9 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Secara Signifikan

Mempercepat kinerja laptop tidak harus membawanya ke teknisi, kamu dapat melakukan cara mudahnya dengan langkah-langkah berikut.

9 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Secara Signifikan

Ingin mempercepat kinerja laptop? Lihat tips kami tentang membersihkan hard drive, menghapus file-file sementara, menginstal lebih banyak memori, dan membersihkan sistem untuk mendapatkan hasil maksimal dari laptop.

Ini sangat cocok untuk kamu yang merasa kinerja laptop mulai menurun padahal device tersebut masih terkesan baru. Cara-cara di bawah ini dapat kamu lakukan sendiri tanpa harus datang ke teknisi ahli.

Trik Mempercepat Kinerja Laptop

9 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Secara Signifikan

Jika memiliki program yang menggunakan banyak sumber daya, kamu perlu memutuskan apakah program tersebut sepadan dengan sumber daya yang mereka gunakan. Ini bisa berupa aplikasi tingkat tinggi yang digunakan, atau bisa juga item yang dimulai secara otomatis.

Beberapa program menggunakan sangat sedikit sumber daya saat tidak digunakan. Lainnya, terutama jika mereka mengakses internet untuk pembaruan atau mengerjakan tugas, dapat menggunakan banyak daya pemrosesan dan banyak membutuhkan RAM.

Untuk melihat program mana yang menggunakan sumber daya paling banyak, tekan tombol Ctrl, Alt, dan Delete secara bersamaan. Pilih Task Manager. Pada tab Proses, kamu dapat melihat item yang sedang dibuka dan berapa banyak CPU dan memori yang digunakan masing-masing.

Kamu kemudian dapat menutup program yang tidak digunakan untuk mengalokasikan kembali sumber daya ke program yang sedang dijalankan.

1. Bersihkan Penyimpanan Disk

Membersihkan penyimpanan disk akan menghapus file yang sudah tidak diperlukan lagi dan dapat dihapus dengan aman. Itu pun menghapus berbagai file sementara serta mengosongkan Recycle Bin. Untuk melakukan Disk Clean up, ikuti prosedur di bawah ini:

  • Klik pada menu Start atau tombol Windows
  • Pilih Komputer Saya atau Komputer
  • Klik kanan pada drive yang ingin kamu bersihkan. Ini biasanya drive C:.
  • Pada dialog yang muncul, akan ada representasi berapa banyak ruang kosong yang ada di disk. Jika ruang kosong kurang dari 20% dari total ukuran disk, klik tombol Pembersihan Disk.
  • Verifikasi disk yang ingin dibersihkan. Komputer akan menghitung berapa banyak ruang yang akan dibebaskan.
  • Centang semua kotak, lalu klik OK

Hard disk yang bersih akan memungkinkan komputer kamu menemukan file lebih cepat.

2. Hapus File Sementara

Setiap kali mengunjungi sebuah situs di internet, file sementara dapat terpasang. Setelah kamu meninggalkan situs, file-file ini tidak lagi diperlukan. Namun mereka terus menggunakan ruang di drive penyimpanan, jadi menghapusnya akan mempercepat kinerja laptop.

Ikuti petunjuk ini untuk menghapus file sementara:

  • Klik pada menu Start atau tombol Windows
  • Pilih Komputer atau Komputer Saya
  • Di bilah navigasi kiri, klik panah kecil untuk memperluas file di drive lokal, biasanya C:
  • Perluas folder Windows
  • Pilih folder Temp
  • Pilih file pertama dalam daftar, tahan tombol Shift, lalu pilih file terakhir dengan tanggal kemarin
  • Semua file sebelum hari ini akan disorot. Tekan tombol Hapus

Dengan ruang yang kosong, drive penyimpanan akan dapat menemukan file kamu lebih mudah. Cara ini pun bisa menjadi trik mempercepat kinerja Windows secara signifikan.

3. Copot Program yang Tidak Digunakan

Banyak komputer dilengkapi dengan program dan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Bahkan kamu mungkin tidak tahu mereka ada di dalam program laptop. Atau, kamu mengunduh aplikasi yang tidak digunakan lagi.

Menghapus program ini dapat mengosongkan ruang disk sehingga sistem laptop dapat menemukan file yang kamu inginkan lebih cepat. Ini benar-benar dapat mempercepat kinerja laptop secara signifikan. Untuk menghapus program, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik menu Start atau tombol Windows
  • Pilih Panel Kontrol
  • Klik Program
  • Di bawah Program serta Fitur, kamu dapat memilih Uninstall a program
  • Pilih program yang memang tidak kamu gunakan lalu klik tombol Uninstall

Komputer tidak akan menampilkan opsi copot pemasangan untuk program yang diperlukan untuk menjalankan sistem.

