10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error dan Tidak Berfungsi

Keyboard laptop Anda error, dan tidak berfungsi dengan baik? Simak 10 cara memperbaiki keyboard di bawah ini.

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error Dan Tidak Berfungsi

Di artikel kali ini, saya akan memberikan tips atau cara memperbaiki keyboard laptop yang error atau tidak berfungsi dikarenakan keyboard rusak yang disebabkan aplikasi tidak berfungsi dengan baik, atau kesalahan aplikasi keyboard itu sendiri.

Saat keyboard laptop error dan tidak berfungsi, tentunya itu akan membuat segala aktivitas Anda yang menggunakan laptop menjadi terganggu dan akan membuat produktivitas Anda terhenti.

10 Cara Memperbaiki Keyboard HP Error dan Tidak Berfungsi

Anda harus mencoba beberapa cara memperbaiki keyboard secara darurat sambil menentukan penyebab kerusakan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah sebelum memutuskan untuk membawanya ke service center.

1. Restart Laptop Anda

Restart laptop Anda adalah cara memperbaiki keyboard pertama yang perlu Anda ambil sebelum melakukan tindakan lain. Mem-boot ulang laptop Anda akan segera memperbaiki ratusan masalah sistem operasi.

Anda dapat menekan dan menahan tombol daya selama beberapa detik hingga laptop mati. Jika memulai ulang tidak menyelesaikan masalah, coba tips yang kedua seperti yang dijelaskan selanjutnya.

2. Periksa NumLock

Salah satu penyebab error pada keyboard yang paling paling umum adalah NumLock diaktifkan karena Anda menekan kombinasi tombol tertentu. Saat Num Lock aktif, karakter yang ditampilkan biasanya akan berbeda dengan tombol yang ditekan.

Cara memperbaiki keyboard dengan mematikan Num Lock yakni, tekan tombol “Fn” dan “Num Lk” pada keyboard Anda secara bersamaan. Untuk beberapa jenis laptop, Anda juga dapat menekan “Caps Lock” dan “Num Lk” untuk mematikannya.

Tidak ada salahnya jika Anda juga menghubungi dukungan pelanggan produsen laptop Anda untuk informasi tentang cara mematikan Num Lock jika kombinasi dari dua cara di atas tidak berhasil.

3. Masalah Driver

Keyboard tidak berfungsi mungkin karena masalah driver. Ini terjadi ketika Anda menginstal perangkat lunak pihak ketiga atau terinfeksi virus. Cara memperbaiki keyboard adalah dengan membuka Pengelola Perangkat lalu periksa keyboard Anda.

Jika Anda melihat simbol segitiga kuning, berarti ada masalah dengan driver keyboard Anda. Cobalah unduh driver terbaru dari situs web produsen laptop. Anda dapat melakukan ini bahkan jika keyboard Anda tidak terdeteksi oleh laptop Anda.

4. Lakukan Pemulihan Sistem

Jika menurut Anda keyboard Anda tidak berfungsi dengan baik setelah menginstal program, cara memperbaiki keyboard selanjutnya adalah dengan mencoba Pemulihan Sistem.

Trik Untuk Windows 8 dan Windows 7, buka menu Start dan cari Recovery. Untuk Windows XP, Start-> All Programs-> Accessories-> System Tools pilih System Restore. Pemulihan sistem ini akan mengembalikan laptop Anda ke keadaan semula.

Berbagai program yang terinstal setelah menginstal program yang bermasalah secara otomatis akan hilang. Oleh karena itu, sebelum melakukan hal tersebut, lakukan backup terlebih dahulu berbagai data penting.

5. Membersihkan Debu Dan Kotoran Pada Keyboard Laptop

Debu dan kotoran adalah salah satu penyebab paling umum pada keyboard laptop error. Debu dan kotoran biasanya berada di antara tombol pada keyboard dan menutupi komponen internal. Semakin tua laptop, semakin kotor biasanya.

Cara memperbaiki keyboard termudah adalah membersihkannya adalah dengan memiringkan atau menggoyangkan laptop Anda dan memutarnya 45-75 derajat. Anda juga dapat menggunakan penyedot debu kecil, untuk menghilangkan debu.

Jika keyboard laptop Anda tidak berfungsi karena air, Anda perlu membersihkan bagian dalamnya. Lepaskan tombol dan kemudian bersihkan papan sirkuit dengan kain lembut atau kapas yang sedikit dibasahi dengan alkohol.

