Apa Itu Mind Map? Simak Informasinya Berikut Ini

Apa itu mind map? Mind mapping merupakan teknik yang biasa digunakan dalam bahan ajar di lingkungan sekolah, kampus dan tempat kerja.

Apa Itu Mind Map? Simak Informasinya Berikut Ini

Ninja Tekno – Sebenarnya apa itu mind map? menurut laporan Asosiasi Manajemen Proyek, mind map dapat diterapkan untuk brainstorming, wawancara, rapat, manajemen proyek, presentasi, dan pengambilan keputusan.

Jadi apa mind mapping itu? Benarkah ia memiliki peran penting dan bagaimana melakukannya? Nah, pada artikel kali ini, kita akan merinci bagaimana mind mapping didefinisikan dan langkah-langkah untuk memulainya.

Definisi Apa Itu Mind Map

Ketika mind mapping diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka dapat diartikan sebagai proses pemetaan pikiran. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan konsep masalah tertentu untuk membentuk hubungan dengan konsep pemahaman yang menghasilkan output.

Output tersebut kemudian dialirkan langsung ke media (baik berupa teks maupun gambar) sehingga desainer dapat dengan mudah memahaminya. Output yang dihasilkan merupakan gambaran tentang bagaimana pikiran bekerja dan bagaimana kaitannya dengan koneksi di otak.

Definisi Apa Itu Mind Map Menurut Ahli

Setelah mengetahui definisi apa itu mind map secara umum, dibawah ini merupakan beberapa definisi mind map atau mind mapping menurut ahli sehingga Anda lebih mengenal mind mapping lebih baik lagi.

  • Melvin L. Silberman

Melvin L Silberman berpendapat bahwa mind mapping merupakan upaya siswa yang kreatif untuk memahami dan menghasilkan ide dari pelajaran yang telah diserapnya. Siswa menggunakan metode ini untuk membuat proyek atau rencana baru.

  • Porter dan Hernacki

Menurut Porter dan Hernacki, mind mapping sebenarnya adalah metode yang digunakan untuk merekam sesuatu dengan cara yang lebih kreatif dan efektif. Faktanya, orang yang menggunakan metode pemetaan pikiran ini untuk membantu mereka memaksimalkan kinerja di otak mereka.

  • Ausubel

Ausubel mengatakan bahwa mind map atau peta pikiran sebenarnya digunakan untuk menggambarkan hubungan antar konsep yang membentuk proposisi. Proposisi adalah kombinasi dari dua atau lebih konsep, digabungkan dengan kata satuan semantik.

Jenis Peta Pikiran

Setelah mengetahui definisi apa itu mind map dari beberapa ahli, saatnya kita Anda mengetahui jenis-jenis mind map agar lebih mudah untuk dipelajari. Sebenarnya ada beberapa jenis peta pikiran yang harus Anda ketahui.

  • Perencanaan Kurikulum

Jenis peta konsep yang pertama disebut juga dengan silabus atau pemetaan makro. Adanya silabus ini membantu memberikan gambaran tentang apa yang telah dipelajari. Biasanya muncul sebagai lukisan besar di dinding.

  • Pemetaan Bab

Berikutnya adalah kelas pemetaan pikiran di mana keberadaan dibangun di atas rangkaian kelas yang telah Anda pelajari sejauh ini. Jenis peta konsep ini biasanya dibuat dengan meringkas poin-poin penting dari pelajaran agar lebih mudah diingat.

  • Kumpulan Paragraf

Selanjutnya, jenis mind mapping selanjutnya adalah pemetaan paragraf. Peta konsep jenis ini memberikan informasi secara lebih lengkap dan rinci. Deskripsi singkat dari setiap bab yang dipelajari ditampilkan serta deskripsi setiap bab.

Langkah Langkah Membuat Mind Map

Pemetaan pikiran atau mind mapping sangat mudah. Anda dapat membuatnya secara manual menggunakan kertas atau papan tulis, atau menggunakan perangkat lunak yang disertakan. Berikut cara membuat mind map secara manual.

  • Temukan Media Yang Ingin Anda Gunakan

Jika Anda membuat mind map, carilah media seperti lembaran kertas besar, papan tulis, atau dinding kapur. Pilih mode lanskap jika memungkinkan. Hal ini untuk mempermudah proses mind mapping, apalagi konsepnya terus berkembang. Buat konsep pada selembar kertas terpisah.

  • Pilih Topik Besar

Langkah selanjutnya adalah menentukan topik atau konsep inti utama untuk peta pikiran ini. Tempatkan subjek di tengah kertas atau papan sehingga Anda dapat dengan mudah menulis di cabang lainnya.

  • Buat Subtopik

Setelah Anda mengidentifikasi topik umum, Anda juga harus memilih subtopik yang terkait dengan cabang. Saat membuat cabang, usahakan untuk membuat garis yang tidak terlalu lurus. Tujuannya adalah untuk membuat peta pikiran kurang teliti dan lebih mudah dipahami.

Kelebihan Menggunakan Mind Map

Setelah mengetahui secara lengkap apa itu mind map, mungkin Anda bertanya apa kelebihan dari mind map itu. Mind map ini dibuat tanpa alasan. Meskipun terlihat seperti gambar biasa atau coretan, mind map memiliki banyak kelebihan. Seperti berikut ini :

  • Membantu Proses Belajar

Seperti disebutkan sebelumnya, peta pikiran membantu Anda memahami konsep dan materi secara keseluruhan. Hal ini karena ketika Anda membuat peta pikiran, Anda “terpaksa” untuk mengasosiasikan konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada.

  • Membuat Hal-Hal Penting Lebih Mudah Diingat

Mind mapping kreatif dapat membantu Anda mengingat banyak hal yang awalnya rumit dengan cara yang paling sederhana. Dengan cara ini, membaca satu kata kunci saja atau melihat peta konsep akan membuat materi yang Anda pelajari lebih lama melekat.

  • Lebih Produktif

Menurut laporan Business Insider, salah satu manfaat utama mapping pekerjaan adalah kemampuan untuk memvisualisasikan urutan langkah yang diperlukan untuk sebuah proyek.. Peta pikiran juga memudahkan untuk mengidentifikasi tugas-tugas prioritas tinggi.

Penutup

Demikian artikel tentang apa itu mind map yang harus Anda ketahui. Dengan banyaknya fitur dan fasilitas yang disediakan, Anda dapat membuat mind map sendiri untuk membantu memahami topik atau bidang pekerjaan yang Anda geluti.