Aplikasi Telegram Premium Siap Meluncur, Ini Fitur dan Keunggulannya!

Sudah 7 tahun Telegram menyediakan fitur gratis, namun kabarnya sekarang akan hadir Telegram Premium. Simak selengkapnya!

Aplikasi Telegram Premium Siap Meluncurkan, Ini Fitur dan Keunggulannya!

Aplikasi obrolan Telegram diketahui meluncurkan layanan versi berbayar premium. Kehadirannya semakin menonjol dan akan dirilis pada akhir Juni 2022. Pendiri Telegram Pavel Durov mengatakan Telegram Premium akan tersedia akhir bulan ini bagi pelanggan yang ingin membayar.

Tujuan peluncuran Telegram Premium adalah untuk menghilangkan pembatasan pada obrolan, media, dan unggahan file, tetapi Pavel Durov berjanji bahwa pengalaman dasar layanan Telegram gratis tidak akan terpengaruh sama sekali.

Fitur Terbaru di Telegram Premium

Aplikasi Telegram Premium Siap Meluncurkan, Ini Fitur dan Keunggulannya!

Pada Telegram biasa, ada beberapa batasan yang mungkin dirasakan oleh beberapa pengguna. Walaupun sebenarnya, layanan dasar Telegram sudah sangat memuaskan, seperti fitur boot hingga transfer file. Namun begitu, Telegram Premium hadir dengan fitur tambahan.

1. Batasan 2 kali lebih luas

Untuk pengguna yang berlangganan, Anda dapat memperpanjang batas fitur aplikasi Telegram hingga 2x. Salah satu contohnya adalah jumlah percakapan dalam sebuah folder. Awalnya hanya 100, tetapi sekarang menjadi 200.

Yang lainnya adalah pembatasan saluran dan supergrup ketika langganan dapat ditingkatkan dari 500 menjadi 1000.

2. Ubah pesan suara menjadi teks

Ini menghilangkan kebutuhan pengguna yang repot mendengarkan pesan suara. Telegram Premium sekarang menerjemahkan isi pesan suara yang masuk dan mengubahnya menjadi format teks.

Sejauh ini, tidak ada batasan panjang pesan yang dapat dikonversi pengguna menjadi teks saat mengobrol melalui aplikasi Telegram.

3. Mentransfer file hingga 4GB

Pengguna Telegram Premium bisa mengunggah file hingga ukuran 4GB, tetapi pengguna biasa hanya dapat mengirim file berukuran 2GB. Ini tentu akan memberikan ruang yang lebih luas untuk Anda yang sangat membutuhkan fitur transfer.

Selain itu Anda pun akan mendapatkan fitur kecepatan download. Perusahaan Telegram meningkatkan kemampuan pengguna premium untuk menikmati file, media, dan dokumen lebih cepat dari sebelumnya.

4. Lencana profil Telegram

Telegram Premium juga ingin memperkenalkan fitur lencana profil di sebelah nama pengguna. Pelanggan premium sekarang dapat menggunakan video avatar tidak hanya di profil pengguna, tetapi juga di obrolan dan daftar dialog.

Perusahaan juga menawarkan pilihan opsi ikon aplikasi unik untuk pengguna Telegram Premium.

5. Tanpa iklan dan stiker yang menarik

Postingan sponsor yang muncul di akhir setiap feed setelah dibaca tidak akan muncul lagi di saluran terbuka. Fitur ini hanya berlaku untuk pelanggan Telegram Premium. Selain itu, hadir juga fitur stiker yang menarik untuk digunakan.

Pengguna yang berlangganan mendapatkan animasi tambahan untuk mengobrol dan berinteraksi dengan orang lain. Toko stiker dalam aplikasi juga akan diperbarui setiap bulan. Untuk pengguna gratis, stiker yang ditawarkan sangat terbatas.

6. Berbagai suara notifikasi

Dengan pembaruan terbaru untuk aplikasi Telegram, pengguna kini dapat menggunakan suara apa pun untuk nada notifikasi mereka. Dengan pembaruan ini, pengguna Telegram dapat menggunakan audio pendek yang diunggah untuk dipakai sebagai nada notifikasi dari obrolan.

Jika tidak memiliki suara yang ingin Anda gunakan untuk notifikasi Telegram, Anda dapat memilih dari berbagai opsi, dari Bell hingga Merlin the Cat yang tersedia dari saluran suara notifikasi Telegram.

7. Fungsi penghapusan otomatis

Opsi update juga mencakup peningkatan pada penghitung waktu hapus otomatis, yang secara otomatis menyebabkan pesan dalam obrolan menghilang pada waktu tertentu. Pengguna juga dapat mengaktifkan fitur hapus otomatis dalam obrolan untuk membuat percakapan lebih pribadi.

Telegram juga membuat perubahan khusus sistem operasi, seperti terjemahan yang ditingkatkan pada versi iOS yang mendukung banyak bahasa, seperti Telegram versi Android.

