Apa Itu Mobil Hybrid? Ini Penjelasan dan Rekomendasinya Terbaru 2022

Mobil hybrid terbaru 2022 dipenuhi beragam merk mobil ternama seperti Toyota, hingga Suzuki, mobil ini diluncurkan demi mengurangi polusi.

Apa Itu Mobil Hybrid? Ini Penjelasan dan Rekomendasinya Terbaru 2022
Sumber gambar : www.alj.com

Ninja Tekno – Mobil hybrid terbaru 2022 kini sedang menjadi sorotan bagi pemerintah Indonesia. Terutama mobil hybrid yang pada tahun 2023 akan didominasi pabrikan asal Jepang. Salah satunya adalah Toyota Innova Hybrid yang akan hadir, selain itu ada juga Nissan Note e-Power, Suzuki Ertiga Hybrid, dll.

Bahkan kini hampir seluruh pabrik otomotif berlomba-lomba memproduksi mobil yang ramah lingkungan, seperti mobil hybrid serta mobil listrik. Hal ini bertujuan buat mengurangi polusi udara yang merupakan sisa hasil pembakaran kendaraan.

Apa Itu Mobil Hybrid?

Sumber gambar : https://daihatsu.co.id

Mobil hybrid terbaru 2022 memakai sumber energi BBM sebagai penggerak utama. Namum saat kecepatan rendah, akan menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama buat menghemat bahan bakar. Kehadiran motor listrik juga memberikan tenaga tambahan saat dibutuhkan.

Seperti saat pengendara ingin menyalip mobil yang berada di depannya, ataupun saat dalam jalanan menanjak. Tidak jarang juga mesin BBM serta motor listrik bisa aktif bersamaan dalam kondisi tertentu. Selain itu, kapasitas baterai yang lumayan besar dapat membuat mobil menempuh jarak jauh.

Mobil Listrik vs Mobil Hybrid

Mobil hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua sistem yaitu mesin konvensional serta baterai listrik. Sedangkan mobil listrik murni hanya bisa menggunakan energi listrik yang tersimpan di baterai besar pada mobil.

Selain itu, mobil listrik juga membutuhkan charger untuk mengisi dayanya, tapi mobil hybrid dapat mengisi daya baterai dengan otomatis. Serta pengisian listriknya dapat berasal dari konversi daya mesin konvensional ataupun kinetik ketika deselerasi.

Kelebihan Mobil Hybrid

Apa Itu Mobil Hybrid? Ini Penjelasan dan Rekomendasinya Terbaru 2022
Sumber gambar : https://carvaganza.com/

Mobil hybrid terbaru 2022 dilengkapi dengan beragam teknologi yang menjadi kelebihannya. Beragam kelebihan ini bisa menjadi bahan pertimbangan saat ingin membeli mobil hybrid. Berikut beberapa kelebihan mobil hybrid yang perlu diketahui :

  • Mobil Ramah Lingkungan

Mobil Hybrid dikenal sebagai mobil yang ramah lingkungan dibandingkan jenis mobil lainnya yang beredar di pasaran. Karena mobil hybrid cuma menghasilkan gas pembuangan lebih sedikit/ minim. Jadi tidak akan menyebabkan polusi di udara serta menghasilkan asap yang sedikit.

  • Kenyamanan saat Berkendara

Mendapatkan kenyamanan ketika berkendara menjadi salah satu hal yang sangatlah penting. Terutama kamu yang memiliki pekerjaan yang sering menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan. Kenyamanan ketika berkendara dapat kamu rasakan saat berkendara dengan mobil hybrid.

  • Perpindahan Gigi yang Halus

Jenis mobil hybrid, menggunakan transmisi tipe Continuously Variable Transmission (CVT). Tipe transmisi pada mobil hybrid, membuat penumpang merasakan perpindahan gigi sangat halus bahkan hampir tidak terasa. Sehingga menambah kenyamanan saat berkendara dengan mobil hybrid.

  • Lebih hemat bahan bakar

Mobil hybrid memakai dua jenis mesin, yaitu motor listrik bertenaga baterai serta membutuhkan bahan bakar minyak (BBM). Ketika berada di tengah kemacetan, mobil akan memakai baterai. Mobil hybrid didesain secara otomatis menggunakan motor listrik ketika dalam kecepatan rendah.

Kekurangan Mobil Hybrid

Apa Itu Mobil Hybrid? Ini Penjelasan dan Rekomendasinya Terbaru 2022
Sumber gambar : www.alj.com

Selain memiliki beragam kelebihan, tentu saja mobil hybrid juga mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan saat ingin membeli mobil hybrid. Beberapa kekurangan mobil hybrid sebagai berikut :

  • Biaya Perawatan Lumayan Mahal

Mobil hybrid tentu saja memerlukan perawatan rutin berkala sama seperti mobil lainnya. Hal ini harus menjadi pertimbangan karena biaya perawatan mobil hybrid cukup mahal. Apalagi perawatan mobil ini tidak dapat dilakukan di sembarang bengkel, harus ditangani dealer ataupun bengkel resmi.

