Apa Itu Metaverse; Pengertian, Cara Kerja dan Kegiatan di Dalamnya

Dunia metaverse terus dikembangkan oleh berbagai perusahan. Lalu apa itu metaverse, cara kerja dan apa saja yang dapat dilakukan di dalamnya?

Apa Itu Metaverse; Pengertian, Cara Kerja dan Kegiatan di Dalamnya

Dunia sekarang dihebohkan dengan kemunculan ide terkait dunia metaverse. Ini menjadi topik yang sangat ramai diperbincangkan baik itu oleh ahli ekonomi bisnis, marketing dan juga tentunya ahli IT. Hal tersebut karena memang dunia metaverse ini digadang-gadang akan menjadi masa depan.

Popularitas dunia metaverse semakin melejit ketika Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook berencana untuk menghadirkan dunia tersebut. Bahkan Mark sendiri telah mengubah nama perusahaannya menjadi Meta. Hal tersebut merupakan indikasi keseriusan Mark Zuckerberg untuk membangun metaverse.

Apa Itu Metaverse?

Apa Itu Metaverse; Pengertian, Cara Kerja dan Kegiatan di Dalamnya

Seperti yang telah kita ketahui jika metaverse ini menjadi sangat populer belakangan. Namun begitu, tidak banyak yang mengetahui terkait pengertian apa itu dunia metaverse. Karena memang istilah ini belum lama dikenal oleh publik.

Walaupun istilah metaverse ini sejatinya telah ada sejak lama. Bahkan penggunaan istilah ini telah digunakan pada tahun 1992. Pada saat itu kata metaverse pertama kali diperkenalkan oleh Neal Stephenson pada sebuah novelnya yang memiliki tajuk “snow crash”.

Beberapa orang mengartikan bahwa metaverse ini merupakan istilah untuk dunia virtual berbasis 3D. Namun demikian, makna dari metaverse ini belum dapat diartikan secara universal. Itu karena metaverse ini hanya masih dalam bentuk konsep.

Jika kita melangsir Times, ini dapat diartikan sebagai dunia internet yang kemudian dibuatkan versi 3D dan virtualnya. Sehingga apa-apa yang bisa dilakukan di internet sekarang, akan hadir dalam bentuk 3D dan virtual. Contohnya adalah bekerja secara daring, maka kemungkinan di masa depan ini pun akan dapat dilakukan secara virtual 3D.

Zuckerberg sebagai CEO Meta menganggap metaverse ini merupakan dunia virtual yang dapat dimasuki oleh para pengguna. Sehingga bukan hanya melihat layar namun juga kamu dapat berinteraksi layaknya di dunia nyata. Sehingga ini akan membentuk komunitas virtual yang saling berkaitan satu sama lain.

Dampak Positif Kehadiran Metaverse

Ada banyak hal positif yang didapatkan ketika dunia metaverse ini benar-benar hadir. Ini mungkin akan sedikit mengubah cara dunia bekerja. Beberapa kelebihan dunia metaverse tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Ladang Promosi

Di dalam dunia metaverse kita dapat membangun billboard atau yang biasa juga dikenal dengan papan iklan. Ini dapat digunakan untuk melakukan promosi produk ataupun jasa. Sehingga nantinya melalui promosi tersebut kita dapat menghasilkan uang.

2. Menambah Relasi

Dunia metaverse dibuat untuk saling terhubung, ini akan menjadikannya seolah tanpa batas. Kita dapat berinteraksi dengan siapapun dari belahan dunia manapun. Sehingga ini akan menjadi tempat yang bisa kita gunakan untuk menambah relasi.

3. Sebagai Tempat Hiburan

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di dalam dunia metaverse. Ini dapat menjadi tempat untuk mencari sedikit hiburan dari penatnya dunia nyata. Sebagai contoh adalah olahraga boxing, berbelanja dan kegiatan-kegiatan lain.

Dampak Buruk Hadirnya Dunia Metaverse

Virtual Reality : Definisi, Cara Kerja dan Contohnya

Bukan hanya hal positif saja yang akan didapat dari hadirnya dunia metaverse ini. Ada juga beberapa dampak negatif yang mungkin akan timbul ketika kamu menggunakan dunia metaverse. Beberapa dampak negatif tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memperburuk Kesehatan Psikologis dan Fisik

Ketika kamu masuk pada dunia metaverse, secara otomatis akan membuat tubuh kamu di dunia nyata berdiam diri. Sehingga ini akan membuat kita lupa dari kebutuhan pangan dan juga tidur. Tubuh dan psikologis akan menjadi lemah jika penggunaan metaverse ini terlalu berlebihan.

