Apa Itu Robotic Process Automation dan Manfaatnya?

Robotic Process Automation, atau RPA adalah teknologi perangkat lunak dengan sistem digital yang melakukan tugas dan membantu bisnis

Apa Itu Robotic Process Automation dan Manfaatnya?

Robotic Process Automation, atau lebih dikenal sebagai RPA, adalah teknologi perangkat lunak dengan sistem digital yang melakukan tugas dan kegiatan bisnis yang berulang dan sederhana yang biasanya dilakukan oleh manusia.

Dalam konteks ini, RPA bukanlah robot yang hanya duduk di depan komputer seperti manusia yang sedang bekerja. RPA adalah perangkat lunak yang dapat mensimulasikan aktivitas manusia dalam sistem digital dengan kecepatan dan akurasi hingga 100%.

Apa itu Robotic Process Automation?

Apa Itu Robotic Process Automation dan Manfaatnya?

RPA adalah perangkat lunak yang membantu menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan pada sistem digital (komputer dan perangkat seluler) dan biasanya ditiru dalam bentuk klik mouse atau ketukan keyboard saat proses pekerjaan selesai.

Teknologi RPA digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti riwayat medis, catatan, faktur, dan layanan medis yang digunakan untuk memproses laporan.

Dalam layanan keuangan, penggunaan umum teknologi RPA adalah penggunaan mobile dan perbankan elektronik, pengelolaan rekening asing, dan konfirmasi pembayaran.

Manajemen rantai pasokan kemudian menggunakan teknologi RPA untuk mengotomatisasi pembelian, memproses, membayar pesanan, memantau tingkat persediaan, dan melacak pengiriman. Sama seperti saat Anda berbelanja online, Anda dapat melihat performa sebenarnya dari produk yang di beli secara real time.

Teknologi Robotic Process Automation sendiri merupakan evolusi dari tiga teknologi utama seperti berikut:

  • Screen Scraping adalah proses pengumpulan data tampilan layar dari aplikasi lama sehingga data dapat dilihat dalam antarmuka pengguna modern.
  • Workflow adalah proses RPA yang menghilangkan proses entri data manual dan meningkatkan kecepatan, efisiensi, dan akurasi.
  • Artificial intelligence adalah sistem kecerdasan buatan yang dapat melakukan tugas-tugas yang memerlukan campur tangan dan kecerdasan manusia.

Jadi apa lagi yang bisa dilakukan manusia jika mereka sudah menggunakan RPA? Apakah orang akan kehilangan pekerjaan?

Jawabannya tentu saja tidak. Dengan teknologi Robotic Process Automation, manusia memiliki lebih banyak kesempatan untuk lebih produktif dengan melakukan pekerjaan yang menarik, kreatif, dan lebih efisien.

Manfaat Menggunakan Robotic Process Automation

Selain efisiensi dan produktivitas, rinciannya menunjukkan beberapa manfaat penggunaan teknologi RPA, terutama dalam bisnis. Pengurangan biaya dilakukan dengan mengotomatiskan pekerjaan sehari-hari karyawan.

Anda dapat mengurangi output produktivitas hingga 30% dengan mengotomatiskan proses robot. Selain itu akan meningkatkan pengalaman pelanggan, Aplikasi RPA memberikan manfaat nyata bagi sumber daya perusahaan agar bisa fokus ke kepuasan pelanggan.

  • Mengurangi risiko operasional: Teknologi RPA membantu perusahaan mengurangi risiko kesalahan manusia yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang pengoperasian sistem.
  • Optimasi proses internal: Otomatisasi proses robot dapat meningkatkan kemampuan robot lebih cepat melalui proses kepegawaian dan pelaporan dalam aktivitas internal dengan meningkatkan kemampuan robot melalui kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) sehingga sangat membantu. Setelah itu, perusahaan perlu secara jelas mendefinisikan tindakan tata kelola mereka sendiri.

Bagaimana Cara Kerja Robotic Process Automation?

Pengguna cukup memberi tahu bot apa yang harus dilakukan dan kemudian membiarkan bot melakukan pekerjaannya. Bot Robotic Process Automation dapat berinteraksi dengan aplikasi atau sistem apa pun dengan cara yang sama seperti manusia berinteraksi.

Satu-satunya perbedaan adalah teknologi RPA dapat berjalan 24 jam sehari, non-stop, jauh lebih cepat, dengan keandalan dan akurasi yang sangat tinggi.

Manfaat Robotic Process Automation (RPA)

Apa Itu Robotic Process Automation dan Manfaatnya?

