5 Perbedaan Teknologi Switch Hub yang Harus Anda Ketahui

Switch hub merupakan perangkat yang berbeda dan memiliki fungsi dan fitur yang berbeda. Untuk memasangnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Berikut Adalah 5 Perbedaan teknologi Switch Hub yang Harus Anda Ketahui

Beberapa orang mengatakan jika witch dan hub adalah hal yang sama. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda. Namun, yang sebenarnya adalah terdapat perbedaan yang mencolok antara teknologi switch hub ini.

Switch hub fungsinya pun hampir sama, yaitu menghubungkan port yang terdapat pada komputer dengan menghubungkan satu perangkat saja. Meski keduanya memiliki fungsi yang sama, namun terdapat perbedaan antara switch dan hub yang begitu terlihat dari cara kerjanya.

Apa Itu Teknologi Switch Hub?

Sebelum membahas perihal perbedaan antara switch hub alangkah baiknya jika membahas apa itu switch dan hub. Hal ini untuk menjawab praduga orang awam yang mengira jika kedua perangkat tersebut adalah hal yang sama.

Lalu apa sebenarnya hub itu? Hub merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan untuk melakukan transfer berbagai data dengan mengandalkan port hub yang telah tersedia. Dan biasanya hub ini berfungsi untuk menghubungkan segmen LAN.

Hub sendiri pada umumnya terdapat beberapa port, seperti 4 port, 5 port, dan yang lainnya. Apabila Anda menghubungkan satu paket dalam satu port pada Hub, maka port lain yang ada di Hub akan tercopy dengan otomatis.

Dan untuk penggunaan Hub terbagi atas dua tipe, yaitu Hub aktif dan Hub pasif yang tentunya memiliki perbedaan. Hub aktif berfungsi sebagai repeater. Sehingga dapat mengirimkan transmisi yang telah diperkuat.

Sedangkan untuk Hub pasif berfungsi untuk memisahkan dan membagi sinyal yang masuk untuk dilakukan transmisi pada jaringan yang lain. Perangkat tersebut berfungsi untuk menghubungkan segmen LAN. Dalam sebuah hub memiliki berbagai macam port, kemudian disalin ke berbagai port.

Jenis-jenis Teknologi Switch dan Hub

Switch hub selain memiliki fungsi dan yang berbeda, perbedaan lainnya juga terdapat pada jenis-jenisnya. Berikut adalah jenis dari masing-masing perangkat.

1. Jenis hub

Hub sendiri memiliki dua jenis yang membedakan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis-jenis hub :

  • Passive hub

Hub jenis ini mengumpulkan catu daya yang berasal dari active hub dan dari kabel node. Passive hub ini menyampaikan sinyal ke jaringan tanpa membersihkan dan meningkatkannya. Namun, hal itu tidak dapat digunakan untuk memperpanjang jarak antar node.

  • Active hub

Active hub merupakan jenis hub yang memiliki catu daya tersendiri. Jenis hub yang ini bisa membersihkan, menyampaikan sinyal bersama jaringan dan juga dapat meningkatkan. Active hub bekerja sebagai repeater dan juga pusat kabel. Mereka juga digunakan sebagai ekstensi untuk dua node atau lebih.

2. Jenis teknologi switch hub

Tidak hanya hub saja yang memiliki beragam jenis, namun switch pun memiliki berbagai jenis. Berikut adalah macam-macam switch hub beserta fungsinya.

  • Unmanageable switch

Jenis switch ini berfungsi untuk konfigurasi yang tidak dapat digunakan. Sehingga tidak memungkinkan untuk menetapkan alamat IP sebab tidak adanya port console.

  • Manageable switch

Manageable switch merupakan jenis switch yang dapat dikelola dan memiliki port console dan juga alamat IP. Dengan begitu dapat ditetapkan dan juga dapat dikonfigurasikan.

Fitur-fitur pada Switch Hub

Teknologi switch hub mahal disebabkan oleh beberapa fitur yang memiliki sesuai dengan jenisnya. Beberapa fitur dari switch hub antara lain.

1. Fitur Switch

Switch sendiri memiliki 7 fitur yang dapat bermanfaat sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat pada switch.

  • Dapat bekerja dengan bandwidth tetap
  • Switch merupakan perangkat lapisan Data Link atau lapisan dua
  • Switch dapat menjaga tabel alamat MAC
  • Switch dapat mendukung mode transmisi half dan full duplex
  • Sebagian besar switch dilengkapi dengan 24-48 port
  • Dapat bekerja sebagai jembatan multi-port
  • Memungkinkan untuk membuat LAN dengan cara virtual

2. Fitur Hub

Setelah mengetahui fitur-fitur yang terdapat pada switch, berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh hub.

  • Hanya memiliki 1 domain siaran dan 1 domain yang tabrakan
  • Dapat bekerja pada lapisan fisik model OSI
  • Dapat bekerja dengan penyiaran dan juga bandwidth secara bersamaan
  • Dapat memberikan dukungan untuk mode transmisi setengah dupleks
  • Hub tidak mendukung adanya protokol spanning tree
  • Hub yang tabrakan paket sebagian besar terjadi di dalam hub
  • LAN secara virtuall tidak dapat dibuat dengan menggunakan hub
  • Satu buah hub hanya memiliki satu domain broadcast

Cara Instalasi Switch Hub

Untuk melakukan instalasi teknologi switch hub Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. Komputer disini yang digunakan adalh komputer dengan windows 7.

  • Langkah pertama dalam memasang switch hub adalah klik start > control panel > Network and sharing center > change adapter setting
  • Langkah yang selanjutnya adalah dengan menekan klik local area connection
  • Kemudian klik kanan dan pilih properties. Jangan lupa untuk memasukkan beberapa yang diminta.

Salah satu jenis teknologi switch hub yang paling banyak dicari adalah switch hub 5 port yang memiliki harga kisaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Selain itu juga terdapat switch hub cisco Anda bisa mendapatkan switch hub port ini di toko-toko offline atau di toko online yang Anda percaya. Baca juga Cara Membuat dan Mengganti Nada Dering WA dengan Mudah