Ampuh, Ini Cara Mengatasi Malware di Komputer

Apakah Anda sedang mencari cara mengatasi malware di komputer? Pada artikel ini kita akan membahas cara menghilangkan malware yang ampuh dan efektif.

Cara Mengatasi Malware yang Ampuh dan Efektif di Komputer

Untuk memastikan keamanan data pribadi Anda, sangatlah penting untuk mengetahui cara mengatasi malware. Perangkat seperti laptop, komputer, atau ponsel yang sering terhubung ke jaringan internet rawan terkena serangan virus malware.

Apalagi saat ini penyebaran malware dilakukan melalui berbagai cara yang cukup mengecoh seperti unduh aplikasi, klik link sembarangan, iklan dari game, dan sebagainya. Hal ini dapat membahayakan dan merusak perangkat yang Anda gunakan beserta data-data di dalamnya.

Apa Sih Malware Itu?

Malware atau malicious software adalah sebuah program yang dirancang untuk memasuki sistem dari komputer, jaringan, atau server tanpa sepengetahuan pemiliknya. Tujuan utama dari malware adalah untuk merusak sistem dan mencuri data-data penting dari perangkat yang dimasuki.

Biasanya malware dapat masuk melalui file yang diunduh dari browser Anda. Setelah masuk, penyebaran malware pun sangat cepat, hanya dalam beberapa menit saja dapat menyebar ke seluruh sistem dari perangkat Anda.

Data-data yang jadi target pencurian biasanya berupa data kartu kredit, data pribadi, email dan password, data kesehatan, mata uang kripto, dan lain-lain. Dengan mengetahui cara mengatasi malware ini, maka Anda dapat memastikan keamanan perangkat dan data-data penting Anda.

Apa Saja Jenis-jenis Malware

Untuk dapat mengatasi sebuah virus malware berbahaya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis, spesifikasi dan perilaku dari virus malware tersebut. Berikut adalah jenis-jenis malware yang harus Anda ketahui:

1. Malware Trojan

Malware ini menyerang secara diam-diam dan tersembunyi. Aktivitas Trojan disamarkan sebagai program normal, tetapi mengandung elemen jahat. Ia akan mencuri data-data penting dari perangkat tersebut, bisa berupa transaksi, password atau hal lainnya.

Jenis malware ini merupakan yang paling berbahaya dan memerlukan tenaga ekstra untuk mengatasinya. Penyebarannya sulit diprediksi karena seringkali tersembunyi di balik kode program, bahkan Anda tidak akan menyadari bahwa program yang dijalankannya adalah Trojan.

2. Malware Sebagai Pengintai dan Pencuri Data

Contoh jenis malware ini adalah spyware. Biasanya hacker memasukkan spyware terlebih dahulu ke dalam perangkat secara eksplisit. Kemudian akan merekam semua aktivitas perangkat dari data pribadi hingga detail seperti password, nomor kartu kredit, bahkan kebiasaan browsing Anda.

Biasanya, spyware masuk melalui file atau program yang didownload walaupun filenya benar-benar aman. Desain spyware ini adalah untuk mengumpulkan data dan kemudian mengirimkannya ke pihak ketiga tanpa persetujuan pemiliknya.

3. Malware Jenis Worm dan Virus

Worm adalah jenis malware yang mampu bereplikasi atau menggandakan dirinya sendiri dan kemudian menyebar secara mandiri ke perangkat lain. Secara umum, worm dapat masuk melalui koneksi internet atau dari file yang berhasil diunduh.

Sedangkan virus merupakan malware yang melekat Bersama dokumen atau file di perangkat komputer. Virus dirancang untuk merusak sistem operasi dan menyebabkan berbagai masalah seperti hilangnya data atau informasi pengguna saat mengakses dokumen.

Cara Mengatasi Malware di Laptop dan Komputer

Setelah mengetahui jenis-jenis malware, berikut ini beberapa langkah cara mengatasi malware di laptop atau komputer Anda.

1. Pastikan File Anda Sudah di Backup

Langkah pertama cara mengatasi malware di laptop atau komputer adalah Anda harus memastikan bahwa file atau data penting sudah di backup. Sediakan backup di hard drive atau cloud drive Anda yang dapat diakses kapan saja sehingga file dan data tetap aman.

