8 Rekomendasi Aplikasi Navigasi Terbaik untuk yang Suka Jalan-Jalan

Aplikasi navigasi merupakan salah satu aplikasi yang banyak dibutuhkan oleh banyak orang saat ini. Lalu apa saja rekomendasi aplikasi navigasi terbaik yang bisa digunakan dan diandalkan?

Rekomendasi Aplikasi Navigasi Terbaik untuk yang Suka Traveling

Salah satu aplikasi yang banyak didownload oleh pengguna smartphone adalah aplikasi navigasi. Aplikasi navigasi terbaik memang akan sangat membantu, terutama bagi orang yang tidak terlalu hafal jalan di suatu daerah.

Aplikasi navigasi ini sendiri akan bekerja dengan menggunakan bantuan GPS. Nantinya, aplikasi ini akan memberitahu petunjuk ke suatu tempat dan juga memberikan petunjuk tentang rute yang paling cepat.

Apa Saja Aplikasi Navigasi Terbaik

Saat ini sendiri ada banyak aplikasi gps terbaik yang bisa Anda gunakan. Beberapa aplikasi bahkan bisa memberikan petunjuk dengan sangat detail dan rinci. Beberapa aplikasi lain bahkan memberikan opsi rute mana yang ingin Anda ambil.

Bahkan dengan perkembangan teknologi yang ada, kini petunjuk dari aplikasi gps navigasi terbaik ini tidak hanya memberikan petunjuk lewat visual. Kini banyak aplikasi navigasi terbaik yang juga bisa memberikan petunjuk lewat fitur audio.

Berikut adalah beberapa aplikasi navigasi terbaik untuk android maupun iPhone.

1. Google Maps

Jika berbicara aplikasi navigasi terbaik, maka tidak mungkin jika tidak menyebutkan aplikasi Google Maps. Aplikasi bawaan Google ini selain berguna untuk mencari tempat ataupun alamat, juga berguna untuk menunjukan rute ke tempat atau alamat tersebut.

Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah untuk digunakan. Anda hanya tinggal memasukan alamat tujuan lalu aplikasi akan langsung mencarikan rute terbaik yang bisa Anda lalui. Anda juga bisa memilih rute lain yang memungkinkan.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur pemilihan rute secara spesifik. Misalkan, jika Anda menghindari jalan tol atau jika Anda menghindari peraturan ganjil dan genap. Aplikasi ini juga bisa menunjukan tingkat kepadatan lalu lintas yang akan Anda lewati.

2. Polaris GPS Navigation

Aplikasi gps tracker gratis lainnya yang juga bisa Anda gunakan adalah Polaris GPS Navigation. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah didalamnya terdapat data dari aplikasi maps lain seperti Google Maps, MapQuest, ataupun OpenStreetMaps.

Dengan fitur tersebut maka membuat aplikasi ini seolah menjadi all in one aplikasi. Nantinya Anda bisa memilih layanan peta mana yang akan digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga gratis dan bisa Anda dapatkan di PlayStore.

Fitur lainnya yang juga ada pada aplikasi ini adalah Anda bisa menggunakan alamat ataupun titik koordinat untuk mencari suatu lokasi. Selain itu, Anda juga bisa mencari rute terbaik dan tercepat yang bisa Anda gunakan.

3. Geo Tracker

Aplikasi GPS koordinat terbaik untuk android ataupun iPhone lainnya adalah Geo Tracker. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah peta yang sangat lengkap dan detail, bahkan untuk jalan-jalan kecil.

Meskipun data peta nya sangat lengkap, namun tampilannya cukup sederhana. Hal ini tentu saja akan memudahkan bagi pengguna, bahkan jika Anda tidak terbiasa untuk melihat peta ataupun petunjuk jalan.

Fitur lainnya yang juga menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah sharing route. Dengan fitur ini nantinya Anda bisa membagikan rute yang Anda lakukan ke orang lain. Hal ini akan sangat berguna ketika  Anda melakukan perjalanan secara rombongan.

4. Offline Maps & Navigation

Aplikasi navigasi terbaik lainnya yang juga bisa menjadi pilihan Anda adalah Offline Maps & Navigation. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah Anda bisa menggunakannya dalam kondisi offline atau tidak tersambung ke internet.

