Gadget, iOS  

5 Cara Menyinkronkan iPhone ke iPad yang Harus Diketahui Setiap Pengguna iOS

Cara menyinkronkan iPhone ke iPad dapat dilakukan dengan 5 metode mudah, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

5 Cara Menyinkronkan iPhone ke iPad yang Harus Diketahui Setiap Pengguna iOS

Jika kamu adalah pengguna iOS maka penting bagi kamu untuk mengetahui cara menyinkronkan iPhone ke iPad. Ini akan membantu ketika kamu ingin mentransfer data ke perangkat iOS lain. Alasan transfer bisa apa saja, mulai dari mengamankan data hingga menghemat penggunaan memori iPhone.

Dengan panduan ini, kamu akan mempelajari metode yang akan menjawab bagaimana cara menyinkronkan iPhone dan iPad. Simak informasi selengkapnya dalam pembahasan di bawah ini hingga selesai!

Bagian 1. Bagaimana Sinkronisasi iPhone dan iPad menggunakan iCloud?

5 Cara Menyinkronkan iPhone ke iPad yang Harus Diketahui Setiap Pengguna iOS

Sebagian besar dari kamu mengetahui iCloud, bukan? Nah, itu adalah layanan cloud yang dikembangkan oleh Apple untuk pengguna iOS-nya. Tujuannya adalah untuk memberi pengguna iOS akses ke foto, video, dan pesan mereka dengan menyimpan cadangan semua data.

iCloud sebagai platform membuat sinkronisasi data antara iPhone dan iPad menjadi sangat mudah karena dioptimalkan untuk menyinkronkan dan mencadangkan data di beberapa perangkat iOS.

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara menyinkronkan iPhone ke iPad menggunakan iCloud, ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini.

  • Pertama-tama, atur iCloud di iPhone kamu. Untuk itu buka Pengaturan> iCloud.
  • Masukkan ID Apple dan kata sandi untuk masuk ke akun kamu.
  • Pilih semua data yang ingin ditransfer ke iPad dengan membuka tab di sebelah setiap jenis data dan alihkan ke ‘Aktif’.
  • Ulangi proses yang sama di iPad kamu.
  • Pastikan Wi-Fi dihidupkan sebelum menyinkronkan iPad dan iPhone.

Dengan cara ini kamu dapat menyinkronkan iPhone dan iPad menggunakan layanan iCloud dalam mode cepat.

Bagian 2. Sinkronkan iPhone ke iPad Tanpa Penyimpanan iCloud

5 Cara Menyinkronkan iPhone ke iPad yang Harus Diketahui Setiap Pengguna iOS

Tidak diragukan lagi, iCloud adalah cara termudah untuk menyinkronkan iPhone dan iPad kamu. Tetapi ruang penyimpanan 5GB gratis mungkin tidak cukup.

Kami menyarankan untuk menyinkronkan perangkat iOS kamu seperti iPhone dan iPad dengan opsi paling mudah, yaitu menggunakan MobileTrans. Dengan cara ini kamu akan merasa bahwa menyinkronkan iPhone ke iPad tanpa iTunes atau iCloud tidak pernah semudah dan seaman ini.

Sinkronkan iPhone ke iPad Dengan 1 Klik! Silakan download MobileTrans dengan klik link di sini!

  • Sinkronkan Kontak iPhone, Pesan, Kalender, Foto, Video, Mp3, dan lainnya ke iPad.
  • Memindahkan data antar perangkat dengan sistem operasi yang berbeda, yaitu iOS ke Android.
  • Mendukung perangkat iOS yang menjalankan ikon baru iOS 15 terbaru.
  • Mendukung lebih dari 6000+ perangkat Android. Tool ini dapat bekerja pada semua model iPad, iPhone, dan iPod.

Jadi, mari kita lanjutkan dan membahas cara menyinkronkan iPhone ke iPad menggunakan MobileTrans:

  • Langkah 1: Langkah pertama di sini adalah meluncurkan MobileTrans dan memilih modul ‘Transfer Telepon’. Hubungkan iPad dan iPhone ke komputer kamu.
  • Langkah 2: Layar akan memberi kamu informasi tentang ‘Sumber’ pertukaran data (yaitu dari perangkat mana informasi diambil) dan ‘Tujuan (yaitu perangkat target pertukaran data).
  • Misalnya, jika iPad adalah ‘Sumber’ dan iPhone adalah ‘Tujuan’, MobileTrans akan mentransfer data dari iPad ke iPhone. Gunakan tombol flip untuk mengubah posisi.
  • Langkah 3: Pilih jenis file yang ingin kamu transfer, lalu klik ‘Mulai’ untuk memulai proses. Kamu dapat memilih ‘Hapus data sebelum menyalin’ untuk menghapus perangkat sumber.
  • Langkah 4: Sekarang kamu akan mendapatkan pemberitahuan di layar setelah semua file berhasil ditransfer.

Itu dia, metode yang mudah dan efektif untuk menyinkronkan iPhone kamu ke iPad.

Bagian 3: Bagaimana Menyinkronkan iPhone ke iPad dengan iTunes tanpa Komputer?

5 Cara Menyinkronkan iPhone ke iPad yang Harus Diketahui Setiap Pengguna iOS

Jika kamu lelah berurusan dengan kabel USB dan menunggu perangkat disinkronkan dengan iTunes, pertimbangkanlah untuk menggunakan iTunes Wi-Fi. Opsi Wi-Fi memungkinkan kamu untuk mentransfer data antara iPad dan iPhone menggunakan iTunes tanpa komputer.

