Apa itu Handsfree? Perbedaannya dengan Headphone, Headset dan Earphone?

Perbedaan antara headphone, earbud, headset dan handsfree, sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh, tapi tetap saja memiliki keuntungan atau kekurangannya.

Apa itu Handsfree? Perbedaannya dengan Headphone, Headset dan Earphone?

Ninja Tekno – Banyak orang tidak tahu apa itu handsfree? Lalu apa perbedaannya dengan earphone, headphone dan headset. Semuanya memiliki fungsi yang sama, tetapi digunakan dengan cara yang sedikit berbeda. Semuanya juga sama-sama bisa digunakan untuk mendengarkan audio.

Perkembangan teknologi telah membuat beragam perangkat mendengarkan audio dan tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari headset, headphone, earphone, dan handsfree. Berikut perbedaan, keuntungan dan kekurangan dari beragam perangkat tersebut.

Apa Itu Handsfree? Perbedaannya dengan Headphone, Headset, dan Earphone

Perbedaan antara headphone, earbud, dan perangkat pendengar audio lainnya sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh. Semua alat ini dapat memberi pemiliknya pengalaman mendengarkan audio yang berbeda. 

Faktanya, tidak ada model yang digemari secara umum, walaupun memang semua perangkat ini bisa digunakan untuk mendengar audio. Tapi tentu saja ada fitur-fitur yang menjadi keunggulannya masing-masing.

Untuk memahami apa itu handsfree? Lalu apa perbedaannya dengan headphone, earphone, dan perangkat pendengar audio lainnya, Anda perlu mengetahui definisi perangkat tersebut. Di bawah ini adalah deskripsi perangkat mendengarkan audio yang berbeda.

Earphone

Earphone adalah perangkat untuk mendengarkan suara yang mirip dengan headphone. Lalu apa perbedaan handsfree dengan earphone? Jawabannya adalah ukuran earphone yang sangat kecil. Sehingga mudah dibawa kemana-mana dan kualitas suaranya yang semakin bagus.

Handsfree

Apa itu handsfree? Handsfree merupakan salah satu perangkat untuk mendengarkan audio ini mirip dengan earbud karena ukurannya yang kecil. Namun, ia memiliki mikrofon yang dapat untuk komunikasi dan dapat melakukan panggilan telepon.

Handsfree ini juga dilengkapi dengan beberapa tombol yang berfungsi untuk menerima atau mengakhiri panggilan, serta tombol untuk mengatur volume suara. Ada dua jenis perangkat handsfree saat ini, yang menggunakan kabel dan yang tidak menggunakan kabel atau nirkabel.

Pengguna biasanya berkomunikasi dengan perangkat terdekat yang mengirim dan menerima suara dan data lainnya sebagai paket digital. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh handsfree adalah Bluetooth. 

Bluetooth adalah standar teknologi nirkabel terbuka khusus untuk bertukar data jarak pendek. Teknologi handsfree paling sederhana menggantikan receiver genggam tradisional dengan headphone untuk percakapan telepon.

  • Keuntungan :

Setelah mengetahui apa itu handsfree?  Ketahui juga keuntungan handsfree salah satunya yaitu memungkinkan pengguna untuk memanggil nomor telepon, mengakses informasi dari Internet, dan menggunakan perintah suara untuk melakukan panggilan.

  • Kekurangan :

Karena kecil dan mini, pengguna bisa salah menaruhnya dan kesulitan menemukannya. Sehingga pengguna harus menyimpan handsfree dengan benar agar mudah ditemukan.

Headphone

Perbedaan headset dan headphone adalah desainnya yang memiliki dua earbud yang dikenakan di telinga kiri dan kanan. Selain itu, headphone juga memiliki dudukan yang menghubungkan kedua headphone ini dan berfungsi sebagai penyangga di atas kepala.

Dalam hal suara, headphone unggul, terutama dalam kategori musik yang pelan dan rendah. Hal inj memungkinkan pengguna untuk mendengar rentang frekuensi suara yang rendah juga, dengan bass yang lebih terdengar.

  • Keuntungan :

Tidak hanya itu, kebanyakan headphone saat ini hadir dengan fitur peredam bising, sehingga pengguna tidak dapat mendengar suara lain di sekitarnya saat memakainya. Headphone dirancang agar pas dengan telinga Anda, sehingga nyaman digunakan.

Dilengkapi dengan bantalan lembut yang berfungsi sebagai output sehingga dapat memberikan performa audio yang maksimal. Bantalan lembut nyaman membuat headphobe bisa digunakan untuk waktu yang lama. Headphone ini dapat digunakan di luar ruangan atau di dalam ruangan.

  • Kekurangan :

Headphone ini ringan, tetapi agak besar, jadi Anda memerlukan tas yang sesuai dengan ukuran headphone. Headphone ini tidak dapat digunakan untuk konferensi video karena tidak memiliki fungsi mikrofon dan hanya digunakan untuk mendengarkan audio.