Anda hanya membutuhkan koneksi internet ketika mengunduh ataupun melakukan update data. Selebihnya, Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu pusing masalah kualitas jaringan internet.

Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya fitur navigasi udara. Dengan menggunakan fitur ini maka bisa membantu Anda untuk mendapatkan rute terbaik dan tercepat menuju ke lokasi tujuan.

5. Karta GPS – Online Navigations

Jika berbicara masalah aplikasi navigasi terbaik lainnya yang juga bisa Anda gunakan secara offline, maka Karta GPS bisa menjadi Andalan berikutnya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Karta Software Technology ini bisa memberikan petunjuk walau tanpa koneksi internet.

Selain bisa digunakan secara offline, ada beberapa keunggulan lain dari aplikasi ini. Salah satunya adalah petunjuk jalan yang detail untuk pejalan kaki. Selain itu, aplikasi satu ini juga bisa memberikan bantuan ketika Anda sedang mencari tempat parkir.

Data dari aplikasi ini juga cukup lengkap, Anda bisa menggunakannya bahkan untuk mencari alamat di daerah terpencil di manapun. Aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan di Google Play Store ataupun App Store.

6.  City Maps2Go

Aplikasi navigasi terbaik lainnya yang juga bisa membantu Anda untuk menemukan alamat atau rute terbaik adalah City Maps 2Go. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan mengunduhnya di Play Store.

Selain gratis, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan ketika offline atau tanpa koneksi ke jaringan internet. Data dalam aplikasi ini juga sangat lengkap, Anda bisa mendapatkan rute terbaik ke tempat tujuan dengan mudah.

Selain itu, keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah sudah terintegrasi dengan sistem pemesanan hotel. Jadinya, jika Anda sedang berlibur, maka Anda tidak perlu kesusahan lagi ketika membutuhkan tempat untuk menginap.

7. GPS Essentials

Bagi Anda seorang traveler yang suka bepergian ke tempat baru, maka aplikasi GPS Essentials ini mungkin akan banyak membantu Anda. Ini merupakan salah satu aplikasi navigasi terbaik dengan fitur yang sangat lengkap.

Tidak hanya berfungsi untuk menunjukan arah dan rute, aplikasi ini juga dilengkapi dengan banyak fitur lainnya. Misalnya, akurasi jarak, estimasi kecepatan saat berkendara, bahkan aplikasi ini juga bisa memberi tahu informasi tentang posisi longitude dan latitude.

Ini merupakan aplikasi yang bisa diandalkan ketika membutuhkan data tentang lokasi secara detail. Bagi para traveler, tentu saja hal ini akan sangat membantu karena posisi mereka akan menjadi lebih detail.

8. Waze

Aplikasi navigasi terbaik yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang adalah Waze. In merupakan aplikasi yang tidak hanya berfungsi untuk penunjuk rute, tapi juga bisa memberikan informasi tentang detail lalu lintas.

Selain berbasis GPS untuk memberikan informasi kemacetan, aplikasi ini juga memberikan layanan sharing antar pengguna untuk saling menginformasikan kondisi lalu lintas pada saat tersebut. Sehingga data yang diberikan pun lebih update dan detail.

Nantinya, sesama pengguna bisa saling memberi tahu apakah jalanan lancar atau tidak. Jika terjadi kemacetan, apa penyebabnya. Pengguna lain pun akan bisa melihat semua data yang diberikan tersebut.

Selain, itu fitur menarik lainnya yang juga bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini adalah estimasi kecepatan. Ketika Anda berkendara, maka aplikasi ini bisa menunjukan berapa kecepatan Anda dan seberapa lama akan sampai ke tempat tujuan.

Jadi Mana Aplikasi Pilihan Anda?

Dari sekian banyak aplikasi navigasi terbaik, mungkin saja Anda sudah memiliki andalan tersendiri. Beberapa aplikasi ini cukup ramah terhadap baterai ketika digunakan, namun beberapa aplikasi dengan performa tinggi mungkin akan lebih boros.

Selain itu, hampir semua aplikasi navigasi terbaik ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda hanya tinggal mengunduhnya di Google Play Store ataupun App Store. Sebagian aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak perlu risau masalah kapasitas penyimpanan.  Baca juga Begini Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di HP Android dan iPhone