4. Nonaktifkan Program Start-Up

9 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Secara Signifikan

Komputer juga dapat dilengkapi dengan program yang diatur untuk memulai secara otomatis di latar belakang. Ini bisa berupa program yang kamu inginkan dan hanya digunakan sesekali. Untuk mencegah program dimulai secara otomatis, ikuti prosedur ini:

  • Klik kanan pada ruang kosong yang berada pada bilah tugas
  • Pilih Start Task Manager
  • Pilih tab Startup
  • Lihat daftar program untuk item yang tidak perlu dimulai secara otomatis. Klik kanan pada program apa pun yang ingin kamu cegah agar tidak dimulai secara otomatis.
  • Pilih Nonaktifkan

Bergantung pada berapa banyak program yang dicegah untuk memulai secara otomatis, kamu akan melihat waktu mulai yang lebih cepat. Setelah memulai, juga akan ada peningkatan kecepatan karena kamu telah membebaskan sumber daya yang tidak lagi menjalankan program ini di latar belakang.

5. Ganti HHD ke SSD agar Lebih Cepat

Jika laptop kamu menggunakan hard drive (HDD), pertimbangkan untuk mengubahnya menjadi solid state drive (SSD). SSD dapat mempercepat tugas sehari-hari hingga enam kali lipat.

SSD memakai jenis memori flash yang bertujuan untuk menghilangkan penggerak yang ada pada HDD, menjadikannya lebih cepat untuk menemukan data dan informasi.

Untuk laptop, SSD lebih hemat energi dan tahan lama. Sebagian besar perusahaan produksi laptop memakai SSD untuk laptop baru sebab dinilai lebih tahan lama, menggunakan lebih sedikit daya baterai daripada hard drive, dan lebih ringan.

6. Defrag Hard Drive

Cara Membuat Laptop Kamu Berjalan Lebih Cepat

Jika laptop kamu menggunakan hard drive, mungkin perlu di-defrag. Karena HDD mengakses informasi secara berurutan, memiliki informasi di banyak tempat (fragmen) meningkatkan lama waktu yang dibutuhkan drive untuk mengakses informasi.

Defragmenting (defragging) hard drive kamu memindahkan data yang ada di drive ke dalam logical information, membuatnya lebih cepat untuk diakses.

7. Tambahkan Drive Eksternal dan Tambahkan RAM

Jika belum siap untuk meningkatkan HDD internal, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli hard drive eksternal, atau SSD eksternal yang dihubungkan ke laptop dengan kabel USB. Ini juga dapat mempercepat kinerja laptop secara signifikan.

Laptop dengan RAM yang tidak mencukupi akan keberatan untuk melakukan tugas yang paling sederhana sekalipun. Ikuti langkah-langkah ini untuk melihat berapa banyak RAM yang saat ini terpasang di komputer, dan apakah komputer kamu akan mendapat manfaat dari penambahan lebih banyak RAM.

  • Klik Mulai atau tombol Windows
  • Pilih Komputer atau Komputer Saya
  • Klik kanan pada drive utama kamu, biasanya C:
  • Pilih Properti
  • Di bawah Sistem, lihat berapa banyak memori terpasang (RAM) yang ada

8. Bersihkan Laptop dari Debu

Cara Membuat Laptop Kamu Berjalan Lebih Cepat

Termasuk cara yang paling sering dilupakan dalam proses mempercepat laptop ialah membersihkannya. Ketika debu terkumpul di kipas, hal itu menghalangi aliran udara dan menyebabkan komputer menjadi terlalu panas, sistem secara otomatis mengurangi kinerja agar tetap lebih dingin.

Selain membersihkan keyboard dan casing, gunakan udara bertekanan atau kalengan untuk mengeluarkan debu dari ventilasi kipas. Gunakan semburan udara rendah untuk menghindari kerusakan pada kipas.

9. Periksa Browser Web dan Koneksi Internet Kamu

Jika kamu melihat bahwa komputer berjalan lambat, coba untuk memastikan bahwa kamu memiliki versi terbaru dari browser web. Meskipun lokasi informasi bervariasi pada setiap browser, akan ada pilihan “Tentang” untuk menunjukkan nomor versi.

Jika terdapat opsi untuk memasang versi baru dengan otomatis, aktifkan. Mempunyai terlalu banyak add-on serta ekstensi juga bisa memperlambat proses web. Hapus add-on dan juga ekstensi yang memang tidak dibutuhkan.

Penutup

Berbagai cara mempercepat kinerja laptop dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Cara-cara tersebut diharapkan mampu menjadi solusi untuk persoalan yang sedang ada pada laptop. Jika ini bermanfaat silakan share kepada teman dan keluarga.