2. Membuat Candu

Pengguna juga akan mendapatkan kebebasan berekspresi di dalam dunia metaverse. Sehingga setiap orang dapat merasakan kenyamanan dan juga menimbulkan kecanduan. Tentu saja ini akan menjadi dampak buruk yang akan menjadikan orang secara perlahan meninggalkan dunia nyata.

3. Meningkatkan Resiko Pelecehan

Dunia metaverse dilengkapi dengan sensorik yang dapat memberikan pengalaman nyata. Ini dapat dilakukan secara bebas sehingga dapat meningkatkan risiko pelecehan. Banyak pengguna yang merasa dilecehkan sebab perbuatan yang tidak benar yang dilakukan oleh pengguna lain.

Apa yang Dapat Dilakukan Dalam Dunia Metaverse

Apa Itu Metaverse; Pengertian, Cara Kerja dan Kegiatan di Dalamnya

Dunia metaverse dibuat sedemikian rupa untuk dapat menghadirkan perasaan nyata. Sehingga berbagai aktivitas yang dilakukan pada dunia nyata juga dapat dilakukan pada dunia metaverse. Beberapa hal yang dapat dilakukan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bekerja

Bekerja merupakan hal utama yang mungkin akan dilakukan oleh banyak orang di dalam dunia metaverse. Kehadiran metaverse akan memudahkan orang untuk terhubung dan mengerjakan sebuah pekerjaan secara bersama-sama. Bahkan setiap orang tidak perlu harus bertemu fisik.

Cukup dengan peralatan metaverse akan menjadikannya lebih mudah untuk dilakukan. Bahkan sekarang Meta telah menghadirkan sebuah software meeting bernama Horizon Worksroom. Ini dapat dilakukan dengan perangkat headset virtual reality, oculus rift dan juga kacamata AR.

2. Berbelanja

Untuk kamu yang suka shopping ataupun berbelanja dapat melakukannya hanya melalui dunia virtual. Kamu dapat membeli produk fisik ataupun non fisik pada dunia metaverse ini. Semuanya dapat dilakukan hanya mengandalkan perangkat virtual reality.

Produk-produk fisik nantinya akan dikirim ke alamat pembali seperti halnya ketika kamu membeli barang online. Begitupun akan lebih mudah ketika produk yang dibeli adalah non fisik. Ini dapat menjadi nilai untuk disimpan atau dijual kembali nantinya.

3. Berolahraga

Beberapa jenis olahraga dapat dilakukan hanya melalui perangkat virtual reality. Contohnya adalah olahraga lari yang dapat dipadukan dengan peralatan treadmill. Atau juga bisa melakukan olahraga boxing dengan menggunakan peralatan sarung tangan dan sensorik.

Ini akan menjadikannya lebih mudah dan terasa nyata di dalam dunia metaverse. Semuanya dibuat sedemikian rupa untuk menghadirkan sensasi olahraga yang sesungguhnya. Sehingga kamu tidak perlu keluar rumah untuk melakukan kegiatan olahraga tertentu.

4. Bermain Game

Bermain game juga salah satu hal yang dapat dilakukan di dalam dunia metaverse. Ini akan lebih menyenangkan karena semuanya dapat dilihat dan dirasakan layaknya seperti di dunia nyata. Terlebih sekarang telah banyak perusahaan mulai mengembangkan game yang memiliki grafik virtual reality.

Kehidupan Baru di Dunia Metaverse

Kita telah mengetahui sedikit banyaknya terkait apa itu metaverse. Ini merupakan dunia virtual yang dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai dunia aslinya. Setiap orang dapat melakukan banyak kegiatan di dalam dunia metaverse tersebut.

Pada dunia virtual reality tersebut kita perlu menggunakan kacamata dan software khusus. Dunia metaverse ini dapat diakses melalui konsol ataupun komputer. Sehingga setiap orang dapat berpartisipasi dalam kehidupan di metaverse.

Namun demikian ada hal positif dan negatif yang menjadi dampak dari perkembangan dunia metaverse. Sebagai pengguna kita perlu mensiasati perkembangan dunia tersebut. Hal-hal yang menjadi dampak positif dapat kita gunakan sebaik mungkin.

Sedangkan untuk hal-hal negatif sebaiknya untuk kita tinggalkan. Penggunaan secara positif dan tidak berlebihan mungkin akan membantu manusia untuk melakukan berbagai hal dengan mudah. Karena kemungkinan teknologi inilah yang akan menjadi masa depan dunia kita.