  • Resiko Rusak Karena Banjir

Karena mobil hybrid memiliki komponen dan serta rangkaian listrik, tentu membuat mobil ini lebih rentan dengan air. Mobil hybrid sangat berisiko mendapatkan kerusakan parah saat terkena banjir. Jadi, pastika kamu paham hal ini sejak awal, terutama kamu yang tinggal di daerah rawan banjir.

  • Harga yang Masih Mahal

Dilengkapi beragam fitur yang canggih terdapat di dalam mobil hybrid, membuat harga mobil hybrid masih mahal di pasaran. Bahkan harga untuk sebuah mobil hybrid dua kali lipat dari harga mobil pada umumnya. Hal ini dapat menjadi pertimbangan saat kamu ingin membelinya.

Mobil Hybrid Terbaru 2022

Apa Itu Mobil Hybrid? Ini Penjelasan dan Rekomendasinya Terbaru 2022
Sumber gambar : https://www.drive.com.au

Mobil hybrid menggunakan dua sistem penggerak yaitu motor listrik serta mesin konvensional. Hal ini sedang dikembangkan sebagai upaya produsen otomotif buat menekan polusi di bumi. Mengingat kebanyakan kendaraan menghasilkan emisi gas buangan mobil hybrid.

Memang hingga sekarang belum ada konfirmasi mengenai mobil hybrid yang akan diluncurkan Namun sudah banyak beragam info sebagai gambaran kecanggihan mobil hybrid yang akan diluncurkan. Berikut adalah beberapa mobil hybrid terbaru 2022 yang hadir di Indonesia.

1. Innova Hybrid

Innova hybrid menjadi salah satu mobil hybrid yang akan diproduksi Toyota Indonesia. Tidak hanya rumor tapi semakin diperkuat dari informasi dari Menteri Perindustrian. Salah satu spesifikasinya adalah mobil ini akan memakai penggerak roda depan sama seperti mobil Toyota modern lainnya.

2. Mitsubishi Outlander PHEV 7-Seater

Salah satu mobil hybrid terbaru 2022 yaitu Mitsubishi Outlander PHEV 7-seater. Mobil ini sangat dinantikan para penggemar otomotif di Indonesia karena mobil ini berkapasitas 7 penumpang. Mobil hybrid Mitsubishi ini juga hadir dengan desain yang futuristik serta modern.

Selain itu, mobil hybrid Mitsubishi ini tidak wajib melakukan pengisian energi listrik. Jadi saat listrik pada baterai telah habis, mesin dengan bahan bakar bensin hidup dengan otomatis serta mengisi baterai. Ini sangat cocok dengan kondisi Indonesia yang masih kekurangan tempat pengisian listrik umum.

3. Nissan Note e-Power

Salah satu mobil hybrid yang akan diluncurkan pada tahun 2022 adalah Nissa Note e-Power. Dilihat dari desainnya, mobil ini tidak berbeda jauh dengan mobil Nissan Note Aura e-Power. Hanya saja buat variasi mobil Aura, merupakan versi mobik hybrid yang lebih mewah ataupun tipe paling tinggi.

4. Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki menjadi salah satu merk mobil yang ingin memproduksi mobil hybrid atau elektrifikasi. Ini dibuktikan dengan Suzuki yang berinvestasi lagi di Indonesia hingga Rp 1,2 triliun buat memproduksi Suzuki XL7 Mild Hybrid serta Suzuki Ertiga Mild Hybrid.

Buat mobil Ertiga Mild Hybrid direncanakan mulai beredar di pasaran pada tahun 2022. Sedangkan buat mobil XL7 Mild Hybrid akan diluncurkan setahun kemudian pada tahun 2023. Tapi tidak menutup kemungkinan XL7 Mild Hybrid akan diluncurkan pada tahun 2022.

5. Mitsubishi Xpander Hybrid

Mitsubishi Xpander Hybrid merupakan salah satu mobil hybrid yang akan diluncurkan pada tahun 2023. Tapi mungkin saja mobil hybrid 7-seater ini bisa lebih dulu diluncurkan pada tahun 2022. Namun akan resmi beredar di pasaran pada tahun 2023.

Strategi ini sudah pernah dilakukan pada Xpander mobil konvensional ataupun mobil berbahan bakar bensin. Karena pada saat itu mobil MPV diluncurkan pada 2016 berbentuk konsep. Tapi baru resmi dijual di awal tahun 2017, tapi perihal pendistribusiannya ke konsumen terjadi di awal tahun 2018.

Banyak yang bertanya bagaimana proses kendaraan bertenaga listrik mengisi daya baterainya ketika daya mobil sudah habis. Tapi, hal itu bukanlah hal yang harus dikhawatirkan saat menggunakan mobil hybrid terbaru 2022. Karena daya baterai otomatis diisi ketika mobil sedang memakai mesin bensin.