5+ Aplikasi Work From Home yang Wajib Diinstal

Terdapat beberapa aplikasi work from home yang wajib untuk kamu install. Apa sajakah aplikasi tersebut? Simak selengkapnya!

5+ Aplikasi Work From Home yang Wajib Diinstal

2022 menandai dua tahun sejak dimulainya pandemi virus corona, yang menjadi sebab munculnya budaya work from home di seluruh dunia. Bekerja dari rumah bukan lagi fenomena yang aneh, dan 52% karyawan di seluruh dunia telah bekerja dari jarak jauh setidaknya sekali seminggu.

Mereka yang bekerja dari rumah harus menggunakan aplikasi dan peralatan yang berbeda untuk memfasilitasi komunikasi, manajemen, penetapan harga, pelacakan, penganggaran dll. Namun kamu harus memilih aplikasi, alat, dan sumber daya yang tepat.

Aplikasi Work From Home Terbaik Untuk Perusahaan dan Tim

5+ Aplikasi Work From Home yang Wajib Diinstal

Sangat penting untuk memastikan bahwa aplikasi work form home yang digunakan tim kamu dapat diandalkan dan memberi keuntungan. Semakin banyak orang yang kamu miliki di tim, maka akan semakin sulit mengaturnya. Berikut adalah aplikasi yang bisa memudahkan kamu dalam bekerja:

1. Zoom – Aplikasi Meeting Online

Beberapa tidak terkejut lagi jika Zoom masuk pada daftar aplikasi WFH paling direkomendasikan. Ketika pekerja berbondong-bondong beralih dari kantor ke rumah, Zoom menjadi aplikasi konferensi terbaik.

Keberhasilannya tidak diragukan lagi karena terdapat versi gratis yang dikemas dengan sangat baik, yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video. Kamu dapat melakukan meeting hingga 100 peserta yang bergabung ke rapat dengan waktu 40 menit.

Untuk rapat yang lebih lama, kamu akan memerlukan paket Pro, yang juga dilengkapi dengan perekaman cloud 1GB. Ini berarti panggilan video dapat direkam dan diunggah ke penyimpanan cloud Zoom.

Langganan tingkat Bisnis mencakup fitur branding dan transkripsi tambahan dan mengizinkan hingga 300 peserta.

Kelebihan

  • Hingga 100 peserta dalam versi gratis
  • Fitur bisnis yang berguna
  • Antarmuka yang intuitif dan akrab

Kekurangan

  • Batas grup 40 menit pada versi gratis

2. Trello – Aplikasi untuk Mengatur dan Berkolaborasi

Menjaga tim tetap di jalur dan terorganisir bisa dibilang merupakan aspek tempat kerja yang paling sulit untuk ditiru jika jauh dari kantor. Akan tetapi dengan sebuah aplikasi bernama Trello, manajer proyek tidak perlu terlalu pusing memikirkan tim.

Aplikasi bergaya papan Kanban yang menarik ini memungkinkan tim membuat papan untuk setiap proyek, dengan template papan yang difilter menurut kategori (termasuk bisnis, desain, pendidikan, dan teknik).

Papan ini terdiri dari daftar yang bisa dibuat oleh manajer. Daftar dapat ditambahkan, diedit, dan dibagikan atau diteruskan. Aplikasi ini juga memungkinkan semua anggota tim melacak kemajuan dengan mudah.

Fitur berguna lainnya termasuk daftar periksa, tanggal jatuh tempo, label, dan lampiran. Trello’s Butler juga merupakan fitur berguna yang memberi pengguna kemampuan untuk mengimplementasikan otomatisasi.

Kelebihan

  • Antarmuka yang menarik
  • Bekerja di seluruh perangkat
  • Mudah digunakan

Kekurangan

  • Tidak ada fungsi pelacakan waktu

3. Freedom – Supaya Bekerja Tetap Fokus

Banyak pekerja jarak jauh memiliki kecenderungan untuk menggunakan YouTube, Twitter, atau Facebook saat bekerja. Ini akan membuat pekerja tidak fokus dan menjadikan tim melalaikan tugas-tugasnya.

Sangat wajar bagi pekerja yang fokusnya dapat berkurang ketika dibiarkan bekerja di rumah. Untuk itulah Freedom hadir mendorong penggunanya untuk memblok situs web yang cenderung mencuri konsentrasi kamu.

Aplikasi ini dapat disinkronkan untuk bekerja di beberapa perangkat, sangat membantu bagi siapa saja yang tergoda untuk mengalihkan pandangan dari layar ke ponsel cerdas mereka.

Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia, Freedom bekerja di Mac, Windows, Android, iOS, dan sebagai add-on browser untuk Chrome.

Kelebihan

  • Sinkronkan di semua perangkat
  • Uji coba gratis
  • Tetapkan batas waktu

Kekurangan

  • Biaya bulanan mahal dibandingkan tahunan

4. Basecamp – Terbaik untuk Berorganisasi dan Berkolaborasi

Jika kamu kesulitan mengatur proyek dan ingin mempermudah tim serta klien untuk berkolaborasi dengan kamu, maka Basecamp adalah yang dibutuhkan. Ini adalah alat yang membantu kamu mengelola proyek, tugas, tim, sementara klien juga bisa berkolaborasi secara langsung.

Tidak mudah untuk terus berhubungan dengan tim dan klien saat bekerja dari rumah. Basecamp memungkinkan kamu untuk memasukkan tidak hanya anggota tim tetapi juga klien dalam suatu proyek sehingga kamu dapat menyelesaikannya dengan lebih efisien.

User dapat meneruskan email langsung ke aplikasi Basecamp, mengirim pesan ke klien, dan berbagi daftar tugas dengan mereka. Namun, kamu dapat menandai beberapa hal yang hanya dapat dilihat oleh anggota tim.

Kamu juga dapat berkomunikasi melalui papan pesan, menyimpan dokumen dan file, membuat daftar tugas, membuat obrolan grup, dan melacak tenggat waktu dalam kalender di Basecamp. Pada dasarnya, ini memungkinkan kamu untuk merampingkan kolaborasi dalam sebuah proyek.

Salah satu bagian terbaik dari Basecamp adalah fitur check-in. Ini memungkinkan kamu untuk mengajukan pertanyaan kepada tim, seperti, “apa yang kamu capai hari ini?” dan kamu dapat melihat balasan yang mudah ditemukan.

User dapat menggunakan Basecamp di Firefox, Chrome, Android, iOS, Windows, macOS, dan Web.

5. Private Internet Access (PIA) – Aplikasi Terbaik Untuk Tetap Aman

Jika ingin tim kamu menjelajah web dengan aman, maka Private Internet Access (atau disingkat PIA) adalah pilihan terbaik. Ini adalah layanan VPN yang bersifat open source.

Bagaimana itu bisa membantu kamu? Nah, selain menggunakannya saat menggunakan Wi-Fi publik, aplikasi ini bahkan dapat melindungi kamu di rumah selama beberapa keadaan berikut:

  • Jika kamu perlu meminjam Wi-Fi tetangga dalam keadaan darurat
  • Jika mengunjungi situs web yang tidak dienkripsi
  • Jika membutuhkan keamanan tambahan saat mengakses perangkat lain dari jarak jauh
  • Jika ingin menggunakan situs web yang tidak dapat diakses di negara kamu

Bagian terbaiknya adalah ini dapat berjalan di sepuluh perangkat secara bersamaan dan memblokir malware, iklan, dan pelacak, menjadikannya sempurna untuk tim kecil yang bekerja dari jarak jauh.

6. Doodle – Penjadwalan dan Koordinasi yang Mudah

Doodle adalah aplikasi kalender online yang dimaksudkan untuk membantu kamu melacak tenggat waktu, serta mengatur tugas, rapat, dan aktivitas lainnya. Ide utama di balik Doodle adalah membuat penjadwalan semudah mungkin.

Doodle adalah aplikasi yang bisa diandalkan untuk pekerja jarak jauh. Doodle dapat membantu kamu tetap melakukan penjadwalan dan mengatur pertemuan dengan mudah.

Jika kamu tidak ingin terlalu memaksakan penjadwalan tetapi tetap ingin tepat waktu untuk semua rapat, Doodle adalah cara yang tepat.

Hanya dengan beberapa klik, Doodle memungkinkan kamu memulai polling grup untuk:

  • Menentukan tanggal semua orang untuk rapat
  • Undang peserta
  • Izinkan mereka untuk memilih waktu dan aktivitas pertemuan yang mereka sukai.

Penutup

Berbagai aplikasi work from home di atas bisa membantu kamu ketika melakukan pekerjaan di rumah. Aplikasi tersebut ada yang berbayar dan juga ada yang memiliki versi gratis. Memang untuk mendapatkan fitur premiumnya, kamu perlu mengeluarkan sedikit uang.

Namun dengan fitur dan kelebihannya, ini bisa menjadikan perkejaan kamu lebih efisien. Pekerjaan dan tim akan lebih mudah dikontrol sehingga kamu dapat mencapai target sesuai dengan yang diharapkan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan silakan share.