Apakah Chipset Unisoc Bagus? Review Kelebihan dan Kekurangan Chipset Unisoc

Menjawab pertanyaan apakah chipset Unisoc bagus, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kelebihan serta kekurangan untuk menjadi bahan pertimbangannya.

Apakah Chipset Unisoc Bagus? Review Kelebihan dan Kekurangan Chipset Unisoc
Sumber gambar : https://gadgetren.com

Perkembangan zaman membuat semakin banyaknya jenis smartphone. Keberagaman smartphone ini juga didukung dengan semakin banyaknya jenis chipset yang hadir dengan segala keunggulannya. Di antaranya seperti kecepatan CPU, fabrikasi hingga kemampuan kecerdasan buatannya.

Chipset Unisoc lebih banyak digunakan oleh ponsel yang terbilang murah. Seperti ponsel Advan G5 dan Advan G9 yang didukung oleh chipset Unisoc tipe SC9863A dengan fabrikasi 28 nm. Namun, belakangan ini sudah banyak ponsel lain yang mulai menggunakan chipset ini, salah satunya Realme.

Sejarah Singkat Chipset Unisoc

Apakah Chipset Unisoc Bagus? Review Kelebihan dan Kekurangan Chipset Unisoc
Sumber gambar : https://selular.id

Chipset Unisoc awalnya dikenal dengan nama Spreadtrum. Spreadtrum merupakan produsen chipset yang diakuisisi oleh Tsinghua Unigroup. Selanjutnya Tsinghua Unigroup mengakuisisi perusahaan bernama RDA Microelectronics yang merupakan perusahaan semikonduktor.

Pada tahun 2018, Spreadtrum dan RDA Microelectronics bergabung serta melakukan rebranding dengan nama Unisoc. Unisoc ini kemudian mengeluarkan Chipset 5G dengan fabrikasi yang dinamakan Unisoc T7520. Chipset Unisoc kini banyak digunakan oleh HP murah yang ada di Indonesia.

Kelebihan Chipset Unisoc

Apakah chipset Unisoc bagus? Tentunya jika telah digunakan oleh berbagai merek ponsel ternama, chipset Unisoc ini sudah dapat diperhitungkan. Namun, jika kamu masih ragu berikut akan dipaparkan mengenai kelebihan dari chipset Unisoc ini yang dapat dijadikan pertimbangan kamu.

1. Harga yang Terjangkau

Ponsel yang didukung oleh chipset Unisoc ini biasanya berada di kelas entry-level mulai dari satu juta rupiah saja. Meski begitu chipset Unisoc ini juga memiliki banyak keunggulan. Performa yang mumpuni serta harga yang terjangkau dapat dijadikan jawaban mengenai pertanyaan apakah chipset ini bagus atau tidak.

Selain itu chipset Unisoc tidak hanya mendukung jajaran ponsel murah, tablet Samsung terbaru yaitu Samsung Galaxy Tab A8 juga menggunakan chipset Unisoc ini. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa chipset Unisoc T618 yang digunakan ini masih cukup baik untuk menjalankan aplikasi dan game android.

2. Seri Chipset Unisoc serta Keunggulannya

Dua seri chipset Unisoc yaitu T606 dan T616 sama-sama memiliki spesifikasi yang mirip. Yaitu kedua chipset tersebut sebagai alternatif chipset 4G untuk yang menginginkan smartphone dengan performa tinggi dan harga yang terjangkau.

Beberapa keunggulan yang ada di antaranya ialah penggunaan daya baterai yang lebih hemat, kemampuan kamera yang baik serta ruang penyimpanan besar yang dapat membantu proses aplikasi dan lainnya terjadi lebih instan menjadi beberapa alasan apakah chipset Unisoc bagus atau tidak.

3. Chipset Unisoc dengan Smartphone

Dari kedua seri chipset tersebut yaitu T606 dan T616, Unisoc T606 telah lebih dulu mendukung performa smartphone android resmi yang dikeluarkan yaitu Samsung Galaxy A03. Beberapa alasan mengapa Samsung menggunakan Unisoc dibandingkan chipset lainnya yaitu sebagai berikut.

Selain karena performa Unisoc T606 yang mumpuni untuk segmen entry-level, Samsung juga mengatakan bahwa pihaknya mencoba berkolaborasi dengan berbagai macam brand, sekaligus memperkenalkan Unisoc sebagai salah satu bagian ekosistem chipset yang digunakannya.

Chipset Unisoc juga memiliki prosesor octa-core hingga 1,6 GHz. Prosesor ini mampu menjalankan fitur-fitur penting serta beragam jenis aplikasi yang nantinya akan digunakan oleh pengguna. Unisoc ini menggunakan fabrikasi 12 nm berdasarkan pada arsitektur big.LITTLE generasi baru DynamIQ.

