuan dari hal ini sendiri salah satunya adalah memastikan foto tersebut bisa terlihat jelas. Jika meng-upload foto dengan kualitas rendah, maka bisa saja foto tersebut pecah dan tidak bisa terlihat jelas.

Kualitas foto ini sendiri tentu akan sangat berkaitan dengan branding yang akan Anda bangun. Salah satu cara untuk menciptakan kualitas foto yang baik ini adalah dengan melakukan proses edit sebelum foto tersebut Anda upload ke Instagram.

7. Buat Perencanaan Konten

Hal lainnya yang juga bisa Anda lakukan sebagai cara membuat feed Instagram menarik adalah dengan membuat perencanaan konten. Secara mudah, hal ini berupa jadwal konten apa yang harus diupload dan kapan waktunya.

Tujuannya adalah agar Anda tidak bingung menentukan konten mana yang harus diupload saat itu. Pembuatan jadwal ini juga biasanya akan berkaitan dengan engagement dan tujuan dari konten tertentu.

Selain itu, tujuan dari perencanaan konten ini jga adalah menciptakan grid konten yang lebih rapi. Setidaknya, Anda bisa mempersiapkan konten yang akan Anda post di kemudian hari, sehingga hasilnya bisa lebih sempurna.

8. Membuat Skema Warna

Biasanya cara ini dilakukan oleh akun bisnis untuk membuat profil Instagram mereka menjadi lebih menarik. Bagi akun bisnis, akun Instagram sama dengan wajah bisnis mereka di dunia digital, sehingga pasti akan dihias semenarik mungkin.

Skema warna sendiri biasanya akan berpatokan pada warna utama dari bisnis tersebut. Nantinya, setiap postingan akan bernuansa warna tersebut, atau setidaknya menggunakan warna yang senada dengan warna utama.

Penggunaan skema warna juga berkaitan dengan branding dan awareness yang ingin dibangun. Hal ini juga bisa membuat feed Instagram menjadi unik dan tentunya akan berbeda dengan akun bisnis lainnya.

Jadi, Cara Mana yang Akan Anda Gunakan?

Tidak ada data yang pasti tentang cara mana yang paling efektif. Dalam hal ini, semua cara tersebut bisa Anda coba satu per satu dan lihat keunggulannya. Penentuan gaya ini sendiri akan tergantung dengan gaya Anda sendiri.

Terutama untuk kebutuhan bisnis, maka penentuan gaya eed sendiri akan sangat ditentukan oleh branding yang ingin diciptakan. Hal itu karena cara membuat feed Instagram menarik ini akan berkaitan dengan kebutuhan promosi. Baca juga 7 Cara Mudah Download Video di Instagram