Headset

Setelah mengetahui apa itu handsfree? Tentu timbul pertanyaan, apa bedanya dengan headset? Dari segi tampilan, headset justru mirip dengan headphone karena memiliki perangkat yang menutupi telinga. Namun yang membedakan adalah mikrofon yang terpasang di headset.

Headphone pada dasarnya adalah headphone dengan mikrofon tambahan sehingga dapat digunakan tidak hanya untuk mendengarkan tetapi juga untuk komunikasi. Headset cocok untuk konferensi video dengan menghubungkan mikrofon atau speaker ke perangkat. 

Tak hanya itu, suara yang dihasilkan jernih dan tajam, membuat headset ini nyaman digunakan untuk bermain game. Headphone sebagian besar digunakan dengan komputer dan telepon. Mikrofon ini membuatnya ideal untuk pekerjaan yang membutuhkan berurusan dengan orang asing, seperti layanan pelanggan.

  • Keuntungan :

Headset memiliki mikrofon dan dapat digunakan untuk panggilan video, panggilan telepon, dll. Dilengkapi dengan fungsi peredam bising, Anda tidak akan terganggu oleh suara di sekitarnya. 

  • Kekurangan :

Headset ini ringan, tetapi memiliki desain mikron yang membuatnya sangat besar dan sedikit tidak nyaman untuk dipegang. Sehingga bisa menjafi pertimbangan sebelum membeli headset.

Earbuds

Earbuds merupakan salah satu perangkat audio terbaik, Anda juga harus tahu tentang teknologi earbud terbaru. Ini adalah perangkat kecil yang Anda masukkan langsung ke saluran telinga mirip seperti earphone.

Menjadi perangkat terkecil, ringan dan menawarkan portabilitas yang tak tertandingi. Sangat nyaman digunakan saat bepergian. Karena itu, perangkat ini sangat disukai oleh para atlet, earbud biasanya dilengkapi dengan beberapa kepala silikon. 

Menemukan saran yang tepat adalah penting jika Anda berencana untuk berolahraga saat menggunakannya. Juga, beberapa orang mengklaim bahwa earbud memungkinkan mereka untuk dipakai selama berhari-hari dengan sangat nyaman.

Tips Membersihkan Earphone, Handsfree, Headset, Headphone

Setelah mengetahui apa itu handsfree? Jangan lupa untuk selalu merawat handsfree, headphone, headphone, ear bud, agar tetap awet dan memberikan performa audio yang sama seperti saat Anda membelinya. Berikut ini beberapa tips untuk merawatnya :

Tips pertama yang perlu diperhatikan yaitu perawatan kabel untuk menjaga performanya. Tentu saja, bagi siapa saja yang menggunakan headphone berkabel, industri kabel adalah bencana – pastikan Anda tidak terlalu menekan kabel. 

Saat mengembalikan kabel, jangan membungkusnya terlalu erat. Hindari merusak kabel. Kedua, jaga kebersihan headphone dan earbud Anda. Headphone, terutama earbud yang kotor, dapat menyebabkan distorsi kualitas suara yang dihasilkan.

Selain dapat menyebabkan iritasi telinga, harap dibersihkan. Lebih baik lagi, gunakan kain microfiber untuk membersihkan bantalan headphone Anda. Terakhir, simpan headphone atau earbud Anda di tempat yang kering. 

Perhatikan Cara Penggunaan Earphone, Handsfree, Headset, Headphone

Setelah Anda memahami apa itu handsfree? Lalu perbedaannya dengan headphone, earbud, earphone dan headset. Anda juga harus tahu bahwa menggunakan perangkat audio ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Ada banyak penyebab potensial dari gangguan pendengaran, tetapi kebisingan adalah yang nomor satu. Tingkat kebisingan di atas 85 desibel (dB) dapat merusak sel-sel rambut di telinga bagian dalam. Waktu pemaparan aman maksimum terhadap suara adalah 8 jam.

Di atas level ini, waktu mendengarkan yang aman dibagi dua untuk setiap peningkatan 3 desibel suara. Kita juga perlu memahami bahwa efek kumulatif dari paparan kebisingan dari waktu ke waktu mempengaruhi pendengaran.

Mengistirahatkan telinga menjadi salah satu cara mencegah terjadinya kerusakan pendengaran permanen. Bahkan para ahli menganjurkan “aturan 60/60”, yaitu mendengarkan musik dengan volume maksimum 60% dan setiap 60 menit kemudian istirahatlah.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap apa itu handsfree? Perbedaannya dengan earbuds, headset, headphone serta earphone. Selain itu, pastikan untuk selalu merawat kesehatan serta mencegah kerusakan telinga dengan mengontrol volume musik yang didengarkan.