Mengedit tombol keyboard sangat sulit dan membutuhkan keterampilan tertentu. Jika Anda belum mempelajarinya, sebaiknya jangan, karena dapat merusak keyboard laptop Anda.

6. Lepaskan Baterai Laptop

Jika tombol pada keyboard laptop tidak berfungsi, coba soft reset. Dengan cara memperbaiki keyboard ini, keyboard yang tidak berfungsi biasanya akan kembali normal. Berikut cara melakukannya:

  • Pertama-tama, matikan laptop Anda.
  • Setelah itu, lepaskan kabel baterai dan adaptor dan biarkan selama 1 menit.
  • Langkah selanjutnya, tekan dan tahan tombol daya selama 60 detik.
  • Kemudian, ganti baterai.
  • Terakhir, mulai ulang laptop Anda.
  • Konektor Kemungkinan Terlepas

Masalah pada keyboard yang tidak terdeteksi biasanya dapat diselesaikan dengan menginstal driver. Namun, jika keyboard tidak terdeteksi, Anda mungkin mengalami masalah dengan konektor, seperti rusak, tertekuk, kendur, atau bahkan terlepas.

Langkah memperbaiki keyboard laptop selanjutnya yakni, buka keyboard dan menyambungkan kembali konektor. Buka video tutorial YouTube tentang cara membuka kunci laptop Anda.

7. Ubah Keyboard Ke Mode Default

Jika konektor keyboard laptop Anda masih terhubung dan keyboard Anda masih bermasalah, cara memperbaiki keyboard selanjutnya adalah dengan mengganti keyboard default di laptop Anda.

Metode ini juga merupakan solusi terbaik untuk masalah beberapa tombol keyboard tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengganti keyboard default, Anda dapat mencatat jenis laptop dan mencari keyboard di toko online Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan laptop ASUS X411MA dan beberapa tombol keyboard di laptop Anda rusak, Anda dapat mencari di toko online dengan kata kunci “keyboard ASUS X411MA”.

Kemudian tinggal beli dan jika ada, buka laptop Anda dan instal sendiri. Jika Anda tidak ingin mengambil risiko, Anda dapat mencari layanan penggantian keyboard laptop di lokasi layanan tertentu.

8. Gunakan Keyboard USB Atau Nirkabel

Jika Anda sudah mencoba semua tips memperbaiki keyboard laptop yang error di atas dan masih tidak berhasil, Anda perlu membawanya ke service center. Jika masih dalam masa garansi, Anda biasanya tidak akan dikenakan biaya perbaikan.

Namun, ketika masa garansi berakhir, Anda harus membayar biaya servis atau biaya penggantian untuk unit keyboard baru. Nah, jika kamu merasa service laptop terlalu mahal, kamu bisa menggunakan USB keyboard untuk sementara waktu.

Keyboard USB eksternal dapat digunakan secara langsung dengan menghubungkannya ke port USB. Harganya juga sangat murah, sekitar 50.000 rupiah dan Anda sudah bisa kembali beraktifitas dengan laptop Anda.

Anda juga dapat menggunakan keyboard nirkabel. Keyboard nirkabel ini bekerja menggunakan jaringan Bluetooth, sehingga lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat.

10. Gunakan Keyboard di Layar

Jika Anda tidak punya waktu untuk membeli keyboard USB, tetapi Anda benar-benar membutuhkan keyboard untuk input, coba gunakan keyboard di layar. Buka Start> Programs> Accessories> Accessibility dan pilih Onscreen Keyboard.

Keyboard di layar berfungsi seperti keyboard biasa. Namun, Anda perlu mengoperasikannya dengan mouse atau touchpad. Memang merepotkan, tetapi sangat berguna jika Anda membutuhkannya dalam keadaan darurat.

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki error di laptop Anda. Modifikasi keyboard laptop di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak cara yang bisa Anda coba tergantung merek laptop Anda.

Penutup

Keyboard laptop Anda error, dan tidak berfungsi dengan baik? Di atas Anda telah membaca cara memperbaiki keyboard. Semoga hal tersebut bermanfaat dan silakan share kepada teman atau keluarga! Baca juga Cara Memperbaiki HP Masuk Air Untuk Android dan Iphone