Alat Untuk Live Streaming yang Perlu Kamu Persiapkan

Jika kamu ingin jadi seorang streamer, maka kamu harus mengetahui apa saja alat untuk live streaming agar siaranmu berjalan lancar.

Alat Untuk Live Streaming yang Perlu Kamu Persiapkan

Saat ini live streaming menjadi sebuah profesi baru bagi kebanyakan anak muda sebagai konten kreator untuk youtube, tiktok, facebook, Instagram, dan lain-lain. Sebagai persiapan, tentu Anda harus menyiapkan beberapa alat untuk live streaming agar kualitas siarannya lebih mantap.

Meskipun live streaming peminatnya banyak, tetapi masih banyak juga orang yang belum mengerti bagaimana cara produksi siarang langsung tersebut. Pengetahuan tentang peralatan yang harus disiapkan sebelum live streaming pun masih sedikit. 

Pengertian Live Streaming

Live streaming adalah sebuah konten video yang disiarkan secara langsung melalui internet. Anda hanya perlu menyalakan kamera dan merekam tanpa perlu melakukan editing. Live streaming juga bersifat interaktif sehingga Anda dapat berinteraksi dengan audiens dan memberikan komentarnya.

Dan pada umumnya, hasil live streaming ini langsung tersimpan sehingga videonya bisa ditonton ulang setelah siaran. Dengan begitu, audiens atau followers Anda yang ketinggalan livenya dapat menonton video nya juga.

Sebaiknya Live Streaming Dengan Platform Apa Ya?

Anda dapat melakukan live streaming di berbagai platform seperti Instagram, facebook, youtube, tiktok, twitter, atau yang lainnya. Dari berbagai platform tersebut memiliki fitur yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa platform yang bisa Anda coba untuk melakukan live streaming.

1. Instagram Live Streaming

Instagram memiliki pengguna aktif lebih dari satu milyar yang memungkinkan Anda menjangkau berbagai demografi user. Platform ini sangat popular di kalangan pengguna yang berusia antara 18 hingga 34 tahun.

2. Facebook Live Streaming

Facebook memiliki pengguna aktif per bulannya lebih dari dua milyar sehingga tak heran banyak pebisnis menggunakannya. Acara live streaming di facebook bisa mendapatkan komentar sepuluh kali lebih banyak daripada video biasa dan waktu tayang tiga kali lebih lama.

3. Youtube Live Streaming

Youtube adalah platform berbagi video yang sudah ada dari tahun 2005 dan masih tetap eksis dan lebih berkembang hingga kini. Audiens aktifnya mencapai lebih dari dua milyar per bulannya sehingga banyak pebisnis menggunakan platform ini. 

Peralatan Untuk Live Streaming

Karena live streaming ini konten fresh dan tanpa editing, maka Anda harus menggunakan peralatan yang kualitasnya oke. Dengan peralatan yang bagus diharapkan hasil rekaman videonya lebih baik dan audionya pun suaranya jelas. Berikut ini peralatan live streaming yang harus Anda persiapkan.

1. Komputer (PC) Atau Laptop

Alat untuk live streaming yang pertama yang harus Anda persiapkan adalah komputer(PC) atau laptop. Dengan komputer ini Anda dapat mengatur setelan video dan audionya agar tampilannya  sesuai yang diharapkan.

Fungsi laptop atau PC juga Anda dapat melihat video di monitor dan sekaligus berinteraksi dengan audiens Anda. Pilihan populer umumnya menggunakan PC, tetapi dengan laptop Anda memiliki fleksibilitas karena dapat melakukan live streaming dimana saja.

Namun untuk komputer ini dibutuhkan RAM minimal 8GB dengan penyimpanan datanya menggunakan SSD. Selain spesifikasi komputer yang mumpuni, dibutuhkan juga koneksi internet yang memadai agar live streaming lancar tanpa hambatan.

2. Kamera Atau Webcam

Saat ini memang hampir semua laptop/PC dilengkapi dengan kamera yaitu webcam. Tapi kebanyakan webcam ini hasilnya kurang jernih dan tajam untuk live streaming sehingga Anda memerlukan kamera yang menghasilkan kualitas video minimal 720P.

Untuk memanjakan audiens agar betah nonton berlama-lama, sebaiknya Anda gunakan jenis kamera Digital Camcorder Webcam, kamera mirrorless, DSLR, 4K live stream with lens hood, dan yang lainnya. Pemakaian kamera ini juga lebih nyaman jika menggunakan alat bantu tripod.