Melalui pengalaman menerapkan RPA Gleematic dan berbicara dengan pengguna, ada banyak manfaat saat menggunakan RPA Gleematic ataupun RPA lainnya. Berikut beberapa manfaat RPA yang bisa menjadi pertimbangan sebelum menggunakannya

1. Hemat waktu

Melakukan otomatisasi proses akan membantu menghemat waktu seperti membantu dalam pembuatan catatan karyawan baru, memproses tagihan, dan memperbarui kata sandi secara massal.

Serta membantu proses yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok sehingga hanya membutuhkan lebih sedikit waktu dam karyawan. Seperti memproses faktur dari vendor, memperbarui catatan pelanggan, mengedit informasi surat kepada pelanggan, dll.

2. Hemat biaya

Cara tradisional untuk menghubungkan banyak aplikasi TI dan mentransfer data dengan mulus membutuhkan API dari aplikasi ini untuk melakukan “integrasi”. Namun, membeli API untuk aplikasi TI yang unik tentu bisa mahal.

Terutama saat berintegrasi dengan solusi perusahaan besar seperti sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). Metode ini juga membutuhkan tim besar pemrogram yang sangat terampil untuk membentuk koneksi antara beberapa aplikasi TI.

3. Meningkatkan kepuasan karyawan

Teknologi RPA memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting daripada menghabiskan waktu untuk tugas-tugas rutin yang berulang, seperti memperbarui informasi di beberapa database.

Karyawan dapat memiliki kepuasan kerja yang lebih baik sehingga mereka dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk kegiatan yang lebih berharga bagi bisnis mereka.

Sehingga bisa lebih fokus pada tugas-tugas utama, seperti perencanaan, brainstorming kreatif ide-ide baru, berbicara dengan pelanggan, dan membujuk mereka untuk membeli lebih banyak produk.

4. Fleksibel

Salah satu kekuatan terbesar RPA adalah kemampuan untuk menggunakan sistem TI yang sama dengan FTE (Karyawan Penuh Waktu). Namun, tidak ada integrasi yang kompleks dengan semua aplikasi. Teknologi ini juga dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda.

5. RPA yang andal

RPA adalah robot, jadi Anda tidak akan sakit, lelah, atau bosan. Selain itu, Anda dapat merekam aktivitas yang telah diselesaikan sehingga dapat dengan mudah melacak pekerjaan Anda.

6. Kualitas tinggi dan akurat

Manusia cenderung mengalami burnout, sehingga mereka mungkin melupakan banyak hal dan menoleransi beberapa kelalaian dan kesalahan. Faktor manusia dapat menjadi bencana bagi bisnis Anda, karena data dapat terdistorsi.

Mengajarkan langkah-langkah proses spesifik bot RPA memungkinkan bot RPA untuk melakukan tugas dengan akurasi tinggi, tidak seperti manusia yang dapat melakukan kesalahan, terutama ketika volume transaksi meningkat.

7. Produktivitas yang lebih tinggi

Bot RPA dapat beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Ini berarti Anda dapat menyelesaikan pekerjaanlebih cepat dibandingkan karyawan. Membuat Anda memiliki lebih banyak waktu luang.

Ini memungkinkan Anda melakukan lebih banyak pekerjaan sehingga akan meningkatkan produktivitas Anda. Skrip yang dibuat dengan Gleematic RPA dapat dipecah menjadi modul yang lebih kecil dan digunakan kembali untuk beberapa kegiatan.

Hal ini juga akan meningkatkan produktivitas dengan menghilangkan kebutuhan menulis semua skrip baru dari awal.

8. Patuhi aturan yang dibuat pengguna

Robot RPA dapat mengikuti langkah-langkah tepat yang disyaratkan oleh peraturan pemerintah. Bot perangkat lunak ini juga melewatkan langkah-langkah sehingga Anda dapat memverifikasi kepatuhan proses.

Bot Robotic Process Automation sama terampilnya dengan manusia di dunia digital. Bot RPA akan menjadi tenaga kerja digital perusahaan yang dapat berinteraksi dengan sistem atau aplikasi apa pun. Bot dapat menyalin dan mengambil data di situs web,.

Serta bisa menjalankan akun, membuka dan mentransfer file, mengekstrak data dari pesan email, masuk ke program, terhubung ke API, dan mengekstrak data tidak terstruktur. Menggunakan bot tidak memerlukan perubahan sistem apa pun.

Pastikan untuk bertanya jika ada pertanyaan agar tidak ada kesalahan dalam pemasangan. Agar RPA yang dipasang bisa berfungsi sesuai keinginan. Mengingat biaya serta pemasangan RPA tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang lumayan. Baca juga artikel lain terkait Teknologi Mobil Self-Driving, Mungkinkah Akan Terwujud?