Oleh karena itu, untuk menyinkronkan iPhone ke iPad secara nirkabel, gunakan iTunes Wi-Fi yang sempurna.

Namun, sebelum kamu melanjutkan, pastikan iTunes Wi-Fi diaktifkan. Ini adalah proses yang terpisah dari transfer konten tetapi sangat penting.

  • Untuk memulainya seperti yang kamu ketahui, luncurkan iTunes, dan colokkan perangkat. Ketika ikon perangkat muncul, klik di atasnya.
  • Buka menu ‘Opsi’. Klik pada kotak centang di sebelah ‘Sinkronkan dengan ini (iPhone atau iPad) melalui Wi-Fi.’ Klik Terapkan dan lepaskan perangkat kamu dari komputer.
  • Sekarang iTunes Wi-Fi diaktifkan, kamu dapat mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa menggunakan komputer.
  • Ambil iPhone/iPad kamu.
  • Pilih Umum > Sinkronisasi Wi-Fi iTunes > Sinkronkan Sekarang
  • Sekarang kamu dapat dengan mudah menyinkronkan data antara iPhone dan iPad melalui iTunes tanpa memerlukan komputer.

Bagian 4. Bagaimana Cara Menyinkronkan Iphone ke Ipad Dengan Itunes di Komputer?

5 Cara Menyinkronkan iPhone ke iPad yang Harus Diketahui Setiap Pengguna iOS

iTunes adalah platform populer lainnya untuk menambahkan dan menyinkronkan data ke perangkat iOS. iTunes telah berkembang secara signifikan sejak pengembangan awal.

Ketika iTunes pertama kali dikembangkan, itu adalah sarana untuk mengunduh dan mentransfer konten ke pemutar MP3. Sekarang telah berkembang menjadi pemutar media, platform manajemen perangkat seluler, dan bahkan penyiar radio.

Peran iTunes sebagai manajemen perangkat seluler membuatnya ideal untuk mentransfer/menyinkronkan data dari iPhone ke iPad. iTunes telah secara signifikan memperluas fungsinya yang memberi kamu pilihan untuk menyelaraskan iPhone ke iPad tanpa komputer.

  • iTunes menggunakan teknologi yang terbaru untuk memungkinkan kamu mentransfer data dengan atau tanpa komputer. Karenanya, jika kamu ingin tahu cara menyinkronkan iPhone dan iPad di iTunes saat menggunakan komputer, ikuti langkah-langkah di bawah ini.Untuk memulainya, kamu perlu mentransfer konten ke iTunes. Jadi, buka iTunes dan hubungkan perangkat kamu (iPad) melalui kabel USB.
  • Setelah perangkat ditemukan di iTunes, itu akan muncul dalam bentuk ikon. Klik pada ikon dan pergi ke ‘Ringkasan’.
  • Menu ‘Pengaturan’ akan berisi daftar semua konten yang dapat ditransfer dari satu perangkat iOS ke perangkat iOS lainnya. Klik pada jenis konten yang ingin kamu sinkronkan dengan iTunes.
  • Setelah konten ditransfer/disinkronkan ke iTunes, kamu sekarang dapat mentransfer data ke iPhone. Pastikan perangkat sudah terhubung ke komputer melalui kabel USB.
  • Kamu harus menyinkronkan iPhone dengan iTunes untuk menyelesaikan transfer dari iPad ke iPhone. Ulangi Langkah 2-4 untuk menyelaraskan iPhone dan iTunes.

Bagian 5. Bagaimana Cara Menyinkronkan Iphone dan Ipad Melalui Bluetooth?

5 Cara Menyinkronkan iPhone ke iPad yang Harus Diketahui Setiap Pengguna iOS

Bluetooth adalah opsi lain untuk menyinkronkan iPhone dan iPad yang tersedia. Menyinkronkan perangkat melalui Bluetooth dikenal sebagai Bluetooth tethering atau internet tethering karena menyediakan koneksi internet yang stabil untuk kedua perangkat.

Untuk menyinkronkan iPad dan iPhone melalui Bluetooth, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Di iPhone, buka menu Pengaturan. Ketuk Umum > Jaringan
  • Di Jaringan, buka tab Seluler > Hotspot Pribadi
  • Kembali ke layar Umum dan klik ‘Bluetooth’.
  • Di iPad, buka Pengaturan dan nyalakan Bluetooth.
  • Berikan iPad beberapa menit untuk memindai iPhone. Pastikan nomor enam digit pada kedua perangkat sama.
  • Terakhir, lanjutkan untuk memasangkan perangkat dan menyinkronkan data.

Kesimpulan

Jika ingin menyinkronkan iPhone dan iPad, sekarang kamu tidak hanya memiliki satu tetapi lima metode berbeda untuk menyinkronkan keduanya. Mengetahui semua lima opsi akan mengurangi ketidaknyamanan kamu secara signifikan.

Misalnya, jika kamu tidak tertarik menggunakan kabel USB untuk menyinkronkan perangkat, gunakan opsi nirkabel dalam bentuk Bluetooth dan iCloud. Jika satu metode gagal, kamu selalu dapat mencoba metode yang lain.