3. Mikrofon

Alat untuk live streaming berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah mikrofon. Mikrofon yang dipakai dapat sinkron dengan laptop dan kamera dan setidaknya bisa menangkap audio 16bit/48kHz dan mengurangi background noise. 

Dengan mikrofon yang berkualitas, Anda dapat mengadakan acara live streaming seperti demo masak, workshop, demo produk, bahkan hingga konser online. Namun jika event yang diadakan tidak begitu formal, Anda tidak perlu memakai alat tambahan asalkan suaranya jelas terdengar.

4. Software Live Streaming

Software adalah salah satu alat untuk live streaming yang sangat penting. Software berfungsi untuk memproses gambar/video dan suara pada komputer, mengatur ukuran kamera, memasukkan file-file presentasi, mengatur backsound, memasukan meme agar lebih menarik, dan lain-lain. 

Banyak di luaran sana software gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan untuk live streaming. Kebanyakan gamer atau youtuber memakai software wirecast, OBS streamlabs, vmix, be live, dan lain-lain. 

5. Capture Card

Alat untuk live streaming berikutnya yang tak kalah penting adalah capture card yang berfungsi menangkap layer kamera sebagai pengganti webcam. Capture card adalah perangkat hardware untuk merubah output HDMI menjadi input komputer Anda. 

Anda dapat memilih capture card sesuai kebutuhan event live streaming. Ada beberapa jenis capture card yang terbaik dan banyak digunakan streamer, antara lain Elgato Camlink, Elgato 4k60 Pro, Elgato Game Capture 4k60 S+, EVGA XR1, Ez Capture, dan lain-lain.

6. Lighting Atau Pencahayaan

Lighting atau pencahayaan sebagai alat untuk live streaming mempunyai peran yang penting juga untuk menghasilkan video dengan kualitas yang bagus. Dengan adanya lampu pencahayaan, kamera dapat menangkap objek dengan jelas.

Untuk lighting ini setidaknya Anda menggunakan tiga macam yaitu main light, fill light, dan kontras light. Main light dengan settingan cahaya lebih terang dari subjek, fill light posisi di belakang kamera, dan background light agar tidak kontras dengan subjek.

7. Kabel HDMI

Kabel HDMI sangat berguna saat Anda live streaming dengan posisi kamera yang jauh seperti acara pernikahan, pengajian, dan lain-lain. Agar video yang dihasilkan kualitasnya bagus, dianjurkan Anda menggunakan kabel dengan kualitas terbaik.

8. Mixing

Alat untuk live streaming berikutnya adalah mixing yang sifatnya opsional. Namun jika Anda live streaming dengan banyak kamera atau teknik multi kamera, maka alat mixing menjadi hal yang penting dan harus ada. 

Peralatan mixing memungkinkan Anda untuk merekam video atau audio secara bersamaan dan dapat beralih di antara keduanya selama live streaming. Salah satu contoh alat mixing yang banyak dipakai adalah Blackmagic Design ATEM Television Studio Pro 4K Live Production Switcher.

9. Encoder

Encoder merupakan salah satu peralatan untuk live streaming yang berguna untuk kompres dokumen video agar filenya tersimpan sebagai file khusus video. Alat yang dapat Anda gunakan ada dua macam yaitu hardware dan software encoder.

10. Smartphone Atau Handphone

Smartphone atau handphone bisa Anda pakai sebagai alat untuk live streaming di berbagai platform sosial media seperti youtube, tiktok, Instagram, facebook, twitter, dan lain-lain. Untuk live streaming di hp, Anda harus install aplikasinya terlebih dahulu. 

Contohnya youtube, platform ini tidak hanya berbagi video saja, tetapi juga memiliki fitur lainnya seperti live streaming youtube atau Go Live. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membagikan siaran langsung untuk berbagai keperluan seperti webinar atau sebuah konten hiburan.

Saat ini banyak handphone yang sudah lengkap dengan fitur video dan audio dengan kualitas yang baik. Di Samping bisa live streaming dimana saja, hasil rekaman dengan handphone ini kualitasnya tidak kalah dengan menggunakan komputer.

Penutup

Itulah beberapa alat untuk live streaming yang harus Anda miliki dan mungkin menjadi sebuah investasi ke depannya. Pastikan peralatan tersebut sudah Anda miliki sebelum live streaming agar hasilnya bagus. Baca juga Manfaatkan Live Streaming untuk Tingkatkan Penjualan, Begini Caranya!