Sementara itu smartphone terbaru yaitu realme C25Y menggunakan seri Unisoc T610 untuk menunjang performanya. Realme ingin memberikan pengalaman terbaik yang tetap terjangkau bagi penggunanya. Memiliki layar yang besar, baterai awet, performa tinggi akan memberikan pengalaman yang menyeluruh.

Realme C25Y yang didukung chipset Unisoc T610 memiliki kapasitas baterai yang besar yaitu sebesar 5000 mAh. Unisco T610 mengemas prosesor octa-core yang terdiri dari dua core tingkat tinggi berarsitektur ARM Cortex-A77 dan enam core tingkat menengah bersitektur ARM Cortex-A55.

4. Kualitas Kamera yang Bagus

Pada seri Unisoc T616 terdapat beberapa keunggulan di bagian fotografi smartphonenya. Di antaranya ialah AI portrait segmentation, seamless zoom, intelligent image retouching dan scene detection. Semuanya bekerja sama untuk menghasilkan akurasi warna terbaik dan foto dengan detail tinggi.

Unisoc T606 mendukung ISP tiga inti yang dapat melakukan pemrosesan gambar di belakang. Berbeda dengan Unisoc T616 yang sedikit lebih baik. Clock speed inti performanya meningkat hingga 2GHz. Untuk ISP nya juga lebih meningkat dengan dukungan sensor beresolusi tinggi hingga 64MP.

Kamera pada Realme C25Y yang didukung oleh chipset Unisoc T610 memiliki beberapa fitur unggulan. Resolusi kameranya sebesar 50MP. Kamera tersebut benar-benar dapat menangkap detail yang tinggi dalam mode resolusi penuh untuk kebutuhan memperbesar dan memotong.

5. Unisoc TG10 Menggunakan Fabrikasi 12nm

Selain performa yang kurang optimal, juga lebih boros daya jika menggunakan chipset seri lama sehingga berpengaruh terhadap pemakaian baterai sepanjang hari. Unisoc T610 menggunakan fabrikasi 12nm, sehingga memberikan performa tinggi dan dalam waktu yang bersamaan.

Oleh karena itu lebih efisien dan hemat daya. Selain itu tidak menyebabkan ponsel panas berlebih. Salah satu alasan apakah chipset Unisoc bagus adalah karena memiliki CPU delapan inti dengan dua ini performa ARM Cortex-A75 dan enam inti lainnya yaitu Cortex-A55 untuk kebutuhan yang lebih ringan.

6. Menjalankan Beragam Aplikasi lebih Mudah

Unisoc membandingkan chipset ini dengan Snapdragon 665 dengan melakukan uji dalam menjalankan 14 aplikasi umum. Hasilnya didapatkan 11 aplikasi yang lebih cepat diakses pada smartphone yang didukung dengan chipset Unisoc dibandingkan dengan chipste Snapdragon 665 tersebut.

7. Kualitas Baterai yang Hemat

Dengan fabrikasi 12nm dan baterai 5.000 mAh, realme C25Y yang didukung chipset Unisoc T610. Ponsel ini memiliki masa pakai yang lama yaitu hingga 48 hari. Chipset ini akan memberikan kenyamanan bagi kamu dalam beraktivitas dan menjadi salah satu jawaban bagi pertanyaan apakah chipset Unisoc bagus.

Kekurangan Chipset Unisoc

Di antara banyaknya keunggulan yang dimiliki, chipset Unisoc juga tidak luput dari kekurangan yang ada. Banyak sekali informasi yang telah menyebutkan bahwa chipset Unisoc lebih rentan untuk dibobol oleh peretas. Sehingga dapat dijadikan pertimbangan apakah chipset Unisoc bagus?

Sebuah perusahaan keamanan dan privasi seluler melaporkan adanya kerentanan beberapa smartphone android yang menggunakan chipset Unisoc ini. Adapun chipset yang rentan ini adalah seri Unisoc SC9863A. Diketahui chipset jenis ini kerap digunakan oleh ponsel kelas entry-level.

Chipset tersebut memiliki celah yang bisa dieksploitasi peretas untuk mendapatkan data pengguna dan fungsionalitas perangkat. Lebih jelasnya, celah ini membuat peretas bisa mendapatkan akses catatan panggilan, pesan singkat, nomor telepon, hingga data pribadi lainnya.

Penutup

Apakah chipset Unisoc bagus? Chipset Unisoc sudah digunakan oleh beberapa brand ponsel ternama maka dapat dikatakan bahwa chipset ini bagus. Kedepannya diharapkan chipset Unisoc ini dapat diproduksi dengan kualitas yang lebih baik lagi agar kekurangan yang ada saat ini dapat dihindari.

Produk apa pun tentunya memiliki kekurangan tersendiri, terlebih ini terkait teknologi yang masih terus dikembangkan. Chipset Unisoc tentunya dapat kamu pertimbangkan sendiri apakah chipset ini bagus atau tidak.