Fitur dan Keunggulan Telegram Dibandingkan WhatsApp

Aplikasi Telegram Premium Siap Meluncurkan, Ini Fitur dan Keunggulannya!

WhatsApp adalah aplikasi yang paling umum digunakan untuk mengirim pesan. Per Februari 2019, WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna di 180 negara. Bahkan, jumlah itu melebihi jumlah Facebook Messenger yang hanya memiliki 1,3 miliar pengguna di seluruh dunia.

Namun, kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan Telegram. Alasannya adalah aplikasi ini lebih baik daripada WhatsApp! Simak beberapa keunggulan Telegram berikut ini:

1. Anda dapat memilih apakah akan mengirim file asli atau file terkompresi

Saat Anda mengirimkan gambar di WhatsApp, resolusi, ukuran dan kualitas gambar akan berkurang secara otomatis. Oleh karena itu, jika Anda perlu mengirim file asli, Anda harus mengirimkannya melalui fitur dokumen.

Tidak seperti Telegram, pengguna dapat memilih untuk mengirim video dan foto dalam versi asli atau foto dan video dalam versi terkompresi. Jadi Anda memiliki pilihan yang lebih baik!

2. Layanan penyimpanan cloud

Keuntungan pertama adalah Telegram memiliki layanan penyimpanan cloud. Ini berarti Anda dapat menyimpan semua pesan video, dokumen, teks, foto dan file lainnya di sana. Anda bebas untuk masuk atau keluar beberapa kali dari beberapa perangkat secara bersamaan tanpa kehilangan data.

Tidak seperti WhatsApp, Anda tidak perlu khawatir tentang mencadangkan dan memulihkan file setelah masuk atau keluar. Selain itu, pengguna dapat menyimpan kontak, catatan audio/video, dan GIF ke tautan. Namun, layanan cloud ini dibatasi hanya 1,5GB per file.

3. Anda dapat memasukkan beberapa nomor telepon secara bersamaan

Anda dapat mengubah nomor atau menambahkan beberapa nomor sekaligus di Telegram tanpa khawatir dengan risiko kehilangan kontak. Oleh karena itu, tidak perlu meneruskan semua kontak ke nomor baru. Ini adalah fitur keunggulan Telegram dibanding WhatsApp.

Untuk mengubah nomor telegram, cukup buka Pengaturan dan masukkan nomornya. Kemudian klik Ubah Nomor dan ikuti langkah-langkah mudahnya. Nantinya, semua pesan akan diteruskan ke nomor baru dan Telegram akan menambahkan semua kontak ke nomor baru.

4. Apakah ada fungsi obrolan rahasia?

Dalam hal keamanan, Telegram adalah yang terbaik! Anda dapat menggunakan fitur obrolan rahasia untuk membuat percakapan lebih pribadi. Karena fitur obrolan rahasia dibangun di antara dua perangkat, pesan ini tidak dapat diakses di perangkat lain dan tidak tersedia di cloud.

Selain itu, fitur secret chat juga dikaitkan dengan sesi login perangkat. Jika Anda keluar dan masuk kembali, Anda mungkin kehilangan semua percakapan dalam obrolan rahasia terakhir Anda. Pesan juga dapat dihapus secara otomatis oleh pengatur waktu dan tidak dapat diretas.

5. Anda dapat meningkatkan kapasitas anggota grup menjadi 5.000!

WhatsApp memiliki kapasitas anggota grup maksimal 256 orang. Di sisi lain, kapasitas grup Telegram standar umumnya hanya dapat menampung 200 orang.

Namun, Anda dapat menggunakan fitur supergroup untuk meningkatkan kapasitas hingga maksimum 5.000 orang. Kapasitas besar ini membantu, misalnya, untuk membuat kumpulan lulusan sekolah. Namun, itu juga dapat digunakan untuk tujuan lain.

6. Anda dapat mengunggah beberapa gambar profil secara bersamaan

Saat menggunakan WhatsApp, hanya ada satu opsi untuk gambar profil Anda. Telegram memungkinkan pengguna mengunggah beberapa gambar profil sekaligus. Bahkan, Anda dapat mengunggah foto profil sebanyak yang Anda suka.

7. Ada juga fungsi bot chat.

Bagi sebagian orang, fitur chatbot ini mungkin dianggap remeh. Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan chatbot ini! Misalnya, menerima notifikasi dan berita, menerima pembayaran dari pengguna Telegram, melacak prakiraan cuaca, menerjemahkan bahasa, dan banyak lagi.

Penutup

Kehadiran Telegram Premium memang menjadi hal yang menarik, pasalnya Telegram telah lama menyediakan layanan gratis. Dengan hadirnya berbagai fitur tambahan pada layanan premium, akan memaksimalkan fungsi Telegram untuk berbagai keperluan.