2. Putuskan Sambungan Internet

Segera putuskan sambungan internet perangkat Anda ketika mencurigai adanya malware yang masuk menyerang perangkat. Ini dilakukan untuk mencegah data dikirim dari komputer Anda ke pihak ketiga melalui internet karena koneksi internet biasanya merupakan pintu masuk malware.

3. Aktifkan Safe Mode

Safe mode merupakan salah satu cara mengatasi virus komputer atau laptop Anda. Mode ini biasanya digunakan untuk memperbaiki kerusakkan atau suatu ancaman di perangkat Anda. Dan hanya menampilkan layanan atau program yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut Langkah-langkah mengaktifkan safe mode:

  • Restart perangkat Anda
  • Tekan F8
  • Pilih Safe Mode yang diinginkan

4. Hapuslah File Temporary

Salah satu cara mengatasi malware yaitu dengan menghapus file temp atau cache yang ada di perangkat Anda. Temporary file, termasuk cache dan cookie yang tersimpan di perangkat Anda, sering kali menjadi tempat penyimpanan malware.

Apalagi jika sering berselancar dan mengunduh banyak file dari Internet, Anda harus secara berkala menghapus temporary file, caches, dan cookies. Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda dapat memanfaatkan fitur Disk Cleanup untuk menghapusnya.

Untuk menghapus file tersebut, bisa juga melalui command prompt laptop atau PC Anda. Caranya adalah dengan menekan bersamaan logo Windows dan R di keyboard, kemudian ketik %temp% lalu hapus semua file yang muncul.

Jika yang terjangkit adalah perangkat seluler Anda, maka cara mengatasi malware di HP adalah dengan menggunakan aplikasi anti malware yang tersedia di Play Store atau App store.

5. Scan Perangkat Anda Dengan Software Anti Malware

Cara mengatasi malware berikutnya adalah dengan menjalankan pemindaian virus atau scanning. Jika di perangkat Anda sudah terinstal aplikasi atau software antivirus, segeralah untuk scanning secara menyeluruh.

Cara membersihkan virus di laptop tanpa aplikasi pun bisa dilakukan dengan memakai software bawaan yaitu Windows Defender. Caranya, ketik di search bar Windows Defender, klik “Open Windows Defender SecurityCenter”, klik “Virus and Threat Protection”, dan klik “Advance Scan”.

Dengan scanning, Anda akan diberitahu malware jenis apa saja yang bersarang di perangkat. Ketika proses scanning selesai, software antivirus secara otomatis akan menghapus dan menghilangkan malware dari perangkat Anda.

6. Hapus Aplikasi Tidak Dikenal

Jika cara mengatasi malware dengan scanning gagal, maka Anda harus memeriksa apakah ada aplikasi atau program yang tidak dikenal di perangkat Anda. Caranya, masuk ke menu Pengaturan atau Settings, kemudian klik Apps, lalu klik uninstal aplikasi atau program yang mencurigakan.

7. Reset Browser Anda

Browser merupakan salah satu pintu masuk bagi malware melalui unduhan file-file tertentu. Maka cara mengatasi malware yang berasal dari unduhan browser tersebut adalah dengan mereset browser di perangkat Anda.

  • Browser Google Chrome

Berikut ini cara menghapus malware di browser Google Chrome:

  • Buka aplikasi Chrome
  • Klik tanda titik tiga di kanan atas
  • Klik “Settings”
  • Klik “Reset and Clean Up”
  • Klik “Clean Up Komputer”
  • Klik “Find”
  • Jika ditemukan malware, klik “Remove”

 

  • Browser Mozilla FireFox

Cara mengatasi malware di browser Mozilla FireFox:

  •   Buka Mozilla Firefox
  •   Buka menu Help
  •   Klik “Troubleshooting Information”
  •   Klik “Refresh Firefox”
  •   Klik Kembali “Refresh Firefox”

8. Reset Laptop, PC, atau Handphone

Cara terakhir untuk mengatasi malware adalah dengan mereset ulang perangkat tersebut. dan secara otomatis akan menghapus dan menghilangkan malware di perangkat Anda. Cara ini dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan malware di Windows 10, perangkat Android, dan lain-lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi malware yang dapat dilakukan ketika perangkat Anda sudah terjangkit virus atau malware. Diharapkan Anda lebih berhati-hati dalam berselancar di internet, backup selalu data-data penting Anda, dan install antivirus untuk menjaga perangkat dari malware. Baca juga Rekomendasi 5 Anti Virus Windows Terbaik 2022